May 20, 2022

Inilah 5 Cara Memilih Produk Yang Tepat Untuk Dijual

Baru buka toko, tapi masih bingung cara memilih produk untuk dijual? Memilih produk untuk dijual tentu harus dipertimbangkan dengan matang. Meski jualan online jadi cara cepat dan praktis untuk mendapatkan penghasilan tambahan yang menjanjikan, kamu tetap perlu strategi dan perencanaan yang matang.

Untuk memudahkan kamu berjualan, yuk simak dulu tips tentang bagaimana cara memilih produk yang tepat untuk dijual.

Tentukan Identitas Toko dan Target Market

Langkah awal yang harus kamu lakukan adalah tentukan dulu identitas toko kamu. Maksud dari identitas toko adalah toko kamu akan bergerak di bidang apa. Apakah menjual produk skincare? Apakah menjual produk makeup? Atau bahkan keduanya? Jika memilih spesialis produk skincare, kamu juga perlu menentukan apakah toko kamu spesialis skincare lokal atau internasional?

Baca Juga: Tips Memilih Skincare Untuk Kulit Kering

Setelah identitas toko terbentuk, selanjutnya adalah mencari tahu target market. Gunanya adalah supaya kamu menjadi lebih tahu serta memahami hal apa saja yang disukai oleh target market kamu.

Kalau sudah punya target yang jelas, maka kamu bisa menemukan atau membandingkan peluang yang ada di pasaran. Cara ini bisa jadi acuan kamu untuk menentukan produk, budget, atau bahkan strategi marketingnya nanti.

Cari Tahu Tren Saat Ini

Setelah kamu menentukan identitas toko dan target market, langkah penting dalam cara memilih produk yang perlu kamu lakukan adalah mengetahui tren saat ini. Gunanya adalah untuk mencari tahu produk apa saja yang saat ini sering digemari dan banyak dicari oleh customer. Lantas, bagaimana cara mengetahui tren saat ini?

  • Lakukan riset untuk mengetahui produk yang laris saat ini. Kamu bisa melakukan riset di marketplace online seperti Shopee atau Tokopedia. Lakukan riset secara berkala supaya kamu tetap tahu tren terbaru, ya!
  • Cek kompetitor juga perlu dilakukan, lho. Gunanya untuk mengetahui seberapa banyak kompetitor kamu di spesialisasi ini.
  • Pantau media sosial RAENA dan beauty influencers untuk dapat inspirasi seputar tren terbaru.

Tentukan Produk

Kalau kamu sudah punya gambaran tentang target market, sekarang waktunya memilih brand atau produk yang sesuai.

Untuk permulaan, kamu bisa menjual produk dari beberapa brand terlebih dulu sebelum menambah ke banyak brand. Kira-kira brand atau produk apa aja  yang cocok dengan target kamu?

Baca Juga: Reseller dan Dropship, Rahasia Dibalik Bisnis Online yang Mudah

1. Brand dengan volume demand yang tinggi & penjualan super cepat

Keuntungannya kurang signifikan di sini, tetapi untuk mendatangkan dan meningkatkan traffic, brand ini harus ada di market kamu. Misalnya, Scarlett, Grace & Glow, Skintific.

2. Brand dengan penjualan cepat 

Brand di kategori ini tidak secepat yang sebelumnya, tetapi memiliki permintaan yang wajar di pasar. Dengan sedikit iklan dan promosi dapat memberikan keuntungan yang baik untuk toko kecantikan kamu. Misalnya, Hanasui, Whitelab, Avoskin, Luxcrime, dll.

3. Brand dengan traffic menengah 

Ini adalah brand dengan margin/keuntungan yang baik dan dapat terjual dengan mudah dengan sedikit usaha. Brand ini yang harus dipastikan ada di target market kamu karena akan meningkatkan pendapatan bersih. Misalnya,  Adara, Pinkberry, Studio Tropik.

4. Brand potensial

Brand yang mungkin menjadi populer. Kamu harus selalu memperhatikan pasar dan mengetahui brand potensial berikutnya dengan mengikuti influencer di media sosial. Misalnya, Youvit, dan True To Skin.

5. Brand dengan margin tinggi

Ini adalah brand yang dapat memberi margin/keuntungan tinggi tetapi tidak bergerak terlalu cepat. Misalnya, Dewycel, W.Dressroom, Forencos.

Inilah cara memilih produk untuk jualan yang bisa kamu coba. Mudah bukan? Jadi, jangan ragu untuk mulai berjualan. Yuk, wujudkan impian mandiri secara finansial dari sekarang!

 

 

Leave A Comment