Analisa Kulit

Mulai Analisa Kulit

10+ Urutan Skincare Pagi dan Malam yang Tepat

blog
Tahukah kamu bahwa urutan skincare di pagi dan malam itu berbeda? Rutin menggunakan skincare bukan suatu hal yang mudah, loh. Sebab dibutuhkan ketelatenan dan ketepatan agar kamu mendapatkan manfaat maksimal dari produk skincare yang kamu gunakan tersebut. Bahkan, ada beberapa produk yang hanya bisa digunakan pada rangkaian skincare malam hari. Yuk, intip ulasan singkat mengenai urutan skincare pagi dan malam yang benar di bawah ini.

Urutan Skincare Pagi Hari

1. Mencuci Wajah
Urutan skincare pagi hari yang wajib kamu lakukan adalah mencuci wajah. Ini bertujuan untuk menghilangkan sisa kotoran, minyak serta produk skincare yang kamu gunakan di malam hari. Jangan lupa gunakan sabun wajah sesuai jenis kulit kamu, ya!
2. Menggunakan Toner
Toner berfungsi untuk mengangkat sisa-sisa kotoran dan residu yang kemungkinan besar masih menempel di atas permukaan wajah. Waktu yang tepat untuk menggunakan toner adalah setelah membersihkan wajah agar bisa memberikan lebih banyak hidrasi pada kulit. Toner juga berguna untuk mempersiapkan kulit sebelum menggunakan skincare selanjutnya. Jangan lupa menggunakan toner pada urutan skincare pagi dan malam hari, ya.
3. Lanjutkan dengan Serum
Langkah selanjutnya dalam urutan skincare pagi adalah serum wajah. Serum merupakan produk perawatan kulit yang memiliki tekstur ringan dan mengandung bahan aktif spesifik dengan konsentrasi tinggi untuk kulit, sehingga penyerapannya berlangsung dengan cepat.
4. Aplikasikan Moisturizer
Bagi pemilik kulit wajah kering, pilihlah moisturizer atau pelembap dengan tekstur krim. Sementara itu, pelembap bertekstur cair atau gel cocok digunakan oleh tipe kulit wajah berminyak. Pelembap memegang peranan penting dalam urutan skincare pagi maupun malam agar kulitmu tetap terhidrasi. Kamu dapat menggunakannya dengan cara ambil pelembap seukuran sedikit lebih besar dari ukuran kacang polong ke telapak tangan. Oleskan pelembap pada area pipi terlebih dahulu, lalu oleskan ke atas menuju dahi dengan gerakan memijat.
5. Akhiri dengan Sunscreen
Urutan skincare pagi yang terpenting dan tidak boleh diabaikan adalah penggunaan sunscreen. Sunscreen berguna untuk melindungi kulit dari paparan radiasi sinar UV. Sebaiknya gunakan sunscreen setiap hari ketika ada aktivitas di luar rumah. Bahkan pada hari berawan, sinar UV matahari yang berbahaya dapat menembus lapisan kulit, lho. Pastikan kamu mengoleskan sunscreen 15-30 menit sebelum keluar rumah.

Skincare Malam Hari

1. Gunakan First Cleanser
Setelah beraktivitas seharian, wajahmu pasti penuh dengan debu dan kotoran. Terlebih lagi, jika kamu beraktivitas menggunakan makeup. Maka, kamu perlu melakukan pembersihan dengan teknik double cleansing. Bersihkanlah wajah terlebih dulu dengan micellar water. Kamu juga bisa menggunakan cleansing balm atau cleansing oil sebagai pilihan first cleanser.
2. Lanjutkan Second Cleanser
Berbeda dengan urutan skincare pagi, di malam hari kamu perlu melakukan double cleansing. Nah, supaya debu, kotoran, dan sisa makeup benar-benar terangkat sempurna, kamu bisa menggunakan sabun muka sebagai second cleanser. Ini akan membuat kulit wajah terasa semakin bersih. Jangan lupa, gunakan sabun yang sesuai dengan jenis kulit kamu.
3. Gunakan Toner
Urutan skincare malam selanjutnya adalah toner. Kamu bisa menggunakan kapas sebelumnya baru saja mengenakan makeup. Ini untuk memastikan bahwa sudah tidak ada lagi sisa-sisa kotoran ataupun makeup yang menempel di wajah. Toner juga terbagi menjadi dua jenis, yaitu exfoliating toner dan hydrating toner. Keduanya memiliki fungsi yang berbeda-beda. Exfoliating toner bermanfaat untuk eksfoliasi dengan mengangkat sel kulit mati, sementara hydrating toner berfokus pada kelembaban kulit wajah.
4. Aplikasikan Serum dan Essence
Setelah menggunakan toner, kamu bisa memakai essence dan serum wajah sebagai tahapan skincare selanjutnya. Serum wajah dan essence sebenarnya memiliki fungsi yang sama, yaitu melembapkan dan menghaluskan kulit wajah.
5. Eye Cream
Jika kamu bertanya-tanya, apa sih bedanya skincare pagi dan malam? Penggunaan eye cream jawabannya. Bagi kamu yang memiliki mata panda, kantung mata, atau kerutan di area sekitar mata, penggunaan eye cream akan sangat membantu. Pilihlah eye cream yang mengandung konsentrat tinggi, seperti antioksidan dan peptida. Gunakan dengan cara mengoleskannya ke area kulit bawah mata secara perlahan.
6. Pelembap atau Sleeping Mask
Step terakhir yang tidak boleh kamu lewatkan ialah menggunakan moisturizer atau pelembap. Kamu bisa menggunakan pelembap yang sama di pagi dan malam hari. Tetapi, pastikan pelembap tersebut tidak mengandung SPF, ya. Kamu juga bisa menggunakan pelembap khusus malam hari atau biasa disebut night cream. Night cream umumnya memiliki kandungan serta fungsi yang lebih khusus, yaitu melembapkan kulit, menyamarkan kerutan, atau memudarkan noda hitam di wajah. Sedangkan sleeping mask adalah skincare malam yang bersifat opsional, tetapi juga tetap memberikan efek positif bagi kulit wajah kamu. Itulah urutan skincare yang bisa kamu aplikasikan pada pagi dan malam hari. Seluruh produk untuk rangkaian skincare tersebut juga bisa kamu dapatkan dengan mudah menggunakan aplikasi RAENA loh. Jangan lupa, download aplikasi RAENA dan daftarkan diri kamu sebagai reseller atau dropshipper untuk mendapatkan harga grosir saat berbelanja aneka produk kecantikan. Selain itu, kamu juga bisa menikmati promo spesial setiap hari dan memperoleh keuntungan jual hingga Rp100ribu per produk. Ayo, download sekarang!