6 Cara Mengatasi Kulit Kusam dengan Mudah dan Ampuh

Kulit wajah yang kusam menjadi salah satu faktor penyebab turunnya rasa percaya diri. Namun, tidak perlu khawatir sebab cara mengatasi kulit kusam bisa dilakukan dengan mudah. Penyebab kulit kusam cukup bervariasi, seperti kulit wajah yang kering, kekurangan Vitamin C, terpapar sinar UV tanpa perlindungan, serta kurangnya melakukan eksfoliasi. Faktor internal seperti pola makan tidak sehat, kurang minum air putih, kebiasaan merokok, dan kurang tidur juga dapat memicu kulit menjadi kusam. Untuk mendapatkan kulit yang menjadi cerah kembali, kamu perlu melakukan perawatan kulit dengan rutin dan konsisten.

Ingin Wajah Cerah Berseri, Ini 6 Cara Mengatasi Kulit Kusam

1. Rutin Membersihkan Wajah

Rajin mencuci wajah ternyata termasuk salah satu cara mengatasi kulit kusam, loh. Mencuci muka dapat dilakukan dua kali sehari, yaitu sebelum dan sesudah beraktivitas. Pilihlah facial wash yang memiliki tekstur ringan, tidak merusak skin barrier, aman dan nyaman untuk kulit, serta teruji secara klinis.

2. Perkuat Skin Barrier

Merawat skin barrier agar tetap sehat ternyata juga menjadi faktor untuk mencegah kekusaman, loh. Kerusakan pada skin barrier dapat menyebabkan wajah menjadi kering yang pada akhirnya akan memicu penuaan dini dan kulit wajah menjadi kusam. Maka dari itu, optimalkan penggunaan skincare yang melembapkan untuk perawatan skin barrier agar kulit tetap dengan pelembap.

3. Gunakan Vitamin C

Kandungan vitamin ternyata memiliki khasiat tersendiri untuk merawat kulit wajah. Vitamin C termasuk antioksidan yang dapat digunakan sebagai salah satu cara mengatasi kulit kusam dan masalah kulit akibat paparan sinar matahari. Hal ini karena antioksidan di dalam Vitamin C berfungsi untuk melawan radikal bebas yang menjadi salah satu penyebab kerusakan kulit. Hasilnya, kulit akan menjadi lebih cerah dan bersinar.

4. Selalu Gunakan Sunscreen

Kulit kusam bisa diakibatkan oleh paparan sinar matahari pada kulit. Oleh karena itu, kamu disarankan untuk menggunakan tabir surya dengan SPF minimal 30. Gunakanlah sunscreen setiap hari, termasuk saat hari sedang mendung. Selain melindungi dari bahaya sinar ultraviolet, tabir surya atau sunscreen juga bermanfaat agar kulit terhindar dari bintik hitam yang dapat membuat kulit kusam. Batasi aktivitas di bawah sinar matahari antara pukul 10.00–14.00. Jika kamu perlu beraktivitas di bawah sinar matahari sepanjang hari, lakukanlah reapply sunscreen setidaknya setiap 2–3 jam sekali.

5. Rutin Eksfoliasi Wajah

Sel kulit mati yang menumpuk juga merupakan penyebab utama wajah menjadi kusam. Maka dari itu, cara mengatasi kulit kusam akibat penumpukan sel kulit mati adalah dengan rutin melakukan eksfoliasi sebanyak dua kali seminggu. Namun yang perlu diingat, frekuensi eksfoliasi harus disesuaikan dengan kondisi kulit masing-masing. Jika kamu memiliki kulit yang sensitif, eksfoliasi dapat dilakukan seminggu seminggu.

6. Perbaiki Gaya Hidup

Cara mengatasi kulit kusam juga bisa dilakukan dengan mengubah gaya hidup. Kamu bisa memulai dengan mengonsumsi air putih, buah, sayur, dan biji-bijian yang kaya akan vitamin serta antioksidan. Tidur yang berkualitas dan teratur selama 7–9 jam sehari juga dapat mendorong pergantian sel-sel tubuh dan produksi kolagen pada kulit sehingga kulit akan tampak lebih cerah berseri.

7. Kelola Stres dengan Baik

Saat stres, tubuh akan memproduksi hormon yang juga dapat menyebabkan wajah terlihat kusam dan membuat kulit lebih sensitif. Oleh karena itu, penting untuk selalu mengelola stres, baik dengan menjalani terapi relaksasi dan meditasi, atau melakukan sesuatu yang disukai (me time).

Itulah beberapa cara mengatasi kulit kusam yang bisa kamu lakukan dengan mudah. Jika cara-cara di atas sudah kamu lakukan secara konsisten, wajah kusam pun akan kembali cerah. 

Kamu juga bisa mendapatkan produk perawatan untuk kulit kusam dengan menggunakan aplikasi RAENA. Di sini kamu juga bisa menemukan brand-brand produk kecantikan yang populer dan viral. 

Lewat RAENA, kamu bahkan bisa langsung mendaftarkan diri untuk menjadi reseller atau dropshipper produk kecantikan, loh. Tenang, menjadi reseller atau dropshipper di RAENA tidak ada biaya admin dan tanpa minimum pembelian. Justru, kamu bisa mendapatkan harga grosir dan langsung berjualan. Yuk, download RAENA dan mulai bisnis kecantikan kamu sekarang.

April 18, 2024

App Download Banner

Yuk, belanja di RAENA dan kembangkan
bisnis bersama!

Kami yakin ini akan membantu
bisnismu berkembang pesat.

Leave A Comment