6 Manfaat Toner untuk Wajah yang Perlu Kamu Ketahui

Apakah kamu tahu kalau mencuci wajah dengan sabun saja tidak dapat mengangkat seluruh kotoran dan minyak pada wajah? Untuk membersihkan seluruh kotoran, kamu memerlukan rangkaian produk lainnya. Salah satunya yaitu toner. Produk ini berguna untuk mengangkat sisa kotoran yang ada di wajah serta memberikan manfaat lain untuk kesehatan kulit wajah. Nah, untuk kamu yang masih belum tahu apa saja manfaat toner untuk wajah, yuk simak penjelasannya di bawah ini. 

Ketahui Ragam Manfaat Toner untuk Wajah Berikut Ini

Ada beragam manfaat toner untuk wajah sesuai dengan kandungan di dalamnya.  Diantaranya yaitu: 

1. Dapat Menyeimbangkan pH Kulit

Menyeimbangkan pH kulit merupakan salah satu manfaat toner untuk wajah yang bisa kamu dapatkan. Normalnya, nilai pH kulit manusia berada pada rentang 4,7-5,75. Yang artinya adalah pH kulit manusia cenderung asam. Zat asam ini yang akan berfungsi untuk mencegah kulit kering dan melindungi kulit dari iritasi. 

Dengan rutin memakai toner, kamu dapat membantu menjaga keseimbangan pH kulit wajah dengan menjaga produksi zat asam karena toner wajah dapat menjaga pH kulit agar tetap aman. 

2. Dapat Melembabkan Kulit

Saat membersihkan wajah dengan sabun, mungkin ada kandungan tertentu yang dapat membuat kulit kamu menjadi kering. Nah, dengan menggunakan toner setelah membersihkan wajah, kamu dapat melembabkan kulit kembali loh! Hal ini dikarenakan toner mengandung hyaluronic acid, mineral oil, atau asam amino yang berfungsi untuk mengembalikan kelembaban kulit. Jadi, bagi kamu yang merasa kulit wajah sering terasa kering setelah mencuci dengan sabun wajah, jangan lupa untuk menggunakan toner setelahnya ya!

3. Dapat Mengangkat Sisa Kotoran pada Wajah

Manfaat toner untuk wajah yang selanjutnya yaitu mengangkat sisa kotoran, minyak, dan make up pada wajah. Jangan salah, meskipun kamu sudah membersihkan wajah menggunakan micellar water dan sabun cuci muka, masih ada sisa kotoran yang tidak terlihat dan menempel di wajah. Oleh karena itu, penggunaan toner diperlukan agar kulit wajah kamu bersih total dan terlihat lebih cerah juga. 

4. Dapat Mengatasi Jerawat yang Membandel

Jika kamu sedang mengalami masalah jerawat, kamu bisa menggunakan toner yang mengandung asam salisilat atau benzoil peroksida dan dibarengi dengan penggunaan produk lain yang juga berfungsi untuk mengatasi jerawat. Bukan hanya itu, dengan memakai toner kamu juga bisa membersihkan pori-pori dan mencegah munculnya komedo serta jerawat. 

5. Dapat Menyamarkan Bekas Jerawat 

Menyamarkan bekas jerawat merupakan salah satu manfaat toner untuk wajah yang bisa kamu rasakan. Ada beberapa jenis toner yang mengandung bahan aktif didalamnya yang dapat mengatasi bekas jerawat kehitaman di wajah. Saat memilih toner, pastikan kamu memilih produk dengan kandungan AHA seperti lactic acid dan glycolic acid agar bisa merasakan manfaat yang satu ini. 

6. Dapat Menambah Lapisan Pelindung Kulit 

Manfaat toner untuk wajah yang terakhir yaitu bisa menambah lapisan pelindung kulit. Dengan begini, kamu dapat mengurangi resiko terpapar zat berbahaya dari lingkungan sekitar yang bisa membuat kulit rentan rusak. Manfaat ini bisa didapatkan karena toner mengandung vitamin yang mampu menjaga kulit wajah agar tetap sehat dan memenuhi kebutuhan cairan sehingga kulit terasa halus dan lembab. 

Setelah mengetahui manfaat toner untuk wajah, berikutnya kamu perlu mengetahui cara menggunakan toner yang baik agar hasil menjadi lebih maksimal. Cek penjelasannya berikut ini!

Baca juga: Tips Memilih Skincare yang Cocok untuk Kulit Kering

Begini Cara Menggunakan Toner untuk Wajah 

Dalam menggunakan toner, kamu perlu mengaplikasikannya setelah membersihkan wajah dengan sabun cuci wajah. Kamu dapat menuangkan toner pada kapas, lalu usapkan ke seluruh area wajah hingga merata. Saat mengaplikasikannya, hindari area mata ya! 

Setelah itu, tunggu hingga toner menyerap ke wajah sebelum akhirnya kamu melanjutkan ke rangkaian skincare yang lain seperti moisturizer, serum, hingga eye cream agar fungsi toner dapat bekerja optimal. 

Dengan mengaplikasikan toner, kulit wajah akan selalu bersih dan terhidrasi dengan baik. Selain itu penting untuk diperhatikan bahwa kamu perlu menghindari pemakaian toner wajah yang mengandung alkohol, khususnya bagi kamu dengan jenis kulit sensitif. Karena, alkohol dapat membuat kulit menjadi kering. 

Setiap orang memiliki jenis kulit yang berbeda-beda, sehingga diperlukan juga jenis toner yang berbeda. Oleh karena itu, penting untuk mengetahui jenis kulit wajah serta kandungan di dalam toner agar kamu dapat memilih toner yang tepat. Apabila kamu masih ragu dalam memilih toner mana yang cocok dengan jenis kulit kamu, lebih baik konsultasikan dengan dokter kulit ya agar pemakaian toner tidak menimbulkan masalah lain pada kulit wajah.

Kamu juga bisa mendapatkan toner dan produk kecantikan lainnya dengan harga grosir untuk dijual kembali melalui aplikasi RAENA. Psst, untung penjualan hingga Rp100.000 per produk, loh. Yuk, download sekarang!

November 14, 2022

App Download Banner

Yuk, belanja di RAENA dan kembangkan
bisnis bersama!

Kami yakin ini akan membantu
bisnismu berkembang pesat.

Leave A Comment