6 Panduan Lengkap Syarat Menjadi Reseller Produk Kecantikan

Bisnis reseller telah menjadi salah satu model bisnis yang populer dalam beberapa tahun terakhir. Dengan menjadi reseller, seseorang dapat memanfaatkan produk orang lain untuk dijual kembali dengan keuntungan yang layak. Namun, sebelum menjalankan bisnis ini, ada baiknya kamu mengetahui pengertian dan apa saja syarat menjadi reseller yang perlu dipenuhi agar kamu bisa mencapai kesuksesan dalam menjalankan bisnis ini.

Apa Itu Reseller?

Secara umum, reseller adalah penjual tangan kedua, yang menjual kembali barang dari produsen atau supplier. Istilah reseller ini diambil dari bahasa Inggris. Kata re memiliki arti kembali dan kata seller memiliki arti penjual. Sehingga reseller dapat diartikan sebagai penjualan kembali.

Sebenarnya reseller hampir sama dengan dropshipper. Hanya saja, sistem reseller bisa dijalankan dengan menggunakan modal di awal, sedangkan dropshipper tidak memerlukan modal. Modal awal yang dikeluarkan reseller biasanya digunakan untuk membeli produk dari supplier sebelum dijual kembali. Reseller dapat menjual produk apapun. Mulai dari pakaian, aksesoris, makanan, hingga produk kecantikan. 

Sistem kerja reseller juga terbilang sangat mudah. Sebagai reseller kamu bisa menyetok barang dari supplier mana saja. Setelah menyetok barang, kamu bisa memotret barang-barang tersebut dan menjualnya di marketplace dengan harga yang lebih tinggi dibandingkan harga awal saat kamu membeli barang tersebut. Nah, dari sinilah reseller bisa mendapatkan keuntungan.

Apa Saja Syarat Menjadi Reseller Kecantikan?

1. Memahami Produk yang Ingin Dijual

Sebelum memutuskan untuk menjadi reseller, syarat menjadi reseller yang terpenting adalah memahami produk apa yang akan dijual. Ketahuilah kegunaan, kualitas, keunggulan, dan kelemahan produk tersebut agar kamu dapat memasarkan dengan lebih efektif.

2. Pengetahuan Pasar

Memiliki pemahaman yang baik tentang pasar adalah kunci sukses dalam bisnis reseller. Kamu perlu mengetahui siapa target pasarnya, bagaimana tren pasar, dan kebutuhan pasar agar dapat menjual produk dengan baik.

3. Kerjasama dengan Supplier

Sebagai reseller, tentunya kamu perlu mencari supplier agar bisa mendapatkan produk yang diinginkan. Pilihlah supplier yang dapat dipercaya, menyediakan produk berkualitas, dan memiliki harga yang kompetitif. Salah satunya, kamu bisa memanfaatkan aplikasi RAENA.

Aplikasi RAENA merupakan platform untuk reseller kecantikan terbesar di Indonesia. Hingga saat ini sudah ada 300.000+ reseller kecantikan yang bergabung dengan RAENA. Lewat aplikasi RAENA, kamu bisa mendapatkan produk kecantikan dengan harga grosir. Bukan hanya itu, di sini kamu juga bisa memiliki akses ke 600+ brand populer, lokal dan global. Seluruh produk kecantikan di RAENA asli dan sudah memiliki izin edar BPOM.

4. Modal Awal

Seperti yang sudah dibahas di atas, meskipun syarat menjadi reseller tidak memerlukan modal besar seperti bisnis konvensional, namun kamu masih memerlukan modal awal untuk membeli stok produk pertama kali. 

5. Keterampilan Pemasaran

Kemampuan dalam memasarkan produk juga termasuk dalam syarat menjadi reseller. Kamu perlu memiliki keterampilan dalam pemasaran online maupun offline untuk dapat menjangkau lebih banyak konsumen. Misal, jika kamu ingin memasarkan secara online, kamu bisa memasarkan lewat marketplace, membuat video ulasan seputar produk, membuat konten edukasi, dan sebagainya.

6. Komitmen dan Konsistensi

Klise, tetapi benar adanya. Kesuksesan dalam bisnis reseller membutuhkan komitmen dan konsistensi dalam menjalankan bisnis. Kamu harus bersedia untuk bekerja keras dan tidak mudah menyerah meskipun menghadapi tantangan saat menjalankan bisnis ini.

Menjadi reseller adalah pilihan yang menarik untuk memulai bisnis tanpa harus mengeluarkan modal besar. Namun, kesuksesan dalam menjalankan bisnis ini tidak datang dengan mudah. Kamu perlu memenuhi syarat-syarat menjadi reseller yang telah disebutkan di atas dan bekerja keras untuk dapat mencapai kesuksesan sebagai seorang reseller. Dengan memahami dan memenuhi syarat-syarat tersebut, kamu dapat meningkatkan peluang sukses dalam menjalankan bisnis reseller.

March 1, 2024

App Download Banner

Yuk, belanja di RAENA dan kembangkan
bisnis bersama!

Kami yakin ini akan membantu
bisnismu berkembang pesat.

Leave A Comment