Analisa KulitAnalisa kulitmu dan dapatkan rekomendasi produk yang tepat

Mulai Analisa Kulit

7 Penyebab Mata Panda dan Cara Mengatasinya

blog
Kurang tidur sering dikira menjadi penyebab utama munculnya mata panda. Adanya lingkaran hitam di bawah mata tentu dapat membuat kamu kurang percaya diri, karena bisa membuat wajah terlihat lebih tua. Meskipun begitu, terkadang lingkaran hitam tetap bisa muncul kembali walaupun sudah tidur dengan waktu yang cukup. Hal ini disebabkan oleh banyaknya faktor lain yang membuat area kantung mata menjadi hitam.

Penyebab Mata Panda

Dilansir dari berbagai sumber, berikut ini adalah rangkuman seputar penyebab mata panda yang perlu kamu ketahui.
1. Kurang tidur
Salah satu penyebab mata panda yang umum terjadi adalah kurang tidur atau pola tidur yang buruk. Saat kurang tidur, darah tidak mampu mengalir dengan baik ke area sekitar mata. Akibatnya, darah yang menumpuk di bawah mata dapat terlihat karena kulit di daerah ini sangat tipis. Kurang tidur juga dapat menyebabkan wajah menjadi kusam dan area bawah mata membengkak, loh.
2. Terlalu lama menatap layar
Mata lelah juga menjadi penyebab munculnya kantung mata hitam. Misalnya, menatap televisi, layar laptop, komputer, dan HP dalam waktu yang lama dapat menyebabkan ketegangan pada mata. Ketegangan ini membuat jaringan gelap dan pembuluh darah di bawah kulit membesar. Alhasil, area bawah mata pun menjadi lebih gelap
3. Usia
Seiring bertambahnya usia, kulit menjadi semakin tipis dan mulai kehilangan elastisitasnya. Saat kondisi ini terjadi, pembuluh darah di bawah mata akan semakin terlihat jelas sehingga muncul mata panda.
4. Alergi
Reaksi alergi dan mata kering dapat menyebabkan munculnya kantung mata menghitam. Ini terjadi karena pada saat alergi, tubuh melepaskan histamin sebagai respons tubuh terhadap zat berbahaya. Histamin inilah yang kemudian akan memunculkan gatal, kemerahan, pembengkakan, hingga pelebaran pembuluh darah yang muncul di area bawah mata.

Baca Juga: 5 Kandungan dalam Toner yang Bagus untuk Mencerahkan

5. Keturunan
Pada beberapa kasus, penyebab munculnya mata panda hitam adalah karena faktor genetik atau keturunan. Misalnya, dari orangtua ke anaknya. Kondisi yang dipengaruhi oleh faktor keturunan akan menjadi semakin jelas seiring bertambahnya usia.
6. Dehidrasi
Saat tubuh kekurangan cairan atau bisa disebut juga dengan dehidrasi, kulit di bagian bawah mata akan terlihat cekung dan kusam. Hal ini juga menjadi salah satu penyebab munculnya mata panda.
7. Paparan sinar UV
Bagi kamu yang senang beraktivitas di luar ruangan, paparan sinar matahari juga dapat memicu munculnya lingkaran hitam di area mata. Hal ini bisa terjadi, sebab paparan sinar matahari dapat memicu tubuh memproduksi lebih banyak melanin atau pigmen yang membuat kulit menjadi lebih gelap. Termasuk di kulit sekitar mata sehingga warnanya menjadi lebih gelap.

Cara Mengatasi Mata Panda

1. Tidur yang cukup
Salah satu penyebab mata panda adalah lantaran kurangnya waktu tidur. Jadi untuk mengatasinya adalah dengan tidur yang cukup. Cukupi waktu istirahat malammu dengan tidur selama 7-9 jam.
2. Kompres mata
Kompres mata dengan air dingin bisa mengurangi pelebaran dan perubahan warna pada pembuluh darah di bawah mata. Caranya, bungkus es batu dengan kain bersih. Selanjutnya, pejamkan mata dan letakkan kompres dingin tersebut selama 20 menit.
3. Gunakan eye cream
Saat ini banyak eye cream yang beredar di pasaran dengan tujuan membantu mengatasi lingkaran hitam pada mata. Pilihlah krim mata yang mengandung retinol, kafein, atau vitamin C. Kandungan tersebut dapat membantu mencerahkan lingkaran hitam di bawah mata.
4. Aplikasikan concealer
Penggunaan concealer di bagian bawah mata juga dapat menyamarkan mata panda, loh. Pilihlah concealer yang sesuai dengan warna kulit kamu dan oleskan tipis-tipis. Temukan concealer dari brand favorit kamu melalui aplikasi RAENA dan nikmati promo spesialnya!