Analisa Kulit

Mulai Analisa Kulit

7 Strategi Menaikan Harga Jual Produk Bagi Pebisnis Pemula

blog
Bagi kamu yang mempunyai bisnis dan ingin menaikan harga jual produk, kamu harus memiliki strategi yang tepat sebelum melakukan hal ini agar pelanggan tidak kabur. Di dalam sebuah bisnis, ada kalanya usaha akan mengalami masa-masa yang sulit. Menaikan harga jual produk terkadang bisa menjadi solusi untuk mengatasi masa ini. Namun, ini adalah keputusan yang perlu dipertimbangkan dengan hati-hati karena dapat berdampak signifikan pada hubungan kamu dengan pelanggan dan profitabilitas bisnis. Di tengah persaingan yang begitu ketat, memang tidak mudah untuk mempertahankan pelanggan. Tidak dipungkiri bahwa harga selalu menjadi pertimbangan bagi para pembeli tetapi, percayalah, akan selalu ada pelanggan loyal yang lebih mementingkan kualitas dan layanan daripada sekadar harga. Nah, jika kamu masih bingung bagaimana cara menaikan harga produk yang tepat, simak terus artikel ini, ya.

Tahapan Menaikan Harga Jual Produk Agar Bisnis Tetap Bisa Bertahan

1. Lihat Sejarah Bisnis
Untuk menaikan harga jual produk, kamu perlu melihat historical bisnis yang tercatat. Mungkin di waktu yang sebelumnya, apakah kamu pernah melakukan perubahan kenaikan harga dari waktu ke waktu. Jangan lupa, periksa juga volume penjualan dari awal hingga bisnis berjalan hingga saat ini. Dengan data- data yang pernah tercatat, bisa diketahui bagaimana progres penjualan dari waktu ke waktu. Kamu pun bisa menentukan bagaimana strategi peningkatan harga jual ke depannya.
2. Sesuaikan dengan Inflasi
Sebelum menaikan harga produk, kamu juga perlu perhatikan inflasi. Inflasi pasti akan meningkat dari waktu ke waktu, yang berarti bahwa banyak pelanggan memiliki penghasilan lebih tinggi juga sehingga berpengaruh pada tingkat konsumsi pelanggan. Jadi, tidak ada salahnya menaikkan harga ketika inflasi meninggi.
3. Bandingkan Kenaikan Harga di Kompetitor
Dalam bisnis reseller yang sedang kamu jalani ini, tentunya produk yang beredar akan bersaing dengan produk milik kompetitor. Hal ini bisa Anda jadikan sebagai bahan referensi ketika ingin menaikkan harga jual produk. Dalam menentukan harga, kamu bisa mematok harga jual sedikit di bawah kompetitor. Namun, kamu juga perlu berikan tawaran menarik yang tidak bisa pelanggan dapatkan dari kompetitor.
4. Lakukan Sosialisasi ke Pelanggan
Pelanggan adalah salah satu bagian penting dalam bisnis, kenaikan harga bisa mempengaruhi keputusan mereka untuk melakukan pembelian. Jadi, komunikasikan ke pelanggan mengenai rencana kenaikan harga supaya mereka memahami keputusanmu. Hindari membuat keputusan penting tanpa melibatkan pelanggan. Kamu bisa mengumumkan perubahan harga melalui media online seperti media sosial. Kamu juga bisa membuat iklan yang berisi rencana perubahan harga di masa yang akan datang.
5. Pantau Penjualan Setelah Kenaikan Harga
Setelah menaikan harga jual produk, penting bagi kamu untuk terus memantau respons pelanggan. Perhatikan apakah ada penurunan signifikan dalam penjualan atau bahkan muncul keluhan dari pelanggan. Jika ada, mungkin kamu perlu mengevaluasi kebijakan harga baru ini.
6. Pertimbangkan Alternatif Harga
Jika menaikan harga jual produk terbukti menjadi hambatan yang besar bagi pelanggan, kamu perlu mempertimbangkan alternatif harga. Kamu dapat memberikan pilihan harga yang berbeda, seperti pilihan harga paket premium dan harga dasar.
7. Beri Hadiah atau Bonus Tambahan
Terkadang saat pelanggan mengetahui kenaikan harga sudah terjadi pada suatu produk, mereka bisa membatalkan niatnya untuk membeli. Untuk mengatasinya, kamu dapat memberikan bonus khusus seperti free gift atau kupon diskon. Selain itu, kamu juga bisa memberikan bonus tertentu dengan minimum pembelian yang sudah ditetapkan. Ini dilakukan supaya bisa membuat pelanggan tetap loyal. Menaikan harga jual produk adalah keputusan yang harus diambil dengan bijaksana, dan penting untuk memahami dampaknya pada bisnis. Melalui strategi yang tepat dan komunikasi yang baik kepada pelanggan, kamu dapat mencapai peningkatan harga tanpa mengorbankan hubungan dengan pelanggan. Sebagai reseller, kamu juga bisa memanfaatkan aplikasi RAENA yang mampu memberikan harga grosir. Sehingga, kamu bisa mendapatkan untung yang lebih besar. Bukan hanya itu saja, kamu juga bisa mendapatkan banyak hadiah menarik berupa cashback, free sampel produk, hingga emas dengan memainkan fitur “Tantangan Raena” yang ada di aplikasi. So, tunggu apa lagi? Ayo, gabung di RAENA.