Apa Itu Retinol dan Manfaatnya Untuk Kecantikan Wajah

Manfaat utama retinol bagi kulit wajah adalah sebagai anti aging sehingga bisa membantu menyamarkan kerutan wajah dan garis halus serta menghilangkan bekas jerawat. Apa itu retinol? Retinol atau retinoid adalah zat turunan dari vitamin A. Dengan kata lain, retinol dibuat dari vitamin A. Vitamin A memiliki banyak jenis turunan, namun retinol merupakan sebutan untuk turunan vitamin A yang masih dalam bentuk murni. Nah, selain sebagai anti-aging, retinol juga punya berbagai manfaat lainnya. Kamu bisa ketahui rekomendasi skincare mengandung retinol melalui artikel berikut, cek yuk:  Rekomendasi  Skincare yang Mengandung Retinol

Manfaat Retinol Untuk Kulit

Retinol dikenal sebagai bahan perawatan kulit wajah dengan beragam manfaat. Berikut ini adalah beberapa manfaat retinol untuk kulit wajah:

1. Membuat kulit wajah tampak awet muda

Retinol mampu memperlambat proses penuaan pada kulit karena dapat memelihara fungsi lapisan kulit terluar, menjaga agar kulit tetap terhidrasi, dan mencegah penurunan produksi kolagen. Inilah yang membuat kulit wajah tampak awet muda setelah rutin menggunakan retinol.

2. Memudarkan bintik hitam

Kulitmu banyak bintik hitam akibat paparan sinar matahari berlebih? Penggunaan retinol diketahui dapat membantu memudarkan bintik hitam dan memperbaiki kerusakan kulit akibat efek buruk sinar matahari, loh. Selain itu, retinol juga dapat mengatasi hiperpigmentasi kulit.

3. Memperbaiki tekstur kulit

Saat berada di lapisan tengah kulit, retinol akan memberikan efek pengelupasan, sehingga baik untuk proses regenerasi kulit. Lapisan kulit baru yang teksturnya lebih lembut pun dapat mudah terbentuk.

Bagaimana Cara Kerja Retinol?

Berbeda dengan produk perawatan kulit kebanyakan, retinol tidak mengangkat sel kulit mati. Retinol seperti molekul kecil sehingga mampu masuk hingga ke bagian bawah epidermis hingga ke dermis kulit. Ketika sampai ke bagian tengah kulit, retinol akan membantu menetralisir efek radikal bebas yang menerpa kulit.

 Lantaran radikal bebas dihilangkan, maka kolagen dan elastin bisa bekerja maksimal, sehingga dapat menghilangkan kerutan, garis halus, pori-pori membesar, tanda bintik hitam yang diakibatkan sinar matahari, hingga membuat tekstur kulit menjadi lebih rata.

Aturan Menggunakan Retinol

Untuk memaksimalkan manfaat retinol dan menghindari efek samping, berikut ini adalah hal-hal yang perlu kamu perhatikan:

1. Gunakan secukupnya

Gunakanlah retinol dengan konsentrasi rendah. Hal ini penting terutama bagi kamu yang baru pertama kali memakainya atau memiliki jenis kulit sensitif.

Jika kulit kamu sudah terbiasa dengan penggunaan retinol selama beberapa pekan, baru tingkatkan konsentrasinya secara perlahan. Kamu juga bisa ketahui rekomendasi produk untuk kulit sensitif, melalui artikel berikut ini, cek yuk: Rekomendasi Produk Skincare Untuk Kulit Sensitif

2. Gunakan malam hari

Produk dengan kandungan retinol biasanya dikemas dalam botol berwarna gelap. Hal ini dilakukan karena kebanyakan retinoid mudah rusak bila terkena cahaya terang atau sinar matahari langsung.

Produk retinol lebih dianjurkan untuk digunakan di malam hari. So, hindari pula menggunakan retinol di pagi atau siang hari, karena paparan sinar matahari dapat meningkatkan risiko efek samping (iritasi, kemerahan, dan lainnya)

Nah, itu dia penjelasan mengenai apa itu retinol dan serba-serbi lainnya. Semoga bermanfaat, khususnya untuk kamu yang ingin menggunakan produk dengan kandungan retinol.

Deretan produk yang mengandung retinol juga bisa kamu dapatkan dengan mudah menggunakan aplikasi RAENA. Kamu juga bisa mendaftarkan diri menjadi dropshipper atau reseller produk kecantikan dan menikmati harga grosir serta mendapatkan untung jual hingga Rp100.000 per produk. Gratis, tanpa biaya admin, dan tanpa minimum pembelian. Yuk, download sekarang!

 

September 2, 2022

App Download Banner

Yuk, belanja di RAENA dan kembangkan
bisnis bersama!

Kami yakin ini akan membantu
bisnismu berkembang pesat.

Leave A Comment