Analisa Kulit

Mulai Analisa Kulit

7 Cara Mengambil Foto Produk yang Bagus Pakai Smartphone

blog
Foto produk adalah hal pertama yang konsumen lihat saat akan membeli suatu barang. Maka dari itu, foto produk yang berkualitas dan mampu menarik perhatian konsumen sangatlah penting. Foto produk yang berkualitas tidak harus selalu dipotret menggunakan kamera, lho. Kamu juga bisa memanfaatkan kamera HP atau smartphone yang kamu punya. Sebab, kini sudah banyak smartphone yang memiliki fitur kamera canggih yang bisa kamu maksimalkan untuk menghasilkan foto produk yang berkualitas. Gimana caranya? Baca artikel ini sampai habis, ya.

Cara Foto Produk Menggunakan HP

1. Atur Ruangan dan Properti

Hal pertama yang harus dilakukan yaitu mempersiapkan ruangan yang akan digunakan sebagai tempat foto produk. Selain itu kamu harus menata backdrop dan properti lainnya yang diperlukan. Tambahkan beberapa material pendukung seperti hiasan kain untuk menambah estetika foto.

2. Atur Pencahayaan dengan Baik

Selanjutnya atur pencahayaan dengan baik untuk mendapatkan foto produk yang bagus. Cahaya sangat menentukan bagus atau tidaknya hasil foto yang kamu ambil. Apalagi smartphone nggak sesensitif kamera DSLR dalam menangkap cahaya sehingga semakin banyak cahaya yang dibutuhkan.

3. Maksimalkan Fitur Bawaan HP

Karena kamu memotret menggunakan kamera Hp, maka pastikan kamu memaksimalkan fitur-fitur bawaanya. Atur eksposur, ISO, white balance yang tepat agar mendapatkan hasil foto yang bagus. Selain itu, atur juga fokus kamera agar layar kamera dapat menangkap objek dengan tajam.

4. Jangan Menggunakan Zoom

Jika ingin foto close-up, fotolah objek dari jarak dekat. Usahakan untuk tidak menggunakan fitur zoom karena dapat mengurangi resolusi kamera sehingga hasil foto tidak tajam bahkan pecah.

5. Tentukan Angel yang Tepat

Tips selanjutnya yaitu menentukan angle yang tepat untuk menghasilkan foto lebih berlatihlah memotret sesering mungkin. Selain itu, ambilah foto produk dari beberapa angle untuk menunjukan detail produk. Selain itu kamu juga memiliki banyak pilihan foto untuk diunggah ke platform digital.

6. Gunakan Tripod Jika Diperlukan

Agar smartphone tidak bergeser-geser, maka gunakanlah tripod sehingga hasil foto pun akan lebih bagus. Hasil jepretan juga akan lebih konsisten karena angle yang diambil tidak berubah-ubah. Namun, namun menggunakan tripod ini nggak harus ya. Hanya jika kamu memerlukannya saja.

7. Percantik dengan Fitur Editing Foto

Tujuan menggunakan aplikasi editing bukanlah untuk memanipulasi foto, tetapi untuk mempertajam dan memperkuat kesan foto. Gunakanlah aplikasi editing ini seperlunya saja ya seperti menggunakan fitur crop & straighten, sharpen, contrast, shadow dan vibrance. Mengedit foto berlebihan bisa mengecewakan pembeli karena apa yang mereka lihat dan mereka terima jauh berbeda. Jika hal ini terjadi, kepercayaan pelanggan terhadap brand akan menurun. Nah, itulah beberapa cara melakukan foto produk menggunakan HP/smartphone. Sering-seringlah berlatih sehingga foto yang dihasilkan pun akan semakin berkualitas. Hal ini tentu membutuhkan waktu dan usaha ketimbang menyewa fotografer profesional. Meskipun begitu, nggak ada salahnya mencoba. Setelah memiliki foto produk kecantikan yang menarik, kamu bisa mempromosikan jualanmu di marketplace seperti Shopee. Untuk mempelajarinya, baca artikel berikut yuk: Cara Jualan di Shopee agar Banjir Orderan.