Double Cleansing dan 3 Manfaat Utamanya untuk Kulit

Sadar nggak sih, kalau ternyata ada satu langkah dalam rutinitas perawatan kulit yang terkadang perlu kamu lakukan berulang, yakni cleansing. Pasti kamu sudah tidak asing dengan kata double cleansing. Yap, meskipun double cleansing sudah ada sejak lama, namun rahasia keberhasilan dari melakukan cleansing ini adalah pada jenis kulit dan jenis produk yang kamu gunakan. 

Apa Itu Double Cleansing?

Double cleansing adalah proses pembersihan wajah sebanyak dua kali. Diawali  membersihkan wajah dengan produk berbasis minyak kemudian diikuti dengan pembersih berbasis air.

Langkah pertama yaitu menggunakan pembersih berbahan dasar minyak. Hal ini sangat membantu untuk menghilangkan makeup tahan air dan tabir surya yang kamu gunakan. Bagian ini juga sangat membantu untuk menghilangkan minyak berlebih dan sebum yang membandel pada kulit.

Tidak hanya itu, double cleansing juga dapat membantu jika kamu memiliki kulit yang sangat berminyak dan pembersih biasa tidak mampu menghilangkan minyak berlebih tersebut.

Bagaimana Cara Melakukan Double Cleansing?

Sebenarnya, pembersihan ganda bukanlah hal yang harus dilakukan oleh kebanyakan orang. Namun, bisa dilakukan dalam situasi tertentu. Misalnya, jika kamu memakai riasan tebal dan sunscreen, metode pembersihan ini membantu kamu untuk membersihkan wajah dengan baik sehingga produk perawatan kulit yang akan digunakan nantinya dapat bekerja maksimal. Lantas, bagaimana cara melakukan metode ini dengan benar?

  1. Oleskan pembersih berbasis minyak (misal, cleansing balm) ke telapak tangan dan pijat lembut pembersih ke kulit untuk membantu menghapus sisa riasan, sebum dan sunscreen.
  2. Bilas menggunakan air hangat (suam-suam kuku). Pastikan airnya tidak terlalu panas karena dapat membuat kulit kering.
  3. Untuk menjaga kelembapan kulit, jangan langsung mengeringkan wajah. Lanjutkan dengan mengaplikasikan face cleanser / face wash pada wajah.
  4. Bilas dan keringkan kulit dengan handuk lembut.

 

Apa Manfaat Melakukan Double Cleansing?

Sebagian orang berpikir bahwa melakukan pembersihan ganda adalah hal yang merepotkan. Padahal banyak manfaat yang bisa didapat ketika kamu rutin melakukannya, antara lain:

1. Menghapus sisa makeup lebih maksimal

Kamu termasuk tipe orang yang senang menggunakan makeup pada aktivitas sehari-hari? Jika ya, berarti kamu wajib melakukan double cleansing di malam hari. Sebab, cara ini efektif untuk mengangkat sisa kotoran serta sel kulit mati sehingga kulit akan tampak lebih sehat juga cerah. Hal ini juga berlaku jika kamu menggunakan sunscreen, ya.

2. Mencegah timbulnya jerawat

Teknik membersihkan wajah dua kali ini juga dapat mencegah munculnya jerawat, loh. Ini dikarenakan proses pembersihan dua kali sehingga seluruh lapisan kulit dibersihkan secara menyeluruh. Tidak hanya itu, double cleansing juga mampu menjaga kulit agar tetap awet muda.

3. Memaksimalkan kerja skincare

Manfaat selanjutnya adalah membuat kulit lebih siap untuk menerima produk skincare lainnya. Metode ini efektif membuat skincare bekerja lebih maksimal karena mampu menembus ke lapisan kulit terdalam. Tidak hanya itu, skincare juga dapat meresap lebih baik ke dalam kulit. 

 

Itulah penjelasan singkat mengenai double cleansing, mulai dari pengertian hingga manfaatnya untuk kulit. Apakah kamu sudah melakukan teknik pembersihan wajah yang satu ini?

November 8, 2022

App Download Banner

Yuk, belanja di RAENA dan kembangkan
bisnis bersama!

Kami yakin ini akan membantu
bisnismu berkembang pesat.

Leave A Comment