Bukan Hanya SPF Tinggi, Ini 6 Tips Memilih Sunscreen

Mengetahui tips memilih sunscreen sedari dini ternyata membawa pengaruh baik untuk kesehatan kulit, loh. Seperti yang kita ketahui, sunscreen masuk dalam rangkaian skincare pagi yang tidak boleh kamu lewatkan begitu saja. Sebab, sunscreen mampu memberikan perlindungan maksimal pada kulit dari paparan sinar UV.

Paparan sinar UV dapat memberikan dampak negatif pada kulit. Seperti sinar UV A yang dapat menimbulkan masalah penuaan dini. Sedangkan, sinar UV B dapat menyebabkan kulit terbakar. Nah, keduanya diketahui dapat memicu resiko terjadinya kanker pada kulit. Oleh sebab itu, penggunaan sunscreen sebagai salah satu cara melindungi kulit dari paparan sinar matahari. Meskipun begitu, kamu tidak boleh asal dalam memilih sunscreen. Penting untuk menyesuaikannya dengan jenis kulit agar perlindungan yang didapat lebih optimal. Supaya tidak salah pilih, yuk simak tips memilih sunscreen berikut ini.

Tips Memilih Sunscreen yang Baik untuk Kulit

1. Tentukan Jenis Sunscreen

Tips memilih sunscreen yang pertama adalah memperhatikan jenis sunscreen. Saat ini terdapat tiga jenis sunscreen yang beredar di pasaran, yakni sunscreen chemical, physical, dan hybrid.

Physical sunscreen dapat melindungi kulitmu dari sinar UVA dan UVB, serta aman digunakan pada bayi dan ibu hamil. Sunscreen jenis ini juga langsung aktif bekerja melindungi kulit setelah diaplikasikan pada kulit. Meskipun meninggalkan whitecast pada kulit, namun tidak menyumbat pori-pori.

Sedangkan chemical sunscreen memiliki tekstur yang ringan dan mudah menyerap di kulit. Sunscreen jenis ini tidak meninggalkan whitecast, namun rentan menyumbat pori yang dapat menyebabkan masalah kulit seperti minyak berlebih, jerawat, hingga komedo.

Untuk jenis sunscreen hybrid, memiliki perpaduan antara chemical sunscreen dan physical sunscreen.

2. Pilih Sesuai Jenis Kulit

Gunakanlah sunscreen yang sesuai tipe kulitmu. Pemilik kulit kering sebaiknya menggunakan sunscreen dengan tekstur krim dan melembapkan.

Sementara pemilik kulit berminyak bisa memilih sunscreen dengan bahan ringan dan cepat menyerap. Bagi pemilik kulit sensitif disarankan memilih sunscreen yang sesuai dengan jenis kulitnya.

3. Pilih Tekstur

Tips memilih sunscreen selanjutnya yakni sesuaikanlah tekstur dengan kenyamanan kamu sebagai penggunanya. Saat ini ada beberapa tekstur sunscreen yang bisa kamu jumpai di pasaran seperti sunscreen lotion, gel, semprot bahkan tabur.

4. Cek Kandungan SPF dan PA

Gunakan sunscreen dengan SPF 30 untuk penggunaan di dalam ruangan dan SPF 30 ke atas untuk penggunaan di luar ruangan. Kamu juga wajib melakukan re-apply setelah 2 jam. Hal ini diutamakan terlebih ketika berkeringat atau berenang.

Selain itu, pilihlah sunscreen dengan PA yang tingkatnya atau plus ‘+’ nya sebanyak tiga ke atas. Biasanya terdapat tulisan PA+++ pada kemasan produknya.

5. Non-Comedogenic

Produk sunscreen dengan label oil-free dan non-comedogenic sangat cocok digunakan untuk aktivitas harian kamu. Produk sunscreen dengan label ini dapat mencegah munculnya komedo dan minyak berlebih pasca penggunaannya. Jadi, kamu tidak perlu khawatir akan munculnya komedo akibat penggunaan sunscreen.

6. Bedakan Penggunaan Wajah dan Badan

Tips memilih sunscreen yang terakhir adalah memperhatikan peruntukan produk tersebut. Sunscreen ada yang ditetapkan untuk wajah dan ada pula yang untuk tubuh. Ingat, jangan sampai salah menggunakannya, ya. Meskipun sama-sama berfungsi untuk melindungi kulit dari sinar UV, namun kandungan di dalamnya berbeda.

Hindari penggunaan sunscreen badan untuk wajah karena kandungan didalamnya berbeda dan dapat mengiritasi kulit wajah. Sunscreen untuk badan pada umumnya lebih banyak kandungannya dan teksturnya lebih pekat sehingga kurang tepat dioleskan ke wajah.

Itulah beberapa tips memilih sunscreen yang tepat agar kamu mendapatkan proteksi kulit yang maksimal. Bukan hanya mendapatkan perlindungan, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dari produk sunscreen, loh.

Hanya dengan mendaftarkan diri sebagai reseller atau dropshipper melalui aplikasi RAENA, kamu bisa menambahkan pundi-pundi penghasilan. Selain bisa menikmati akses ke 350+ brand kecantikan ternama, kamu juga bisa akan mendapatkan harga grosir sehingga untung jual yang kamu terima menjadi jauh lebih banyak. Bukan hanya itu saja, menjadi reseller kecantikan bersama RAENA itu gratis dan tanpa admin fee. Yuk, gabung sekarang!

September 29, 2023

App Download Banner

Yuk, belanja di RAENA dan kembangkan
bisnis bersama!

Kami yakin ini akan membantu
bisnismu berkembang pesat.

Leave A Comment