Jangan Terbalik, Ini 8 Urutan Hair Care yang Tepat Agar Rambut Sehat Berkilau

Kamu pernah punya pengalaman rambut rusak karena urutan hair care yang salah? Biasanya orang membersihkan rambut dengan cara langsung keramas, padahal cara ini kurang tepat, loh.

Layaknya perawatan wajah, perawatan rambut juga memiliki urutan tersendiri. Urutan hair care yang tepat bermanfaat untuk menghasilkan rambut yang lembut, mudah diatur, bervolume, dan tidak mudah rontok. Sebenarnya, shampo tidak cukup untuk merawat rambut. Meskipun banyak kandungan nutrisi pada shampo yang diformulasikan untuk merawat rambut, tetapi fungsi utama shampo adalah membersihkan rambut dan kulit kepala dari berbagai kotoran akibat aktivitas sehari-hari. 

Lalu, bagaimana urutan hair care routine yang tepat? Berikut ini adalah urutan perawatan rambut yang bisa kamu terapkan sehari-hari.

Urutan Hair Care Routine Agar Rambut Kamu Sehat Berkilau

1. Gunakan Hair Oil

Urutan hair care pertama yang bisa kamu lakukan yaitu mengoleskan hair oil (minyak rambut) sebelum keramas. Hair oil dapat menjaga kelembaban rambut, meningkatkan sirkulasi darah, merangsang pertumbuhan rambut, dan memperkuat akar rambut. Kamu bisa menggunakan hair oil minimal dua minggu sekali sebelum keramas. 

2. Bersihkan Rambut dengan Shampo

Setelah memakai hair oil, bersihkanlah rambut dengan keramas menggunakan shampo. Keramas mampu membersihkan kulit kepala dan seluruh bagian rambut dari kotoran-kotoran yang menempel setelah aktivitas seharian. Pastikan kamu memilih shampo dengan kandungan keratin di dalamnya agar rambut tidak mengembang, lurus, dan mudah diatur. 

3. Lanjutkan dengan Hair Mask

Setelah membilas rambut dengan bersih, diamkan hingga agak kering. Lalu, oleskan hair mask dari tengah sampai ujung rambut pada urutan hair care selanjutnya. Mengapa hair mask diaplikasikan setelah keramas? Sebab, pada fase ini folikel rambut masih terbuka. Kamu dapat memanfaatkan kondisi ini untuk menutrisi rambut dengan hair mask sehingga masker bisa meresap sampai ke dalam rambut. Hair mask sangat bermanfaat untuk mengatasi rambut rontok dan rusak.

4. Aplikasikan Conditioner


Setelah mengaplikasikan hair mask, urutan hair care selanjutnya adalah menggunakan kondisioner. Oleskan kondisioner secara merata sesuai volume rambut kamu. Sisir dengan jari tangan agar kondisioner merata di seluruh permukaan rambut. Penggunaan kondisioner sangat direkomendasikan bagi kamu yang memiliki rambut kering karena kondisioner berfungsi untuk melembapkan rambut.

5. Hair Serum

Selanjutnya jangan lupa tambahkan hair serum dalam urutan hair care yang kamu terapkan. Caranya, teteskan hair serum pada rambut dan kulit kepala. Diamkan sebentar sampai hair serum meresap. Kandungan hair serum dapat mencegah rambut dari kerusakan akibat paparan sinar matahari, polusi, atau styling rambut. Hair serum juga mampu mengganti protein dalam rambut yang hilang.

6. Hair Tonic dan Vitamin

Hair tonic dan hair vitamin juga perlu kamu terapkan dalam urutan hair care routine. Kedua produk ini diformulasikan untuk merawat kulit kepala. Pemakaian hair tonic ini sangat cocok bagi kamu yang memiliki permasalahan rambut, salah satunya adalah rambut rontok. Sedangkan hair vitamin berfungsi untuk melindungi rambut dari berbagai masalah, seperti rambut kering, rambut rontok, rambut rusak karena bahan kimia, atau rambut bercabang.

7. Hair Mist

Memasukkan hair mist dalam urutan hair care, cocok banget buat kamu yang ingin menjaga rambut agar tetap wangi. Selain membuat rambut harum dan mudah diatur, hair mist juga memiliki segudang nutrisi yang diformulasikan untuk melembapkan rambut.

8. Creambath

Urutan hair care yang terakhir adalah creambath. Tapi, jangan lakukan perawatan ini terlalu sering, ya. Kamu bisa melakukannya sebulan sekali agar rambut tidak rapuh atau rontok. Selain memberikan nutrisi, creambath juga dapat melancarkan peredaran darah dan memberikan efek relaksasi.

Itulah delapan urutan hair care yang bisa kamu lakukan untuk mendapatkan rambut yang sehat. Kamu dapat menemukan beragam produk hair care melalui aplikasi RAENA.

Selain mendapatkan rambut yang sehat dan berkilau, kamu juga bisa mendapatkan penghasilan tambahan dengan menjadi reseller atau dropshipper. Daftarkan diri kamu sebagai reseller kecantikan sekarang, kamu bisa mengakses 350+ brand kecantikan populer, menikmati harga grosir dan gratis ongkir, hingga margin tinggi. Yuk, daftar sekarang!

October 6, 2023

App Download Banner

Yuk, belanja di RAENA dan kembangkan
bisnis bersama!

Kami yakin ini akan membantu
bisnismu berkembang pesat.

Leave A Comment