Jangan Salah! Begini 5 Cara Eksfoliasi Wajah yang Tepat

Belakangan ini eksfoliasi wajah mulai dilakukan oleh banyak perempuan. Eksfoliasi wajah adalah proses pengangkatan sel kulit mati yang menumpuk di permukaan kulit. Jika sel kulit mati yang menumpuk ini dibiarkan begitu saja maka akan membuat kulit menjadi lebih kusam, kasar, dan berjerawat. Untuk mendapatkan hasil yang maksimal kamu perlu mengetahui cara eksfoliasi wajah yang tepat. Sebab proses perawatan wajah yang satu ini juga berpotensi menimbulkan iritasi kulit.

Cara Eksfoliasi Wajah yang Tepat dan Aman

1. Sesuaikan dengan kondisi kulit

Cara eksfoliasi wajah yang pertama dan tidak boleh kamu abaikan yaitu perhatikan jenis dan kondisi kulitmu. Apakah kulitmu termasuk dalam tipe kering, normal, berminyak, atau bahkan sensitif.

Hal ini perlu perhatikan sebab produk eksfoliasi didesain sesuai dengan kondisi kulit. Selain itu juga untuk meminimalisir terjadinya iritasi akibat proses eksfoliasi yang salah.

 

2. Pilih produk eksfoliasi yang tepat

Setelah mengetahui jenis kulit, pilihlah produk eksfoliasi yang diperuntukan untuk jenis kulit kamu. Misalnya bagi kamu yang memiliki kulit kering dan sensitif disarankan untuk memilih produk eksfoliasi yang bertekstur lembut, ringan dan tanpa scrub. Sedangkan cara eksfoliasi wajah untuk kulit berminyak dapat dilakukan dengan alat eksfoliator atau produk yang mengandung scrub.

 

3. Lakukan dengan perlahan

Apapun jenis kulit yang dimiliki, saat melakukan eksfoliasi kamu dianjurkan untuk melakukan gerakan memutar secara perlahan selama 30 detik. Ini berguna untuk meminimalisir timbulnya iritasi kulit, khususnya bagi kamu yang melakukan eksfoliasi menggunakan scrub.

 

4. Gunakan pelembap

Eksfoliasi wajah juga bisa membuat kulit menjadi lebih kering dari biasanya. Oleh karena itu setelah melakukan eksfoliasi, sangat disarankan untuk menggunakan hydrating toner dan moisturizer agar kulit tetap terhidrasi.

 

5. Rutin tetapi jangan terlalu sering

Penting untuk diingat bahwa kamu tidak disarankan untuk melakukan eksfoliasi terlalu sering. Bagi kamu pemilik kulit kering dan sensitif, lakukanlah eksfoliasi 1-2 kali dalam seminggu. Sedangkan untuk pemilik kulit berminyak kamu dapat melakukannya maksimal 3 kali dalam satu minggu.

Itulah penjelasan singkat tentang cara eksfoliasi wajah yang tepat dan aman di rumah. Kunci hasil eksfoliasi yang optimal adalah pada produk eksfoliasi yang cocok dengan jenis kulitmu. So, selamat mencoba!

November 8, 2022

App Download Banner

Yuk, belanja di RAENA dan kembangkan
bisnis bersama!

Kami yakin ini akan membantu
bisnismu berkembang pesat.

Leave A Comment