Analisa Kulit

Mulai Analisa Kulit

Ini 7 Kandungan Skincare yang Boleh Dipakai Bersamaan

blog
Sebelum kamu memakai skincare, penting untuk memperhatikan kandungan apa yang ada di dalam produk tersebut. Karena ada kandungan skincare yang boleh dipakai bersamaan dan ada juga yang tidak. Ada beberapa kandungan yang jika dikombinasikan akan memberikan hasil terbaik untuk kulit wajah. Penasaran apa saja kandungan apa saja yang boleh dikombinasikan? Cari tahu jawabannya di penjelasan berikut ini ya!

Kandungan Skincare yang Boleh Dipakai Bersamaan

Nah, berikut ini merupakan kombinasi kandungan skincare yang aman untuk kamu kombinasikan di dalam skincare routine kamu setiap harinya agar memperoleh wajah yang glowing!

1. Niacinamide dan Retinol

Niacinamide dan retinol adalah kombinasi kandungan skincare yang boleh dipakai bersamaan. Karena, kandungan niacinamide mampu mencegah efek samping yang ditimbulkan dari pemakaian retinol, diantaranya yaitu iritasi, kemerahan, dan kulit kering mengelupas. Bukan hanya itu, kombinasi keduanya efektif untuk mengatasi timbulkan bercak kecoklatan di kulit yang disebabkan oleh hiperpigmentasi, mengurangi tanda penuaan, hingga mampu mengatasi masalah jerawat.

2. Hyaluronic Acid dan Retinol

Kombinasi kandungan skincare yang boleh dipakai bersamaan selanjutnya yaitu hyaluronic acid dan retinol. Dengan mengkombinasikan kedua kandungan ini dalam skincare routine, kamu akan mendapatkan hasil yang bagus. Karena retinol bagus untuk mengencangkan pori-pori kulit, menghilangkan kulit mati serta mengurangi produksi minyak di wajah. Sedangkan hyaluronic acid berfungsi untuk menghidrasi kulit yang kering akibat penggunaan retinol.

3. Salicylic Acid dan Niacinamide

Kandungan skincare yang boleh dipakai bersamaan selanjutnya yaitu salicylic acid dan niacinamide. Kandungan salicylic acid yang mampu mengatasi jerawat, komedo, mengurangi produksi minyak dan mengeksfoliasi ini terkadang dapat membuat kulit kering dan iritasi. Sehingga, fungsi niacinamide diperlukan disini untuk mencegah terjadinya iritasi kulit.

4. Vitamin C, Vitamin E & SPF

Kombinasi antara vitamin C dan vitamin E akan memberikan hasil yang optimal untuk kulit wajah. Bukan hanya itu, vitamin C dan SPF juga akan bekerja dengan optimal apalagi saat kamu mengaplikasikannya di pagi hari. SPF akan berfungsi untuk melindungi kerja vitamin C dari paparan sinar matahari.

5. Ferulic Acid dan Vitamin C

Ferulic acid atau asam ferulat dan vitamin C termasuk ke dalam kandungan skincare yang boleh dipakai bersamaan. Gabungan kedua kandungan skincare ini mampu mencegah serta memperbaiki kulit yang rusak karena paparan sinar UV, loh! Selain itu, dengan mengkombinasikan keduanya, kamu dapat mengurangi munculnya tanda penuaan dini hingga mengurangi resiko terkena kanker kulit.

6. Retinol dan Peptida

Kombinasi skincare yang selanjutnya yaitu retinol dan peptida. Waktu yang direkomendasikan untuk mengaplikasikan keduanya yaitu sebelum tidur di malam hari. Karena, kamu akan memperoleh efek pembentukan kolagen yang berasal dari retinol dan peptida yang memberi efek mengencangkan kulit pada kulit wajah. Kamu juga sebaiknya mengaplikasikan retinol terlebih dahulu kemudian melapisinya dengan skincare yang mengandung peptida di dalamnya untuk mencegah efek samping iritasi dari penggunaan retinol.

7. Glycerin dan AHA

Yang terakhir, glycerin dan AHA merupakan kandungan skincare yang boleh dipakai bersamaan. Kandungan AHA yang ada di dalam produk skincare berfungsi untuk mencerahkan dan meremajakan kulit wajah. Namun, terkadang kandungan ini dapat membuat kulit menjadi kering dan iritasi. Terlebih jika diaplikasikan bersama dengan kandungan lain seperti glycolic acid dan salicylic acid. Nah, disinilah fungsi kandungan glycerin akan bekerja untuk menjadi pelembab pada kulit sehingga kerja AHA akan menjadi lebih efektif dan aman untuk digunakan. Saat kamu mengkombinasikan beberapa produk skincare pada rutinitas kamu, hal tersebut tentu tidak bisa dilakukan secara sembarangan. Karena jika saya layering, bisa saja kamu akan memperburuk masalah kulit wajah atau bahkan menyebabkan masalah kulit yang baru seperti breakout. Jadi, dengan memastikan kandungan apa saja yang boleh di layer, kamu akan mendapatkan hasil yang lebih baik dan mendapatkan manfaat yang optimal nantinya! Atau jika ingin memastikan lagi, kamu bisa berkonsultasi dengan dokter kulit untuk mengetahui jenis kulit kamu dan skincare apa yang tepat. Nah, itu dia sedikit penjelasan mengenai skincare yang bisa dipakai bersamaan. Semoga bermanfaat!