Ini 7 Cara Promosi Produk Baru yang Wajib Dicoba

Selain untuk meningkatkan ibadah, Ramadan juga dinantikan para pelaku usaha untuk meningkatkan penjualan. Banyak seller yang masih bingung bagaimana cara promosi produk baru. Sebab di bulan ini antusias masyarakat untuk berbelanja cukup tinggi. Termasuk para pecinta produk kecantikan seperti skincare dan makeup. Memang butuh beberapa trik dan cara yang tepat agar omzet toko meningkat, apalagi jika kamu masih pemula. Salah satu hal yang wajib kamu ketahui ialah cara promosi produk baru.

Promosi produk membuat konsumen jadi lebih tertarik untuk mengetahui dan mencoba produk yang kamu tawarkan dibanding milik kompetitor atau pesaing. Cara promosi produk baru memang susah-susah gampang. Nah, untuk mengetahui bagaimana cara mempromosikan produk baru agar cepat laris, simak terus artikel ini, ya.

Bagaimana Cara Promosi Produk Baru yang Efektif?

1. Buat produk bundling 

Jika kamu sering melihat penjual lain menjual produk dalam bentuk paket, inilah yang disebut produk bundling. Misal, kamu menjual produk micellar water dan facial wash dari brand yang sama di tokomu, kamu bisa menjual kedua produk ini dalam satu paket (bundle).

Mungkin tidak hanya satu atau dua orang saja yang menerapkan cara ini, tapi tidak ada salahnya kamu mencoba, apalagi kalau kamu jualan di marketplace. Cara promosi produk baru dengan metode sangat umum digunakan.

2. Beri batas waktu

Untuk meningkatkan urgensi, kamu juga bisa memberikan batas waktu promo. Durasi promo bisa beragam, baik mingguan, harian, atau bahkan hanya beberapa jam seperti flash sale.

Selain batas waktu, kamu juga bisa memberikan batas jumlah pembeli yang bisa mendapatkan promo. Maka, para pelanggan pun akan berlomba-lomba untuk mendapatkan produk tersebut.

3. Manfaatkan platform online

Cara promosi produk baru selanjutnya adalah dengan memanfaatkan berbagai platform online seperti email marketing, push notification, Whatsapp, dan media sosial untuk meningkatkan jangkauan promomu.

Dengan cara ini, semakin banyak orang yang mengetahui promo di tokomu. Tidak hanya meningkatkan penjualan, cara ini juga cukup efektif untuk meningkatkan brand awareness.

Baca Juga: Skincare yang Kasih Untung Jual 50Ribu per Produk

4. Adakan kuis (giveaway)

Cara promosi produk baru lainnya yang bisa kamu coba, yakni dengan mengadakan kuis berhadiah. Misalnya, meminta peserta kuis untuk membagikan postingan produk terbaru kamu di media sosial sehingga akan ada lebih banyak audiens yang mengetahui produk dari tokomu.

Bagikanlah kuis berhadiah ini ke seluruh platform yang kamu gunakan untuk promosi. Jadi, akan ada banyak orang yang menjadi peserta kuis. Brand awareness bisnis kamu pun bisa meningkat. 

5. Kerjasama dengan Influencer

Cara promosi produk baru yang belakangan ini cukup sering dijumpai yaitu bekerjasama dengan influencer melalui endorsement atau paid promote. Kamu bisa memilih yang sesuai dengan kebutuhan dan budget promosi. Pastikan kamu memilih influencer dengan followers yang sesuai dengan target audiens milikmu. Jangan sampai salah pilih, ya.

6. Bagikan testimonial

Membagikan testimonial pelanggan ternyata masih menjadi cara promosi produk baru yang ampuh. Cara ini bertujuan untuk memicu datangnya pelanggan. Kamu bisa meminta para pelanggan untuk menuliskan review produk. Kemudian, kamu bisa mengumpulkan ulasan produk tersebut dan mengunggahnya sebagai konten, baik di media sosial atau platform lainnya.

7. Gunakan iklan berbayar

Kamu juga bisa mencoba iklan berbayar sebagai salah satu cara mempromosikan produk baru. Saat ini sudah ada banyak sekali jenis iklan berbayar yang potensial untuk meningkatkan penjualan. Kamu juga bisa menggunakan iklan berbayar di media sosial. 

Pilihlah jenis iklan yang sesuai dengan kebutuhan dan biaya iklan yang sesuai kemampuan kamu. Melalui cara ini produk yang kamu tawarkan bisa menjangkau ke lebih banyak pelanggan. Maka, semakin banyak juga orang yang mengetahui produk yang kamu jual.

Itulah delapan cara promosi produk baru yang bisa kamu coba. Kamu juga bisa menggunakan aplikasi RAENA untuk mendapatkan skincare, makeup, dan produk kecantikan terbaru lainnya untuk kebutuhan toko. Lewat RAENA, kamu bisa mengakses lebih dari 250 brand kecantikan ternama dengan 2.500 produk pilihan yang sudah pasti asli dan bersertifikasi BPOM. Yuk, belanja sekarang!

March 31, 2023

App Download Banner

Yuk, belanja di RAENA dan kembangkan
bisnis bersama!

Kami yakin ini akan membantu
bisnismu berkembang pesat.

Leave A Comment