Analisa Kulit

Mulai Analisa Kulit

Urutan Memakai Skincare Malam Biar Kulit Tetap Sehat

blog
Tau nggak sih, memakai skincare pada malam hari ternyata urutannya berbeda dengan pemakaian skincare pagi. Langkah-langkah atau urutan skincare malam dapat dimulai dari menggunakan cleanser, eksfoliasi, double cleansing, toner, sheet mask, serum & essence, eye cream dan diakhiri night cream. Meski tidak terlalu jauh berbeda dengan penggunaan skincare pagi hari, urutan pemakaian skincare malam hari tetap perlu kamu perhatikan untuk menjaga kesehatan kulit dan mencegah penuaan dini. Untuk lebih jelasnya, baca artikel ini samapai akhir, yuk.

Urutan Penggunaan Skincare Malam Hari

Untuk mendapatkan kulit yang bersih dan cerah, yuk ikuti urutan memakai skincare malam di bawah ini!

1. Gunakan Cleanser

Setelah seharian beraktivitas, pastinya banyak debu dan kotoran yang menempel pada wajah. Bahkan saat kamu beraktivitas di dalam ruangan sekalipun.

Untuk mengangkat debu dan kotoran tersebut, langkah pertama pada urutan memakai skincare malam adalah menggunakan cleanser. Bersihkanlah wajahmu menggunakan micellar cleansing water sebelum masuk ke urutan selanjutnya. Bagi yang menggunakan makeup saat beraktivitas, gunakanlah makeup remover untuk menghapus makeup, debu, dan kotoran pada wajah.

2. Lakukan Eksfoliasi

Tujuan melakukan eksfoliasi adalah untuk mengangkat sel kulit mati sekaligus membersihkan kotoran yang masih tersisa dari proses sebelumnya. Tahap ini juga akan mempermudah sabun pembersih untuk menembus lapisan kulit sehingga cuci muka menjadi lebih efektif.

Eksfoliasi memang masuk dalam urutan pemakaian skincare malam hari, namun tidak perlu dilakukan setiap hari. Kamu cukup melakukannya seminggu sekali saja. Bagi kamu yang memiliki kulit kering apalagi sensitif, eksfoliasi cukup dilakukan sebulan dua kali.

3. Double Cleansing

Untuk memastikan wajah benar-benar bersih, kamu perlu melakukan double cleansing dengan mengaplikasikan facial wash. Gunakanlah sabun wajah yang sesuai dengan jenis kulit kamu agar lebih maksimal.

Jangan lupa, perhatikan juga suhu air yang kamu gunakan, ya. Basuhlah wajah dengan air bersuhu suam-suam kuku. Air yang terlalu panas akan membuat kulit semakin kering, sedangkan air yang terlalu dingin bisa menutup pori-pori sehingga kotoran tidak terangkat sempurna.

4. Toner

Setelah mencuci muka, urutan pemakaian skincare malam hari selanjutnya yang harus kamu lakukan adalah menggunakan toner wajah.

Toner adalah produk berbahan dasar air yang mengandung bahan aktif untuk mengatasi masalah kulit tertentu. Fungsinya beragam, seperti menghaluskan permukaan kulit, melembapkan, hingga mengurangi noda dan kemerahan di wajah.

5. Sheet Mask

Penggunaan masker wajah sebenarnya tidak wajib dilakukan dalam rangkaian skincare malam. Namun, jika kamu berencana menambahkan penggunaan masker pada urutan skincare malam, maka waktu yang terbaik untuk menggunakannya adalah saat setelah penggunaan toner.

6. Serum dan Essence

Sebenarnya, serum dan essence mempunyai fungsi yang hampir sama. Akan tetapi, serum mempunyai konsentrasi bahan aktif yang jauh lebih tinggi dibandingkan essence.

Kamu bisa memilih salah satunya atau menggunakan keduanya sekaligus. Jika ingin menggunakan keduanya, pakai essence terlebih dulu kemudian dilanjutkan dengan serum.

7. Eye Cream

Memasukkan krim mata ke dalam urutan memakai skincare malam adalah salah satu cara sederhana untuk membuat wajah awet muda, loh. Sebab, produk ini efektif melindungi dan melembabkan kulit sekitar mata seperti membantu mengatasi kerutan di area mata, menghilangkan kantung mata serta mata panda saat kamu bangun di keesokan harinya.

8. Night Cream

Jika di pagi hari kamu menggunakan moisturizer, pada skincare malam biasanya night cream yang berperan untuk membantu melembapkan kulit. Berbeda dengan day cream, night cream mempunyai fungsi dan kandungan yang lebih khusus, seperti melembabkan kulit, memudarkan noda hitam di wajah, dan menyamarkan garis-garis halus. Itulah step memakai skincare malam yang bisa kamu lakukan di rumah untuk mendapatkan kulit wajah yang sehat, cerah, dan senantiasa lembab. Semoga bermanfaat!