Analisa Kulit

Mulai Analisa Kulit

Ingin Menjadi Reseller Kosmetik? Ini 7 Langkah yang Perlu Diperhatikan

blog
Akhir-akhir ini, besarnya jumlah permintaan terhadap kosmetik semakin tinggi karena kosmetik sudah menjadi kebutuhan primer yang diminati banyak orang. Karena pasar kosmetik yang semakin pesat, hal ini menjadi salah satu peluang bagi masyarakat untuk memulai bisnis baru. Yup, berbisnis produk kosmetik menjadi pilihan banyak orang yang baru membuka bisnis. Nah, jika kamu merupakan salah satu orang yang tertarik dengan pasar bisnis di bidang kosmetik, menjadi reseller bisa menjadi batu loncatan untuk memulai berbisnis loh! Yuk simak penjelasan lebih jelas mengenai reseller kosmetik di bawah ini.

Sebenarnya Apa Itu Reseller?

Sebelum memilih untuk menjadi reseller kosmetik, kamu perlu mengetahui terlebih dahulu apa itu reseller. Menjadi reseller artinya kamu membeli barang dalam jumlah besar dari produsen yang nantinya akan dijual kembali untuk mendapatkan untung. Biasanya, reseller akan menaikkan harga produk yang ingin dijual ulang untuk mendapatkan keuntungan dari setiap transaksi.

Ketahui Langkah-langkah Menjadi Reseller Kosmetik Berikut Ini

Setelah mengetahui penjelasan singkat mengenai reseller, kamu pasti penasaran bagaimana cara untuk menjadi reseller. Ada beberapa langkah yang perlu kamu perhatikan agar bisnis reseller kecantikan kamu menguntungkan dan laris pembeli. Berikut ini diantaranya:

1. Jangan Sampai Ketinggalan Update Tren Kecantikan!

Tetap update dengan tren kecantikan yang sedang populer di masyarakat sekitar adalah langkah pertama agar bisnis reseller ramai pembeli. Dengan memperhatikan dan memahami produk kosmetik yang dipasarkan tentu dapat memberikan pengaruh besar untuk bisnis kamu nantinya. Karena dengan mengamati perkembangan tren kecantikan, kamu tidak akan asal jual produk kosmetik. Kamu bisa melakukan riset dari media sosial atau forum diskusi seputar kosmetik dan tren apa yang sedang populer akhir-akhir ini. Sebagai contoh, kamu bisa melihat di media sosial para beauty influencer dan mencari tahu produk apa yang banyak direkomendasikan oleh mereka dan memanfaatkan peluang tersebut untuk menjual produk kosmetik tersebut.

2. Buat Perencanaan Bisnis yang Baik

Jika kamu sudah tahu apa saja produk kosmetik yang sedang populer di kalangan masyarakat, hal selanjutnya yang perlu kamu lakukan yaitu membuat perencanaan bisnis yang baik. Dengan memiliki perencanaan ini, bisnis yang sedang kamu jalani akan menjadi terarah, khususnya dari segi promosi produk yang akan dijual.

3. Pilihlah Supplier Kosmetik yang Tepat

Langkah selanjutnya untuk menjadi reseller kosmetik yaitu dengan memilih supplier kosmetik yang tepat sebagai tempat kamu mendapatkan produk nantinya. Ketika menjadi reseller kosmetik, kamu tidak bisa menyetok barang sesuai dengan keinginanmu karena itu merupakan tugas supplier. Kamu perlu memastikan bahwa supplier yang kamu pilih adalah supplier yang profesional dan terpercaya dalam bidang kosmetik. Jadi, ketika ada masalah dalam penjualan, kamu dan supplier bisa bekerja sama untuk menyelesaikan masalah tersebut. Selain itu, pastikan juga supplier yang kamu pilih menyediakan produk kosmetik yang berkualitas dan original ya! Hal ini sangat penting agar pembeli tidak akan kecewa karena produk yang diterima tidak sesuai dengan ekspektasi dan bahkan tidak original.

4. Tentukan Harga yang Kompetitif

Menentukan harga yang kompetitif merupakan bagian penting yang perlu kamu perhatikan saat menjadi reseller kosmetik. Dengan menentukan harga yang terjangkau, kamu dapat menarik pembeli nantinya. Kamu bisa menawarkan potongan harga pada waktu-waktu tertentu sehingga calon pembeli akan tertarik untuk membeli produk kosmetik di tokomu, atau bahkan menjadi pelanggan setia.

5. Lakukan Promosi yang Menarik

Untuk mencapai lebih banyak target konsumen, yang perlu kamu lakukan selanjutnya yaitu melakukan promosi yang menarik. Kamu bisa memilih marketplace atau media sosial untuk mempromosikan toko kosmetik kamu. Dengan menaruh iklan di media sosial hingga membuat konten menarik, minat calon pembeli akan semakin tinggi sehingga banyak pelanggan yang mengunjungi media sosial tokomu untuk membeli produk kosmetik.

6. Mendesain Toko Menjadi Menarik

Yup, kamu perlu memiliki desain toko yang bagus agar pembeli tertarik. Apa saja sih yang perlu diperhatikan agar sosial media kamu terlihat menarik di mata pembeli? Nah, perhatikan konten yang kamu posting ke media sosial dan logo toko, ya. Logo yang terlihat profesional dan elegan akan terlihat menarik, jadi kamu bisa mendesain logo yang menggambarkan toko kamu. Pilihlah logo yang simple sehingga para calon pembeli mudah mengingatnya. Selain itu, konten produk yang diposting di media sosial atau marketplace. Usahakan untuk menggunakan hasil foto yang berkualitas agar calon pembeli bisa melihat dengan jelas produk yang akan dibeli. Kamu juga bisa memperhatikan marketplace kosmetik lain di media sosial sebagai referensi untuk konten produk.

7. Berikan Pelayanan Terbaik untuk Pembeli

Yang terakhir, saat menjadi reseller kosmetik, memberikan pelayanan terbaik adalah bagian penting yang wajib dilakukan. Perlu diingat bahwa kenyamanan yang kamu ciptakan akan menjadi kunci awal kelancaran dan kesuksesan sebuah bisnis. Jadi, hal ini dapat mempengaruhi feedback dari pembeli yang sudah membeli produk kosmetik di tokomu nantinya. Jika impression dan feedback pembeli terhadap toko kosmetik kamu baik, bisa saja mereka akan menjadi pembeli setia toko kamu atau bahkan merekomendasikan kepada orang lain untuk membeli produk di tokomu. Itu dia 7 cara yang perlu kamu perhatikan jika ingin menjadi reseller kosmetik. Bagaimana? Apakah kamu semakin tertarik untuk menjadi reseller? Apabila kamu seorang pemula dalam bisnis reseller kosmetik, kamu bisa mengikuti pelatihan di bimbel RAENA agar bisa mendapatkan skill baru dalam berbisnis. Kamu juga bisa menjadi dropshipper atau reseller produk kecantikan bersama RAENA dan mendapatkan untung jual hingga Rp100.000 per produk. Yuk, download sekarang!