Analisa Kulit

Mulai Analisa Kulit

Mau Mulai Bisnis? Kenali 5 Jenis Wirausaha Ini Dulu

blog

Di zaman dengan perkembangan bisnis dan jenis wirausaha yang pesat saat ini, rasanya bukan hal sulit jika kamu ingin memiliki usaha sendiri. Jika kamu memiliki modal serta ide yang kreatif dan inovatif, kamu bisa memulai wirausaha. Namun, sebelum terjun lebih dalam, kamu juga perlu mengetahui bahwa jenis wirausaha itu banyak sekali.

Apa Saja Jenis Wirausaha?

Untuk memudahkan kamu menentukan jenis wirausaha apa yang akan kamu tekuni, berikut ini adalah beberapa jenis wirausaha yang umum digeluti di Indonesia.

1. Wirausaha Kecil

Umumnya bisnis yang baru dirintis adalah bisnis kecil. Namun, yang dimaksud dari jenis wirausaha kecil di sini adalah dimana para pelakunya kemungkinan besar menggunakan keuntungannya untuk memenuhi kebutuhan hidup mereka.

Para pelaku wirausaha kecil ini biasanya mempekerjakan karyawan lokal dan juga anggota keluarga mereka. Contoh dari wirausaha kecil adalah, tukang servis elektronik, toko kelontong, salon, dan laundry.

2. Wirausaha Sosial

Wirausaha sosial adalah jenis wirausaha yang dilakukan oleh orang yang ingin membantu memecahkan masalah sosial dengan produk atau jasa yang dijual. Pelaku usaha sosial tidak bekerja untuk mendapatkan keuntungan atau kekayaan. Tujuan mereka melakukan usaha ini adalah untuk memperbaiki keadaan sosial di sekitar mereka.

3. Wirausaha Inovatif

Jika kamu suka memikirkan ide-ide kreatif out of the box, hal ini bisa menjadi pertimbanganmu untuk memulai bisnis sendiri. Pelaku wirausaha ini akan mengambil ide yang ada lalu mengembangkannya menjadi sebuah bisnis yang menghasilkan keuntungan. Dengan ide yang inovatif, mereka akan membuat produk atau layanan yang lebih menonjol dari yang ada sekarang untuk bersaing dengan para pebisnis lainnya. Bill Gates dan Steve Jobs termasuk orang yang melakukan jenis wirausaha ini.

4. Wirausaha Retail

Kamu pasti sudah tidak asing dengan kata retail. Yap, belakangan ini para pelaku wirausaha retail memang meningkat. Sebab, usaha ini memiliki tingkat resiko relatif kecil karena persaingannya hanya antar penjual.

Orang yang menjalankan usaha ini biasanya disebut pengecer. Biasanya, pengecer membeli barang dari supplier dalam jumlah besar agar mendapatkan harga murah. Lalu, ia akan menjualnya kembali ke pembeli dengan jumlah yang lebih kecil. Pengecer akan mendapatkan keuntungan dari hasil penjualan produk tersebut. Misalnya, toko obat, minimarket, dan toserba.

5. Wirausaha Kreatif

Belakang, wirausaha kreatif cukup populer dan banyak diminati. Pelaku usaha ini didominasi oleh anak muda yang mengandalkan kreativitas serta mampu memenuhi kebutuhan pasar. Copywriter, content writer, scriptwriter, dan fashion designer adalah beberapa contoh usaha yang masuk dalam jenis ini.

Itulah 5 jenis wirausaha yang perlu kamu ketahui sebelum memulai menjalankan usaha sendiri. Kamu juga bisa memulai usaha sendiri dengan menjadi reseller atau dropshipper produk kecantikan dan mendapatkan keuntungan hingga Rp100.000 per produk. Download RAENA sekarang!