Penting! 5 Urutan dan Cara Memakai Serum Wajah

Sebagai pengguna skincare, pasti kamu sudah tidak asing dengan cara memakai serum wajah. Serum adalah salah satu produk skincare yang berfungsi untuk mengatasi masalah tertentu di kulit wajah, misalnya seperti mengatasi kulit kering, garis halus di wajah, flek hitam, warna kulit yang tidak merata, hingga jerawat. Perlu diketahui bahwa setiap jenis serum mengandung bahan aktif yang berbeda dan memiliki fungsi yang berbeda juga. Jadi, agar mendapat manfaatnya, kamu harus mengaplikasikannya dengan benar. Bagaimana ya cara memakai serum wajah yang benar? Yuk simak ulasannya di bawah ini!

Perhatikan Cara Memakai Serum Wajah yang Benar Berikut Ini

Agar mendapatkan hasil yang maksimal dari pemakaian serum, kamu harus mengetahui cara-cara mengetahui serum wajah yang benar sehingga skincare routine kamu tidak dilakukan secara sia-sia. Ini dia beberapa caranya. 

1. Membersihkan Wajah hingga Bersih

Langkah pertama yang perlu kamu lakukan sebelum mempraktekan cara memakai serum wajah yaitu membersihkan wajah menggunakan facial wash terlebih dahulu yang sesuai dengan jenis kulit. Apabila kamu sedang menggunakan make up, jangan lupa juga untuk membersihkan sisa make up menggunakan make up remover

Setelah itu, pastikan kalau semua sisa kotoran, make up, serta minyak sudah terangkat dengan menggunakan facial wash, ya. Jika dirasa wajah sudah bersih, keringkan wajah menggunakan handuk yang lembut dengan cara menepuk-nepuk wajah secara perlahan. 

2. Aplikasikan Serum saat Wajah Masih Lembab 

Setelah selesai membersihkan muka, kamu bisa memakai beberapa tetes toner guna menghilangkan sisa kotoran yang mungkin saja masih menempel di wajah. Menggunakan toner merupakan salah satu langkah untuk melembabkan kulit sebelum memakai serum nanti. Cara memakai serum wajah pada tahap ini adalah dengan menunggu selama 1-2 menit sampai wajah terasa setengah lembab lalu teteskan serum. 

3. Gunakan 2-3 Tetes Serum

Cara memakai serum wajah yang tepat yaitu dengan meneteskan serum sebanyak 2-3 tetes seukuran kacang polong pada telapak tangan. Jika produk serum yang kamu gunakan berbentuk botol pipet, kamu bisa langsung meneteskan serum pada permukaan wajah seperti dahi dan kedua pipi. Kamu juga tidak disarankan untuk memakai serum dengan alat lain seperti kapas. 

4. Pijat Wajah hingga Serum Meresap

Setelah selesai mengaplikasikan serum ke permukaan kulit wajah, ratakan serum ke seluruh wajah, Kamu bisa memijat wajah secara perlahan dengan menggunakan jari tengah dan telunjuk dengan gerakan memutar ke atas. Selain itu, kamu juga bisa menepuk-nepuk wajah secara perlahan ke beberapa area wajah seperti pipi, dahi, dan dagu. Dengan cara ini, serum yang kamu aplikasikan akan menyerap dengan baik dan efektif. 

5. Diamkan Wajah Selama Beberapa Saat

Sebelum kamu lanjut menggunakan produk skincare yang lain setelah serum, sebaiknya diamkan wajah selama beberapa saat terlebih dahulu. Ini dilakukan agar serum menyerap dengan baik dan wajah tidak lengket lagi sebelum kamu layer dengan produk lain. Selain itu, kulit kamu juga akan terasa lebih kenyal setelah memakai serum. 

6. Layer dengan Produk Skincare yang Lain

Apabila serum telah terserap ke dalam kulit, barulah kamu boleh mengaplikasikan produk skincare yang lain seperti pelembab, eye cream, essence, krim malam, dan produk lainnya yang termasuk ke dalam step skincare routine kamu. 

Jika kamu menggunakan skincare pada pagi hari, jangan lupakan memakai sunscreen ya! Penting untuk memakai sunscreen guna melindungi kulit dari efek buruk paparan sinar matahari. Selain itu, produk skincare lain yang kamu gunakan juga akan bekerja dengan maksimal. 

Kapan Waktu yang Tepat untuk Memakai Serum Wajah? 

Untuk waktu pemakaian serum wajah sendiri, kamu bisa memakainya setiap hari saat pagi dan juga malam hari setelah membersihkan wajah dari kotoran serta menggunakan toner, ya! Nah, seperti yang sudah dijelaskan, kamu bisa melanjutkan pemakaian produk skincare yang lain setelah pemakaian serum menyerap ke kulit wajah.

Itu dia cara memakai serum wajah yang benar sehingga kamu bisa memperoleh manfaat yang optimal dari pemakaiannya. Penting untuk diingat, apabila saat pemakaian serum kamu merasakan gejala yang mengganggu pada kulit maka sebaiknya hentikan pemakaian. Kamu bisa melakukan konsultasi pada dokter kulit  untuk mengetahui masalah pada kulit sehingga dapat ditangani dengan tepat. Semoga bermanfaat!

November 8, 2022

App Download Banner

Yuk, belanja di RAENA dan kembangkan
bisnis bersama!

Kami yakin ini akan membantu
bisnismu berkembang pesat.

Leave A Comment