Analisa Kulit

Mulai Analisa Kulit

Kamu Wajib Tahu! Inilah Perbedaan Wiraswasta dan Wirausaha

blog

Sebagai calon pebisnis atau justru sudah berkecimpung dalam dunia bisnis, kamu wajib tahu perbedaan wiraswasta dan wirausaha. Meskipun kedua istilah sering didengar, tetapi masih banyak yang tidak mengetahui bahwa keduanya berbeda. Bahkan, sebagian orang mengira bahwa keduanya memiliki arti dan fungsi yang sama. Nah, supaya tidak salah lagi, yuk simak penjelasan lengkapnya.

Apa Perbedaan Wiraswasta dan Wirausaha?

  • Pengertian

Perlu kamu ketahui, perbedaan wiraswasta dan wirausaha yang pertama adalah dari pengertiannya. Wiraswasta ialah orang yang berani berpikir dan mengambil tindakan untuk membuka pekerjaan baru. Bisa juga diartikan sebagai orang yang bekerja atau berkarir secara mandiri dan tidak diatur oleh atasan. Wiraswasta biasanya adalah orang yang memiliki keberanian dalam menciptakan berbagai pekerjaan atau berkarir secara mandiri.

Sementara itu, wirausaha ialah orang yang menjalankan usaha dengan melakukan gebrakan baru melalui sebuah barang atau jasa dengan tujuan untuk memuaskan pelanggan. Wirausahawan umumnya adalah orang yang berani membuka bisnis sendiri, mengambil dan menanggung risiko dalam bisnis, dan tentu saja menikmati keuntungan dari bisnisnya.

 
  • Karakter

Selain dari pengertiannya, karakteristik wiraswasta dan wirausaha juga berbeda, loh. Dari segi jam kerja, wiraswasta memiliki waktu yang cukup fleksibel serta dapat disesuaikan dengan kebutuhan. Wiraswasta juga memiliki rasa percaya diri tinggi dan berani bertindak. Meskipun ia belum mempunyai keahlian yang harus dikuasai, seorang wiraswasta akan menganggap hal itu sebagai sebuah tantangan.

Lalu, bagaimana dengan karakter wirausahawan? Satu yang pasti, seorang wirausahawan memiliki jiwa kepemimpinan. Seorang wirausahawan juga terkenal dengan kreatif dan inovatif, terlebih saat sedang merancang suatu produk. Selain itu, wirausahawan juga terkenal dengan pantang menyerah dan pandai melihat peluang. Ia akan selalu berpikir bahwa masih banyak jalan menuju pintu kesuksesan.

  • Fokus Usaha

Perbedaan wiraswasta dan wirausaha juga terlihat dari fokus usahanya. Wiraswasta umumnya menjadikan usaha yang dijalankan sebagai usaha sampingan. Sedangkan wirausaha, ia rela mengorbankan tenaga dan waktu istirahatnya agar bisnis yang dimiliki bisa terus berkembang.

  • Status Kepemilikan Aset

Status kepemilikan aset wiraswasta dan wirausaha pun turut berbeda. Wiraswasta biasanya memiliki aset sendiri dan menjalankan bisnisnya dengan aset tersebut. Sedangkan wirausaha tidak memiliki aset sendiri sebab ia hanya terlibat pada kegiatan operasional.

Nah, setelah mengetahui berbagai perbedaan wiraswasta dan wirausaha, apakah kamu tertarik menjadi salah satunya? Apapun pilihanmu, pilihlah bidang usaha yang paling kamu sukai dan kuasai. Jangan lupa untuk mengelola keuangan dengan bijak agar bisnis yang kamu jalankan berjalan dengan lancar.