Pori-Pori Besar di Wajah? Ini 6 Penyebab Utamanya

Pori-pori merupakan salah satu bagian dari struktur kulit. Namun, pori-pori besar adalah salah satu permasalahan kulit yang rentan dialami oleh mereka yang tinggal di negara tropis seperti Indonesia.

Selain dapat mengganggu penampilan, pori-pori wajah yang membesar juga menyebabkan pengaplikasian makeup menjadi kurang sempurna. Lalu, apa yang menyebabkan pori-pori wajah bisa membesar?

Inilah 6 Penyebab Pori-Pori Besar di Wajah

1. Genetik

Penyebab pori-pori besar yang utama dan sulit kamu hindari adalah genetik atau keturunan. Jika kamu memiliki orangtua, tante, atau saudara yang memiliki jenis kulit berminyak, maka besar kemungkinan mereka memiliki pori-pori yang besar juga. 

2. Pori-pori tersumbat

Umumnya, penyumbatan pori-pori terjadi akibat debu dan kotoran yang menumpuk di permukaan kulit dan masuk ke dalam pori. Jika kamu biarkan begitu saja, justru akan memicu munculnya masalah kulit baru seperti jerawat atau komedo.

Untuk menghindari hal tersebut, rutinlah membersihkan wajah 2 kali dalam sehari dengan menggunakan produk non-comedogenic.

3. Usia

Bertambahnya usia juga merupakan penyebab pembesaran pori-pori. Semakin tua, kulit pun semakin menua. Penuaan kulit ini disebabkan produksi elastin dan kolagen alami yang ikut menurun. Alhasil, elastisitas atau kekencangan kulit perlahan hilang dan kulit mengendur sehingga pori-pori kulit pun semakin melebar. Padahal kolagen memiliki peran penting dalam mempertahankan elastisitas kulit, menjaga kulit tetap muda, padat, dan kencang. 

4. Terpapar Sinar UV

Faktor terbesar yang menyebabkan pori-pori besar yakni paparan sinar UV. Selain dapat menyebabkan penuaan dini dan memunculkan hiperpigmentasi pada kulit, paparan sinar UVA dan UVB dari matahari juga dapat memicu membesarnya pori-pori. 

5. Sebum Berlebih

Membesarnya pori-pori pada wajah juga bisa disebabkan karena adanya produksi sebum yang berlebihan. Penyebabnya pun beragam, bisa dari makanan yang dikonsumsi, stres, paparan sinar matahari, hingga pemilihan produk perawatan yang salah.

6. Mengeringkan Wajah dengan Kasar

Kebiasaan lain yang dapat menjadi penyebab pori-pori besar adalah menggosok wajah terlalu kasar. Ini sering terjadi saat sedang mengeringkan wajah menggunakan handuk.

Sebaiknya saat mengeringkan wajah hindari menggosok wajah. Apalagi menggosok dengan arah dari atas ke bawah. Cara terbaik mengeringkan wajah adalah dengan menepuk-nepuk wajah secara halus dan lembut.

November 30, 2022

App Download Banner

Yuk, belanja di RAENA dan kembangkan
bisnis bersama!

Kami yakin ini akan membantu
bisnismu berkembang pesat.

Leave A Comment