Analisa Kulit

Mulai Analisa Kulit

Ini 7 Usaha Sampingan Karyawan yang Bisa Kamu Coba

blog

Bingung cari usaha sampingan karyawan yang tidak menyita banyak waktu? Setiap orang memiliki kebutuhan sehari-hari yang berbeda sehingga akan membutuhkan penghasilan tambahan agar dapat memenuhi kebutuhannya. Mungkin banyak juga dari kamu yang bekerja sebagai seorang karyawan swasta atau PNS dan ingin mencari ide untuk memulai usaha sampingan.

Tentunya saat memulai usaha sampingan karyawan, usaha tersebut tidak bisa terlalu menyita banyak waktu agar tidak mengganggu pekerjaan utama. Jika kamu ingin mencoba usaha sampingan, ada beberapa usaha yang dapat menambah penghasilan kamu! Yuk simak lebih lengkapnya berikut ini.

Kira-kira Apa Saja Usaha Sampingan Karyawan yang Bisa Kamu Coba?

1. Menjual Cemilan

Kamu bisa menjual makanan ringan pada rekan kerjamu di kantor, loh! Untuk membeli cemilan, kamu bisa mencari di banyak toko yang menjual cemilan dalam bentuk grosiran dengan banyak jenis dan rasa. Kamu dapat membeli cemilan dalam beberapa jenis dan jumlah kecil terlebih dahulu untuk ditawarkan untuk rekan-rekan kerja di kantor.

2. Jasa Pembuatan CV

Selain menjual cemilan, kamu juga bisa membuka jasa pembuatan CV. Kamu bisa membantu orang-orang yang sedang mencari kerja dalam membuat CV mereka menjadi lebih menarik dan menarik perhatian para HRD. Akan menjadi nilai plus apabila kamu dapat memberi konsultasi kepada para pencari kerja mengenai CV. Untuk usaha sampingan karyawan yang satu ini, kamu hanya membutuhkan kreativitas agar dapat membuat CV yang menarik.

3. Membuka Thrift Store

Kamu memiliki banyak baju bekas yang masih lumayan bagus namun sudah kekecilan atau ingin mencari yang baju lain yang style nya lebih cocok dengan kamu? Usaha thrift store bisa kamu jadikan pilihan nih untuk mendapat penghasilan lebih. Thrift store sendiri merupakan istilah untuk toko yang menjual baju-baju bekas tapi masih layak untuk dipakai atau bahkan high-end brand.

Kamu bisa menjual baju-baju bekas dan memasarkannya secara online. Akan menjadi lebih menarik bagi para pembeli jika kamu memiliki sense of fashion yang bagus sehingga baju yang ditawarkan pun terlihat menarik untuk dibeli!

4. Freelance Desain Grafis

Bagi kamu yang memiliki skill desain yang baik dan ingin mencari usaha sampingan, menjadi freelance desain grafis bisa kamu coba. Untuk memulainya kamu bahkan tidak memerlukan modal karena yang kamu butuhkan hanya aplikasi desain grafis yang memadai.

Namun, kamu perlu portofolio yang bisa mendukung dalam mencari klien sehingga mereka bisa melihat hasil karyamu. Kamu juga dapat memposting hasil karya di media sosial sehingga bisa dilihat banyak orang.

5. Menjadi Translator

Apabila kamu mahir dalam berbahasa asing dan mempunyai sertifikat berlisensi, menjadi translator atau penerjemah bisa menjadi peluang kamu dalam mencari penghasilan tambahan. Pada umumnya, kamu akan melakukan pekerjaan ini berdasarkan project. Selain mahir dalam berbahasa asing, kemampuan menulis yang baik juga diperlukan untuk pekerjaan ini.

6. Menjual Stiker

Ternyata dengan menjual stiker bisa kamu jadikan usaha sampingan karyawan juga, loh! Untuk berjualan stiker, kamu tidak memerlukan keterampilan desain karena cukup dengan mencari stiker di platform media seperti Pinterest kamu sudah langsung mendapatkan gambar yang kamu mau. Namun jika kamu bisa mendesain dan ingin membuat stiker sehingga terlihat lucu, itu juga bisa menjadi poin plus untuk menarik pembeli.

Setelah kamu mencari gambar yang diinginkan, kamu tinggal mendesain gambar-gambar tersebut menjadi sticker pack, kemudian print dan gunting sesuai dengan bentuk. Selain itu, kamu dapat membuka pesanan custom dan desain yang diberikan pembeli.

7. Menjadi Dropshipper

Usaha sampingan karyawan yang bisa kamu jadikan pilihan selanjutnya yaitu menjadi dropshipper. Usaha ini tidak membutuhkan modal karena setelah kamu mendapatkan order dari pembeli, supplier yang akan mengirimkan produk langsung ke pembeli dan kamu akan mendapat komisi. Yang perlu kamu lakukan hanya memasarkan produk dengan baik sehingga produk yang kamu pasarkan laris. Untuk memulai bisnis ini, kamu dapat menggunakan aplikasi RAENA dan mendapatkan untung jual hingga Rp100.000/produk.

Nah, itu dia beberapa usaha sampingan karyawan yang bisa dijadikan inspirasi bagi kamu yang ingin memulai usaha. Perlu diingat bahwa tidak ada hasil yang instan, jadi kamu harus konsisten dalam menjalankannya untuk mendapat keuntungan lebih. Selamat mencoba!