Home » Cara Memakai Toner yang Benar Supaya Hasilnya Maksimal

August 11, 2022

Cara Memakai Toner yang Benar Supaya Hasilnya Maksimal

Bagaimana cara memakai toner yang benar? Pernahkah kamu bertanya-tanya soal ini? Umumnya, toner digunakan untuk menghapus sisa makeup, kotoran, dan minyak berlebih yang masih menempel pada wajah setelah mencuci wajah. Ternyata memakai toner nggak boleh sembarangan, loh. Ada beberapa langkah yang perlu kamu ikuti agar hasilnya maksimal. Simak selengkapnya disini, yuk.

Urutan Cara Pakai Toner

1. Bersihkan Wajah dan Tangan

Bersihkan wajah terlebih dahulu menggunakan facial wash. Apabila kamu sebelumnya dandan pakai make up, bersihkan dengan menggunakan make up remover agar tidak ada sisa-sisa make up yang menempel di wajah. Begitu pula dengan tangan, cuci tangan menggunakan air mengalir agar bersih maksimal. Apabila kamu memerlukan inspirasi make up agar tetap cantik, kamu bisa simak di artikel berikut, cek yuk: Inspirasi Make Up Natural untuk Bukber dan Lebaran

2. Gunakan Kapas

Penggunaan kapas biasanya diperlukan jika kamu menggunakan exfoliating toner. Exfoliating toner adalah cairan eksfoliasi yang biasa digunakan untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang menempel dan kotoran yang menyumbat pada pori-pori kulit.

Sebelum menggunakan exfoliating toner, bersihkan wajah dan keringkan terlebih dahulu. Kemudian, ambil kapas dan tuangkan cairan toner secukupnya.

Usapkan kapas yang sudah dibasahi oleh cairan toner ke seluruh wajah dengan gerakan dari dalam ke keluar agar kotoran terangkat secara maksimal. Jangan lupa, gunakan juga toner ke area leher agar kulit mati di sekitarnya terangkat, ya.

3. Menepuk-nepuk Tangan ke Wajah

Jika kamu ingin memakai toner dengan menggunakan tangan, maka gunakanlah hydrating toner. Hydrating toner adalah cairan yang berfungsi untuk mempersiapkan sekaligus melembabkan kulit sebelum memasuki tahapan skincare selanjutnya.

Caranya mudah, yakni tuangkan toner secukupnya pada telapak tangan dan aplikasikan ke wajah dengan cara menepuk-nepuknya sehingga toner dapat meresap lebih maksimal.

4. Lengkapi Treatment dengan Pelembab

Setelah selesai menggunakan toner, gunakan pelembab agar wajah makin halus. Hal ini dilakukan beberapa saat setelahnya, ya. Oleskan pelembab pada area pipi terlebih dahulu, kemudian dengan gerakan memijat bisa lanjut ke bagian dahi. Namun, apabila kamu memiliki karakter kulit berminyak, kamu bisa lewati tahap ini.

5. Gunakan Cukup 2 Kali Sehari

Cukup gunakan toner dua kali sehari, yakni pagi dan malam hari. Apabila berlebihan, kulit kamu akan menjadi berminyak dan berpotensi timbul jerawat. Bagi kamu yang memiliki karakter kulit kering, cukup gunakan toner satu kali yakni pada malam hari. Toner ini digunakan untuk membersihkan wajah sebelum melakukan perawatan berikutnya, yakni serum wajah.

Nah, itulah penjelasan mengenai cara memakai toner yang benar agar mendapat hasil yang optimal. Selain itu, hal yang tidak kalah pentingnya adalah memastikan bahwa kamu sudah menggunakan produk perawatan wajah yang tepat sesuai dengan jenis dan kondisi kulitmu. Buat yang masih remaja dan bingung memilih toner, baca artikel ini yuk: Rekomendasi Toner yang Bagus untuk Remaja.