July 15, 2021

Cara Bikin Foto Produk Estetik Dan Menarik Pakai Smartphone

Foto produk merupakan salah satu investasi penting dalam sebuah bisnis. Kualitas foto produk menunjukan image sebuah brand, kredibilitas, kualitas produk, dan yang paling penting yaitu menarik perhatian target market. Maka tidak heran, banyak brand yang rela merogoh kocek untuk mendapatkan foto produk yang berkualitas. 

Untuk kamu yang baru mulai berbisnis, tentu ini akan sangat mempengaruhi keuangan bisnismu. Sebelum memutuskan untuk membayar photographer profesional atau menyewa kamera DSLR, pertimbangkan untuk menggunakan smartphone. Kini sudah banyak smartphone yang memiliki fitur kamera canggih yang bisa kamu maksimalkan untuk menghasilkan foto produk yang berkualitas. 

Kamu hanya perlu sedikit belajar cara memotret produk. Dengan begitu, kamu bisa menekan pengeluaran & mengalokasikan dana tersebut untuk kegiatan promosi. Untuk lebih jelasnya, berikut cara mengambil foto produk menggunakan smartphone. 

Siapkan Perlengkapan Foto

1. Maksimalkan Kamera Hp

Sebagian besar smartphone yang berada di pasaran sudah memiliki kamera berkualitas baik yang bisa menjadi alternatif DSLR. Apapun merk smartphone yang kamu punya, pastikan memiliki pengaturan auto focus dan menghasilkan kualitas foto dengan besaran megapixel maksimum.

2. Siapkan Backdrop

Gunakan backdrop putih atau abu-abu muda sebagai background foto produk untuk menghasilkan kualitas foto yang bersih dan hasil yang konsisten. Selain itu, pastikan backdrop yang akan digunakan bersih & rata. Kamu juga bisa membuat backdrop sendiri dengan menggunakan dinding, kertas, papan busa dan masih banyak lagi. Backdrop yang baik mampu mempercepat kerja post-produksi.

3. Siapkan Meja

Gunakan meja untuk memudahkan proses pengambilan foto. Selain dapat dijadikan sebagai alas backdrop, meja juga bisa digunakan sebagai properti, lho. 

4. Cahaya

Lighting memang penting dalam proses pengambilan foto produk, tetapi kamu juga bisa memanfaatkan cahaya alami, lho. Atur produk dan peralatan dekat dengan jendela besar untuk mendapatkan cahaya cukup dalam frame. Jika cahaya natural sulit untuk dicari, coba gunakan lampu yang lebih besar dan sesuaikan dengan besaran objek foto Anda.

5. Stabilisasi gambar

Stabilitas dalam pengambilan gambar sangatlah penting untuk memastikan hasil gambar yang tajam. Kamu bisa menggunakan alat bantu seperti tripod. Meskipun smartphone sudah memiliki pengaturan untuk menstabilkan gambar, tetapi jika kamera bergoyang sedikit maka akan menghasilkan gambar yang blur.

6. Lensa

Lensa bukanlah hal yang wajib untuk dimiliki. Jika memerlukan kualitas zoom yang tinggi untuk menciptakan gambar mikro, maka kamu bisa menggunakan lensa tambahan.

Pilih aplikasi yang tepat

Banyak sekali aplikasi editing yang dirancang untuk membantu memperindah dan memaksimalkan hasil foto produk seperti Adobe Photoshop Express. Umumnya aplikasi-aplikasi seperti ini bisa digunakan pada Android maupun iOs. Cepat dan mudah digunakan. Sebagai panduan memilih, Anda dapat memperhatikan review atau rating aplikasi yang akan digunakan.

1. Cara mengambil foto dengan smartphone

  • Atur Ruangan dan Properti Pendukung
    Hal pertama yang harus dilakukan yaitu mempersiapkan ruangan yang akan digunakan sebagai tempat foto produk. Selain itu kamu harus menata backdrop dan properti lainnya yang diperlukan. 
  • Atur Pencahayaan Dengan Baik

Selanjutnya atur pencahayaan dengan baik untuk mendapatkan foto produk yang bagus. Cahaya sangat menentukan bagus atau tidaknya hasil foto yang kamu ambil. Apalagi smartphone nggak sesensitif kamera DSLR dalam menangkap cahaya sehingga semakin banyak cahaya yang dibutuhkan. 

2. Memaksimalkan Fitur-Fitur Kamera Hp

Karena kamu memotret menggunakan kamera Hp, maka pastikan kamu memaksimalkan fitur-fitur bawaanya. Atur eksposur, ISO, white balance yang tepat agar mendapatkan hasil foto yang bagus. Selain itu, atur juga fokus kamera agar layar kamera dapat menangkap objek dengan tajam. 

    • Jangan Menggunakan Zoom
      Jika ingin foto close-up, fotolah objek dari jarak dekat. Usahakan untuk tidak menggunakan fitur zoom karena dapat mengurangi resolusi kamera sehingga hasil foto tidak tajam bahkan pecah. 
    • Tentukan Angel yang Tepat
      Tips selanjutnya yaitu menentukan angle yang tepat untuk menghasilkan foto lebih berlatihlah memotret sesering mungkin. Selain itu, ambilah foto produk dari beberapa angle untuk menunjukan detail produk. Selain itu kamu juga memiliki banyak pilihan foto untuk diunggah ke platform digital. 
    • Gunakan Tripod Jika Diperlukan
      Agar smartphone tidak bergeser-geser, maka gunakanlah tripod sehingga hasil foto pun akan lebih bagus. Namun, namun menggunakan tripod ini nggak harus ya. Hanya jika kamu memerlukannya saja. 
  • Manfaatkan Fitur Editing

Tujuan menggunakan aplikasi editing bukanlah untuk memanipulasi foto, tetapi  untuk mempertajam dan memperkuat kesan foto. Gunakanlah aplikasi editing ini seperlunya saja ya seperti menggunakan fitur crop & straighten, sharpen, contrast, shadow dan vibrance. Mengedit foto berlebihan bisa mengecewakan pembeli karena apa yang mereka lihat dan mereka terima jauh berbeda. Jika hal ini terjadi, kepercayaan pelanggan terhadap brand akan menurun.

Nah itulah beberapa cara untuk mengambil foto produk menggunakan smartphone. Sering-seringlah berlatih sehingga foto yang dihasilkan pun akan semakin berkualitas. Hal ini tentu membutuhkan waktu dan usaha ketimbang menyewa fotografer profesional. Meskipun begitu, nggak ada salahnya mencoba. Setelah memiliki foto produk yang menarik, kamu bisa mempromosikan jualanmu di marketplace, media sosial, atau endorse influencer

Leave A Comment