September 24, 2021

Ingin Jualan Online Tanpa Modal? Bisa Banget! Begini Caranya

Ingin punya penghasilan tambahan yang bisa dilakukan secara fleksibel? Jualan online adalah salah satu caranya. Ya, berjualan online bisa dilakukan oleh pelajar, ibu rumah tangga, dan siapapun yang memiliki niat. Namun sayangnya, banyak yang terkendala modal. Tahu nggak sih, sebenarnya, modal “uang” adalah modal kesekian. Modal utama yaitu niat dan tindakan. Zaman sekarang ini, kamu bisa banget lho jualan online tanpa modal. Penasaran bagaimana caranya? Simak selengkapnya pada artikel ini, yuk. 

Cara Berjualan Online Tanpa Modal

1. Menentukan Apa Yang Ingin Dijual

Hal pertama yang harus kamu lakukan yaitu menentukan apa yang akan kamu jual. Ini bisa berupa jasa maupun produk. Ini penting untuk ditetapkan sejak awal karena mempengaruhi apa saja yang perlu kamu persiapkan, cara memasarkan, dan perhitungan keuntungan yang bisa didapatkan. 

Jika kamu ingin berjualan jasa, tentu kamu harus memiliki keahlian khusus yang bisa ditukarkan dengan uang. Tapi perlu diingat, menjual jasa artinya kamu siap bekerja cukup intens seperti halnya kerja kantoran. Sebaliknya, jika kamu ingin menjual produk, kamu tidak harus memproduksi barang tersebut. Kamu bisa membelinya dari supplier dan menjualnya kembali yang biasa disebut reseller. Namun, jika belum memiliki modal, kamu bisa melakukannya dengan menjadi dropshipper.

2. Menjadi Dropshipper

Apa itu dropship? Dropship adalah cara jualan online tanpa modal dengan tidak menyimpan stok barang yang dijual. Metode ini sudah lumrah di dunia penjualan online. Biasanya penjual yang punya minim modal atau bahkan tanpa modal sering melakukan metode dropship ini. Lalu, bagaimana cara kerjanya? Kamu tinggal membuka toko online di marketplace atau media sosial dan mulai menjual produk dari supplier yang kamu pilih. Lalu supplier akan mengirimkan produknya ke pembelimu dengan nama tokomu.

Ingat, memilih supplier jangan asal ya. Perhatikan kualitas produk yang dijual supplier pilihanmu. Kualitas produk yang rendah bisa menjadi boomerang karena pelanggan bisa komplain dan tidak merekomendasikan tokomu. Contohnya jika kamu menjual produk skincare, pastikan produk yang kamu jual original dan bukan barang oplosan.

jualan online tanpa modal

Tips Menjadi Dropshipper yang Menguntungkan

Sebelum langsung berjualan online jadi dropshipper, ada beberapa hal yang perlu kamu perhatikan agar jualan online-mu cuan nih:

1. Menentukan Produk yang Tepat

Walaupun margin atau keuntungan yang ditawarkan supplier besar, kamu tetap harus melihat kondisi di pasaran. Apakah produk tersebut selalu dicari oleh banyak orang di luar sana dan menjadi kebutuhan? Memperhatikan tren yang sedang berlangsung juga penting kamu lakukan. Karena bisa saja berdampak pada produk yang ingin kamu jual. Contohnya, saat tren kopi dalgona naik, bisa jadi penjualan minuman lain seperti boba tidak terlalu baik.

2. Melihat Harga Pasar

Saat berjualan online khususnya di marketplace, jangan fokus untuk menjual barang dengan harga termurah. Memang, perang harga di marketplace tidak bisa dihindari, tapi mengikuti perang harga tidak akan sustainable atau sehat dalam jangka panjang untuk tokomu. Lihat harga rata-rata di pasaran dan tentukan di sekitar harga tersebut. Jika tokomu punya review yang bagus dan dipercaya banyak pelanggan, harga yang hanya selisih sedikit tidak jadi penentu utama pelanggan berbelanja di toko onlinemu.

3. Menentukan Supplier Terbaik

Pilih supplier yang menjual produk dengan harga spesial untuk dropshipper agar kamu lebih mudah menjual produkmu dengan harga yang ideal. Terkadang, beberapa supplier tidak menyediakan harga spesial untuk dropshipper karena biasanya mereka mengutamakan penjual skala besar seperti reseller. Jika kamu jualan online produk skincare, kamu bisa cek produk-produk skincare terbaru dari RAENA. Di RAENA, dropshipper bisa mendapatkan harga spesial sehingga memudahkan untuk menentukan harga yang ideal. Cek daftar harga produk skincare kekinian di aplikasi Raena dan mulai usaha dropship-mu sekarang!

4. Perhitungkan Biaya Lain-lain

Jika kamu menggunakan marketplace sebagai toko online-mu, kamu harus cek biaya yang dikeluarkan untuk jualan online. Karena di beberapa tempat, sering ada biaya admin yang harus dikeluarkan. Perhitungkan juga promo gratis ongkir jika kamu ingin menerapkannya pada tokomu. Jangan sampai kamu kelewatan menghitung biaya ini sehingga kamu tidak mendapat keuntungan yang seharusnya, dan bahkan merugi!

Setelah kamu menentukan barang apa yang ingin dijual, dari mana kamu mendapatkan barang, atau siapa supplier-nya, sekarang saatnya memulai bisnis online tanpa modal yang kamu sudah rencanakan! Bagaimana caranya?

4. Buat Akun Media Sosial

Hal ini sudah tidak asing lagi pastinya, karena media sosial sudah sangat umum digunakan untuk menjangkau pelanggan. Tentukan media sosial yang tepat untuk produk yang ingin kamu jual. Contohnya, jika kamu menjual skincare, Instagram dan TikTok adalah media sosial yang tepat. Karena tren dan pengguna skincare sebagian besar menggunakan kedua media sosial tersebut. Tapi jika kamu menjual baju bayi atau kebutuhan rumah tangga, kamu bisa melirik Facebook. Masih banyak ibu rumah tangga dan orang di usia 30 tahun ke atas yang aktif di Facebook dan bahkan berbelanja langsung lewat Facebook Marketplace. Kamu harus riset dahulu ya agar tepat sasaran!

5. Buat Website Gratis

Jualan online tanpa modal tapi punya website sendiri? Bisa banget! Ada banyak platform gratis di luar sana yang bisa kamu gunakan. Contohnya blogger.com, WordPress, dan Wix. Walaupun tidak ada fitur belanja secanggih di e-commerce, kamu tetap bisa menggunakan website ini sebagai pusat informasi tentang produk kamu. Punya website sendiri juga menguntungkan lho, saat pelanggan baru mencari info seputar produk yang kamu jual di Google, website kamu bisa muncul di hasil pencarian, dan mereka bisa saja tertarik dengan tokomu dan mengunjungi marketplace tempat kamu berjualan.

Tipsnya, gunakan foto-foto yang bagus dengan informasi yang lengkap. Jangan lupa cantumkan juga alamat toko online kamu, media sosial, dan mungkin nomor WhatsApp tokomu jika mereka ingin bertanya-tanya langsung!

Sudah siap jualan online walaupun tanpa modal? Namanya berbisnis pasti ada rintangannya, tapi bukan berarti tidak bisa diwujudkan. Di saat tidak menentu seperti di kondisi pandemi ini, punya pemasukan lebih selain pekerjaan utama itu bisa menguntungkan juga lho. Lakukan secara konsisten dan gigih agar usahamu tidak sia-sia. Walaupun hasilnya tidak selalu instan, tapi kalau bisnismu survive dalam jangka panjang, malah lebih baik. Setuju? Good luck ya!

Leave A Comment