March 24, 2022

Rahasia Dibalik Rangkaian Skincare Untuk Kulit Berminyak yang Bikin Auto Glowing

Setiap manusia memiliki jenis kulitnya masing-masing, salah satunya adalah jenis kulit berminyak. Kulit berminyak adalah kondisi ketika produksi sebum di kulit berlebih. Jenis kulit ini juga sangat rentan berjerawat. Kondisi seperti ini memang sering membuat tidak nyaman dan bisa memicu masalah kulit lainnya.

Sebenarnya, ada satu keuntungan yang kamu dapatkan jika kamu memiliki jenis kulit berminyak. Minyak membuat kulit lebih lembap sehingga dapat mencegah munculnya garis halus dan keriput. Namun, minyak ini hanya melapisi permukaan kulit dan tidak melembapkan sel-sel kulit yang ada di bawahnya. 

Perawatan untuk kondisi kulit berminyak pun tidak dapat disamakan dengan jenis kulit lainnya. Oleh sebab itu, kamu tetap membutuhkan produk skincare khusus untuk kulit berminyak. 

Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa kamu terapkan dalam memilih rangkaian skincare untuk kulit berminyak agar wajahmu tetap terjaga kesehatannya.

Baca Juga: 10 Ide Usaha Rumahan Kreatif Apa yang Sedang Diminati?

1. Pilih Produk Sesuai Jenis Kulit

Perawatan kulit wajah untuk setiap orang memang berbeda-beda, tidak terkecuali untuk jenis kulit berminyak.

Kamu perlu memilih produk skincare untuk kulit berminyak yang diformulasikan secara khusus, salah satunya produk bebas komedo. Produk bebas komedo biasanya dikenal dengan non-comedogenic. Produk bebas komedo umumnya berbasis air, sehingga dapat menyerap lebih cepat dan tidak menyumbat pori-pori.

2. Gunakan Pembersih Wajah Bebas Minyak

Langkah perawatan untuk kulit berminyak selanjutnya adalah kamu disarankan untuk menghindari sabun pembersih wajah yang berbahan dasar krim atau minyak. Sebab, kedua bahan ini justru dapat membuat wajah kamu semakin berminyak.

Saat mencuci wajah dengan sabun pembersih, kamu juga dianjurkan untuk menggunakan air hangat. Sebab, air hangat mampu mengangkat minyak lebih baik daripada air bersuhu normal. Jangan lupa bilas wajah hingga bersih agar sisa sabun tidak tertinggal di kulit, ya!

3. Rutin Melakukan Eksfoliasi

Tahap selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan yakni menggunakan exfoliating toner. Toner ini berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan masalah jerawat.

Exfoliating toner yang paling disarankan dalam rangkaian skincare untuk kulit berminyak adalah BHA (beta-hydroxy acid) alias asam salisilat. Selain dapat mengangkat sel kulit mati, asam salisilat juga bermanfaat sebagai antiradang sehingga dapat mengurangi iritasi dan menurunkan produk minyak berlebih. 

Namun, exfoliating toner ini tidak perlu dipakai setiap hari, ya! Cukup gunakan dua atau tiga hari sekali agar kelembapan kulitmu tetap terjaga.

4. Pilih Serum dengan Kandungan Hyaluronic Acid

Tidak sedikit yang melewatkan penggunaan serum dalam rutinitas skincare untuk kulit berminyak. Padahal, serum dengan kandungan Hyaluronic Acid memiliki manfaat yang baik untuk kamu yang memiliki jenis kulit berminyak.

Serum ini tidak hanya mampu untuk mengatasi jerawat tetapi juga dapat meremajakan kulit wajahmu. Maka dari itu, jangan sampai kamu lewatkan penggunaan serum ini dalam rangkaian skincare kamu, ya. 

5. Jangan Skip Pelembap Wajah

Siapa bilang kulit berminyak tidak butuh pelembap? Apapun jenis kulitmu, pelembap adalah rangkaian skincare tidak boleh kamu lewatkan begitu saja.

Untuk kulit yang berminyak, kamu dapat menggunakan pelembap bertekstur gel seperti aloe vera. Hindari pelembap yang mengandung mineral oil karena dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat baru.

Penggunaan pelembap wajah dalam rangkaian skincare untuk kulit berminyak ini dapat kamu lakukan pada pagi dan malam hari, ya.

6. Tetap Rutin Menggunakan Sunscreen

Tahap paling penting dari rangkaian skincare untuk kulit berminyak yang sering dilewatkan adalah penggunaan sunscreen (tabir surya). Padahal sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB, terutama jika kamu beraktivitas di luar ruangan.

Jika kamu ingin membeli tabir surya, pilihlah yang berbentuk gel dan berlabel oil-free. Jangan hanya mengandalkan SPF yang terkandung pada make-up saja, ya.

7. Rutin Menggunakan Masker Wajah

Selain dapat membantu mengontrol kadar minyak pada wajah, rutin melakukan masker juga bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati.

Masker alami yang dianjurkan dalam skincare untuk kulit berminyak adalah perpaduan mentimun, lemon, dan putih telur. Ketiga bahan alami ini baik untuk membantu menghidrasi kulit, membersihkan pori-pori, dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Jika kamu lebih memilih masker wajah yang praktis, ini juga tidak ada salahnya. Saat membeli, pilihan masker yang berfungsi untuk mengendalikan minyak.

8. Selalu Sedia Kertas Minyak

Selain skincare utama, pemilik jenis kulit berminyak juga perlu menambahkan kertas minyak dalam rangkaian produk perawatannya.

Kertas minyak berfungsi untuk membantu mengontrol jumlah minyak berlebih pada kulit tanpa membuat kulit terasa kering.

Cara menggunakannya juga mudah, kamu hanya perlu menempelkan atau mengelap wajah dengan lembut menggunakan kertas tersebut di area wajah yang berminyak.

Baca Juga: Serba-Serbi Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga dengan Berjualan Online

Kandungan Skincare Untuk Kulit Berminyak yang Perlu Dihindari

Sebelum kamu membeli produk untuk perawatan kulitmu, ada baiknya kamu mengetahui dengan jelas bahan apa saja yang terkandung di dalamnya. Jika kulit kamu berminyak dan cenderung berjerawat, beberapa kandungan di bawah ini sebaiknya kamu hindari di produk-produk perawatanmu.

1. Minyak Mineral

Umumnya minyak mineral memang baik untuk kulit. Tetapi, tidak untuk kulit berminyak. Salah satu bentuk minyak mineral yang mudah kamu jumpai adalah petroleum jelly. Petroleum jelly merupakan salah satu turunan dari minyak mineral yang hadir dalam bentuk padat.

Jika kamu memiliki kulit yang berminyak, sebaiknya hindari produk skincare yang memiliki kandungan ini karena akan meningkatkan kadar minyak pada lapisan kulitmu.

Sebagai gantinya, pilihlah skincare untuk kulit berminyak yang berbahan dasar air dalam bentuk gel atau losion. Jangan lupa untuk selalu memastikan produk yang kamu gunakan tidak menyumbat pori-pori (non-komedogenik), ya!

2. Alkohol

Produk dengan bahan dasar alkohol, memang bisa membantu mengurangi kadar kelebihan minyak pada kulit. Namun, jika digunakan untuk sehari-hari justru dapat membuat kulit menjadi kering, iritasi, dan merusak skin barrier.

Sebisa mungkin pilihlah produk perawatan untuk kulit berminyak yang tidak berbahan dasar alkohol. Sebaiknya, pilihlah produk yang berbahan lembut, menenangkan, dan melembapkan kulit.

3. Silikon

Umumnya, kandungan silikon lebih sering ditemukan pada produk make-up seperti primer, foundation, dan bedak. Silikon bekerja dengan cara mengisi pori-pori dan menjadi lapisan baru yang menetap di lapisan kulit kamu.

Wajah yang berminyak disertai pori-pori yang tertutup akan membuat kulit sulit bernapas. Akibatnya, mungkin kulit kamu akan ditumbuhi jerawat jika menggunakan produk dengan kandungan silikon secara rutin. Sebab itu, sebisa mungkin, hindari produk yang berbahan satu ini.

 

5 Rekomendasi Produk Skincare Untuk Kulit Berminyak

Mencari produk skincare untuk kulit berminyak memang tidak mudah. Terkadang kamu harus mencoba berbagai macam produk sampai akhirnya menemukan yang benar-benar cocok untuk kulit wajahmu.

Nah, berikut ini adalah 5 rekomendasi produk skincare untuk kulit berminyak yang bisa kamu coba.

1. Some by Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Acne Clear Foam

Foam cleanser dari Some by Mi dengan kandungan air daun Teatree ini bisa kamu gunakan dalam rangkaian skincare untuk kulit berminyak.

Pembersih untuk kulit berminyak dan jerawat ini membantu melarutkan keratin dan sebum berlebih dengan bersih. Bahan alami Truecica™ di dalamnya juga efektif membantu menenangkan dan melindungi kulit.

2. Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream

Dari sekian banyak rangkaian skincare, salah satu kincare untuk kulit berminyak yang wajib kamu gunakan adalah pelembap wajah berbahan dasar air.

Pelembap wajah dari Dear Me Beauty ini bisa jadi pilihan kamu. Pelembap yang bisa digunakan pada pagi dan malam ini berfungsi untuk memperkuat serta melindungi kulit sekaligus membantu melawan tanda-tanda awal penuaan.

3. Histoire Naturelle Ectoin Hydra Sooth Mild Toner

Hydra Sooth Mild Toner merupakan toner yang mampu memberikan kesegaran dan kelembapan pada kulit tanpa menyebabkan rasa lengket.

Toner untuk semua jenis kulit ini hadir dengan kandungan Ectoin yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas, mengurangi kerusakan sel akibat sinar UV, membuat sel pelindung, dan mengaktifkan kembali kemampuan pertahanan diri kulit serta tidak menyebabkan iritasi.

4. Nacific Fresh Herb Origin Serum Skin Care

Produk best seller dari Nacific yang satu ini juga bisa kamu masukkan dalam daftar skincare untuk kulit berminyak.

Serum berbahan alami ini berfungsi untuk mengecilkan pori-pori, melembabkan kulit, dan anti aging. Sepicalm yang terkandung di dalamnya juga membantu menenangkan kulit sekaligus menyeimbangkan kadar air dan minyak di kulit.

5. Ingrid Stand Strong UV Stick Sunscreen

Meskipun kamu memiliki jenis kulit berminyak, penggunaan sunscreen tidak boleh kamu lewatkan, lho.

Sunscreen dengan SPF 50 PA++++ ini berbentuk stik sehingga mudah digunakan dan sangat higienis. Ingrid Stand Strong UV Stick Sunscreen memiliki tekstur anti lengket sehingga tidak menyumbat pori-pori (non-komedogenik) dan aman untuk kulit sensitif maupun berjerawat.

 

Sources:

  1. https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/skincare-untuk-kulit-berminyak
  2. https://berkeluarga.id/2020/04/03/tahapan-daily-skincare-untuk-kulit-wajah-berminyak
  3. https://www.alodokter.com/solusi-wajah-bebas-kilap-meski-wajah-berminyak
  4. https://editorial.femaledaily.com/blog/2021/09/01/kandungan-skincare-tidak-cocok-untuk-kulit-berminyak

One Comment

  1. romantik69.co.il April 4, 2022 at 9:49 am - Reply

    Very nice write-up. I definitely appreciate this site. Thanks!

Leave A Comment