April 7, 2022

Reseller dan Dropship, Rahasia Dibalik Bisnis Online yang Mudah dengan Untung Melimpah

Ingin punya usaha sendiri tapi terhalang modal? Bisa nggak ya, menghasilkan uang dari rumah? Kalimat tersebut pasti sering terlintas di benak kamu. Jawabannya, bisa. Salah satu cara untuk menghasilkan uang dengan modal minim dan tanpa harus keluar rumah adalah menjadi reseller atau dropship online.

Saat ini peluang bisnis reseller dan dropship memang sedang menjadi tren. Cara menjadi reseller juga sangat mudah, sebab hanya bermodal ponsel pintar (smartphone) kamu sudah bisa memulai bisnis sendiri. Tertarik untuk memulai bisnis reseller dan dropship? Langsung simak penjelasan lengkapnya di bawah ini, ya!

Baca Juga: 17+ Peluang Usaha Rumahan di Desa untuk Ibu Rumah Tangga Beromzet Tinggi!

Perbedaan Reseller dan Dropship

Sebelum memulai bisnis ini, kamu perlu mengetahui pengertian reseller dan dropship terlebih dulu. 

Reseller merupakan model bisnis yang sedang tren saat ini. Reseller adalah teknik berjualan dengan menyimpan stok barang yang dijual. 

Kamu akan disebut reseller, ketika kamu membuka toko, lalu kamu membeli produk dari supplier, kemudian produk yang kamu beli tersebut akan dikirimkan ke alamat kamu sebagai stok produk untuk dijual kembali ke konsumen.

Sedangkan dropship adalah sebuah metode berjualan yang diperantarakan oleh supplier dan reseller. Berbeda dengan reseller, dropship tidak perlu menyimpan stok produk yang dijual. Sebab, barang atau produk yang dipesan oleh pembeli akan langsung dikirimkan oleh supplier atau distributor ke alamat konsumen tersebut.

Cara Menjadi Reseller dan Dropship Sukses 

Setelah mengetahui pengertian sekaligus perbedaan dari reseller dan dropship, step selanjutnya yang perlu kamu simak adalah bagaimana cara menjadi reseller dan dropship yang sukses hingga mendapat untung melimpah.

1. Pilih Produk dengan Tepat

Memilih dan menentukan produk yang akan dijual adalah poin penting yang harus dipikirkan jika kamu ingin menjadi reseller atau dropship. Dari beragam produk yang dapat dijual, kamu harus mencari tahu dulu apakah produk yang kamu pilih banyak peminatnya atau tidak. 

Langkah selanjutnya adalah melihat kualitas produk, apakah produk tersebut memiliki kualitas yang layak untuk dijual kembali. Untuk menentukan produk yang tepat, sebaiknya kamu melakukan riset terlebih dahulu.

2. Cari Supplier yang Terpercaya

Setelah yakin dengan produk yang akan kamu jual, cara menjadi reseller selanjutnya adalah mencari supplier. Carilah supplier yang jujur, menguntungkan, profesional, dan terpercaya. 

Selain itu, kamu juga perlu menjalin hubungan dan komunikasi yang baik selama bekerjasama dengan supplier. Komunikasi yang baik sangat dibutuhkan untuk keberhasilan usahamu sebagai reseller atau dropship.

3. Pelajari Pasar dan Kompetitor

Langkah selanjutnya adalah kamu perlu mencari tahu apakah produk yang akan kamu jual sedang diminati dan dicari oleh konsumen. Jangan lupa, kamu juga perlu mencari tahu seberapa besar atau berapa banyak kompetitor dari produk yang akan dijual. 

Seringkali satu supplier sudah memiliki beberapa reseller dan telah menyebar di sejumlah daerah. Supplier biasanya tidak terlalu terbuka untuk memberikan informasi banyaknya reseller atau dropship dari produk yang ia kelola, sehingga kamu harus melakukannya sendiri.

4. Memaksimalkan Pemasaran Online

Zaman sekarang, siapa yang tidak kenal media sosial. Tidak hanya itu, sekarang masyarakat juga sudah paham dengan transaksi online melalui e-commerce atau marketplace. Yup! Kamu dapat memanfaatkan media-media tersebut sebagai sarana untuk usaha reseller dan dropship kamu.

Satu hal yang perlu diingat adalah kamu tidak bisa sembarangan memilih media sosial untuk memasarkan produk jualanmu. Kamu perlu menyesuaikan jenis media sosial mana yang cocok dengan target konsumen. 

Misal jika target pasar kamu adalah remaja, maka kamu dapat menggunakan media sosial yang banyak disukai anak muda seperti Tiktok atau Instagram.

5. Optimalkan Pelayanan ke Konsumen

Reseller dan dropship yang sukses tidak hanya mengutamakan keuntungan serta kualitas produk, tetapi juga harus memberikan pelayanan terbaik bagi para konsumennya.

Kamu harus siap, cepat, dan tanggap dalam melayani sekaligus menjawab pertanyaan dari konsumen. Mengoptimalkan pelayanan dapat meningkatkan kepercayaan dan loyalitas konsumen sehingga bisnis reseller dan dropship yang kamu jalani dapat bertahan lama.

Baca Juga: Tips Memilih Supplier Dropship Terpercaya

Ide Bisnis Untuk Reseller atau Dropship

Setelah mengetahui rahasia untuk menjadi reseller dan dropship sukses, apakah kamu semakin tertarik dengan bisnis ini? Ini dia beberapa ide bisnis reseller yang bisa kamu coba.

1. Skincare dan Kosmetik

Skincare serta kosmetik menjadi ide bisnis reseller dan dropship online yang menjanjikan, lho. Bayangkan, kamu bisa untung Rp30.000 –  Rp100.000 per produk! Kamu bahkan bisa mencapai kebebasan finansial dengan menjadi reseller produk kecantikan. 

Jika kamu tertarik dengan produk skincare dan kosmetik, cobalah untuk melakukan bisnis online ini. Jangan lupa, pilihlah supplier yang jujur dan terpercaya ya!

2. Parfum

Satu lagi ide bisnis untuk reseller yang bisa menjadi peluang besar adalah parfum. Selain untuk membuat tubuh lebih wangi dan meningkatkan kepercayaan diri, parfum juga menjadi salah satu gaya hidup. Maka, jangan heran jika ada orang yang mengeluarkan budget hingga jutaan rupiah hanya untuk parfum. Ini juga membuktikan kalau peluang bisnis parfum cukup menjanjikan.

3. Produk Fashion

Fashion memang menjadi salah satu produk yang tidak akan mati dan terus mengikuti perkembangan zaman. Jadi, tidak heran kalau produk fashion merupakan salah satu produk yang paling banyak dipilih sebagai ide bisnis reseller dan dropship online. 

Kamu bisa menjual berbagai macam produk pakaian, tas, dan juga sepatu. Kamu juga bisa mencoba menjual produk fashion hijab dan fashion Korean style yang sedang diminati saat ini.

4. Pernak-pernik K-Pop

Tren K-Wave (Korean Wave) cukup memberi andil dalam dunia bisnis reseller online, lho. Terlebih pasar untuk K-Pop dan K-Drama di Indonesia sangat besar. Cocok untuk kamu yang ingin menjadi reseller pernak-pernik Korea. Misal, bisnis reseller dan dropship  album boyband Korea.

Tetapi, kamu harus paham beberapa hal terlebih dulu, salah satunya adalah bagaimana sistem reseller atau dropship dari penjual yang berada di negara asalnya.

5. Perabotan Rumah Tangga Aesthetic

Saat ini istilah barang-barang “estetik” banyak disukai oleh masyarakat. Banyak orang mulai mencari perabotan rumah tangga unik yang disebut aesthetic untuk mempercantik ruangan atau rumah mereka.

Tertarik menjadi reseller dan dropship produk rumah tangga? Kamu bisa mencari tahu berbagai peralatan rumah tangga seperti meja, lemari, hiasan atau pajangan, food container, peralatan dapur, dan sebagainya yang unik agar dapat dijual kembali.

Itulah penjelasan singkat dan ide bisnis reseller dan dropship online yang bisa kamu jadikan inspirasi. Pastikan untuk memahami cara menjadi reseller atau dropship yang baik, agar produk yang kamu jual bisa menghasilkan keuntungan yang berlimpah.

 

Sources:

  1. https://lifepal.co.id/media/reseller-atau-dropshipper-cek-perbedaannya-yuk/ 
  2. https://www.ruangmom.com/cara-menjadi-reseller.html
  3. https://www.hustleandslow.com/how-to-start-a-reselling-business/
  4. https://www.bigcommerce.com/ecommerce-answers/what-reseller/
  5. https://www.adira.co.id/detail_berita/metalink/11-cara-menjadi-reseller-yang-mudah-dan-untung-melimpah 

Leave A Comment