February 27, 2022

Serba-Serbi Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga Dengan Berjualan Online

Menjual barang secara online menjadi salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga saat ini. Apalagi, dengan banyaknya e-commerce dan sosial media juga sangat membantu para ibu rumah tangga dalam menjual dan memasarkan produk dagangannya.

Nah, bagi Anda yang tengah menjajal usaha sampingan ibu rumah tangga ini dan ingin mengetahui cara berjualan online agar cepat laku, tidak ada salahnya untuk memperhatikan sejumlah tips berikut!

Baca Juga: Begini Cara Jualan Online Tanpa Modal

Cara Berjualan Online Agar Cepat Laku

Bagi Anda yang kini tengah atau sedang mencoba keberuntungan dengan menjajal usaha sampingan ibu rumah tangga berjualan online, terdapat sejumlah hal yang harus diperhatikan. Terutama terkait cara berjualan online agar cepat laku. Nah, apa saja sih hal-hal yang bisa membuat produk cepat laku dan dibeli konsumen?

1. Melakukan Observasi

Salah satu cara agar dagangan cepat laku adalah dengan melakukan observasi terkait produk atau barang apa yang saat ini sedang dicari atau dibutuhkan oleh masyarakat. Observasi ini tidak hanya menjadi cara berjualan online agar cepat laku saja, tetapi juga membantu Anda dalam menentukan besarnya modal yang dibutuhkan.

Lebih lanjut, sebelum menjalankan usaha sampingan ibu rumah tangga dengan berjualan online, melakukan observasi juga membantu Anda dalam mencari jenis produk yang akan dijual. Kendati demikian, cara ini juga membantu dalam menentukan harga pasaran atas produk tersebut agar tidak salah memasang harga dan mengalami kerugian.

2. Jadikan Produk Anda Berbeda

Hal lain yang perlu Anda lakukan terkait cara berjualan online agar cepat laku adalah dengan menawarkan produk sejenis tetapi yang berbeda dari produk yang sudah ada. Banyaknya usaha rumahan saat ini tentu menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku usaha online dengan produk yang sama.

Maka dari itu, agar produk yang sama tersebut tetap diminati dan membuat konsumen merasa tertarik, buatlah produk yang Anda jual memiliki perbedaan dari produk yang telah ada. Salah satu cara berjualan online agar cepat laku adalah dengan memberikan penjelasan khusus terkait produk yang tengah dijual.

Saat ini, kebanyakan masyarakat hanya mengunggah jenis produk dan harga tanpa mencantumkan penjelasan detail terkait produk tersebut. Akan lebih baik jika Anda mengunggah foto produk yang disertai dengan harga dan juga penjelasan detail yang membantu konsumen dalam menentukan pilihan.

Selain itu, Anda juga bisa memberikan layanan pengemasan yang berbeda. Misalnya dengan memberikan box gratis setiap pembelian produk senilai sekian Rupiah atau dengan memberikan layanan gratis ongkir bagi konsumen yang membeli lebih dari 3 jenis produk senilai sekian Rupiah, dll.

3. Manfaatkan E-Commerce

Satu cara berjualan online agar cepat laku yang paling sering diremehkan oleh para ibu rumah tangga adalah dengan membuat toko online pada e-commerce. Yup! Saat ini, kebanyakan ibu rumah tangga hanya menjual produknya secara online melalui WhatsApp ataupun akun sosial media. Padahal, dengan memiliki toko online di akun e-commerce akan sangat membantu usaha sampingan ibu rumah tangga ini mendapatkan keuntungan besar.

Selain e-commerce memiliki pangsa yang lebih luas, memiliki toko online di sejumlah e-commerce juga memiliki sejumlah keuntungan. Misalnya saja mendapatkan layanan gratis ongkos kirim, cashback sekian persen hingga bonus jika toko Anda mampu mencapai target penjualan yang telah ditetapkan oleh e-commerce tersebut.

4. Gunakan Layanan Iklan Berbayar

Bagi Anda yang sudah memulai usaha sampingan rumah tangga dan ingin mencoba salah satu cara berjualan online agar cepat laku, tidak ada salahnya untuk memanfaatkan layanan iklan berbayar. Layanan iklan berbayar ini tidak hanya tersedia di sosial media, tetapi juga pada sejumlah e-commerce.

Dengan menggunakan layanan iklan berbayar, produk-produk yang Anda jual akan direkomendasikan atau diiklankan ke target pasar yang lebih luas jangkauannya sehingga memiliki peluang yang lebih besar untuk dibeli.

Selain itu, menggunakan layanan iklan berbayar juga membantu usaha sampingan ibu rumah tangga bisa mendapatkan omset tinggi dalam waktu singkat. Kendati demikian, sesuaikan budget dengan jumlah pemasukan usaha Anda agar cashflow tetap berjalan, ya!

5. Melakukan Giveaway

Cara agar jualan online cepat laku yang biasa dilakukan oleh para pengusaha adalah dengan melakukan giveaway atau pembagian hadiah secara gratis. Biasanya, hal ini dilakukan melalui sosial media dari toko online yang dimiliki. Jenis hadiah yang dibagikan kepada konsumen pun beragam tergantung budget.

Melakukan giveaway tidak hanya menjadi cara agar jualan online cepat laku, tetapi juga membantu untuk menjaga kepercayaan konsumen yang ada. Giveaway juga menjadi salah satu cara untuk mengenalkan toko online Anda kepada calon konsumen.

Ide Usaha Sampingan Ibu Rumah Tangga dengan Berjualan Online

Nah, bagi Anda yang tertarik untuk menjajah berjualan online sebagai usaha sampingan ibu rumah tangga, tidak ada salahnya untuk menyimak sejumlah rekomendasi berikut!

1. Menjadi Dropshipper

Salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga yang bisa dicoba adalah dengan menjadi seorang dropshipper. Berbeda dengan reseller, dropship tidak memerlukan modal yang cukup banyak. Bahkan, Anda dapat menjadi seorang dropshipper meski tanpa modal sekalipun.

Agar segera mendapatkan keuntungan besar, tidak ada salahnya untuk mencari tahu cara berjualan online agar cepat laku. Misalnya saja dengan melakukan promosi secara rutin pada sosial media atau toko online yang Anda miliki.

Baca Juga: Tips Memilih Supplier Dropship Terpercaya

2. Agen Parfum 

Salah satu usaha sampingan ibu rumah tangga lainnya yang bisa dilakukan secara online adalah dengan menjadi agen parfum dari merek-merek ternama. Saat ini, sudah banyak masyarakat yang mulai mengoleksi beberapa parfum dari brand-brand ternama. Misalnya saja Victoria Secret,  HMNS, Carl & Claire, Marc Jacobs, dan masih banyak lagi.

Peluang usaha dengan menjadi agen parfum dari brand  ternama ini masih tergolong tinggi dan mampu memberikan keuntungan besar. Namun, Anda juga harus mengimplementasikan cara agar jualan online cepat laku. Salah satunya adalah dengan menampilkan deskripsi produk dan foto produk yang menarik.

Anda bisa memfoto setiap parfum dari sudut yang berbeda-beda untuk meyakinkan calon pembeli. Selain itu, jangan lupa untuk menyertakan deskripsi yang lengkap terkait scent atau komposisi dari parfum tersebut.

Cara agar jualan online cepat laku lainnya adalah dengan memberikan layanan diskon pada ongkos kirim. Pasalnya, pengiriman parfum membutuhkan perlakuan khusus dengan menambahkan box dan bubble wrap agar parfum tidak pecah dan tiba dalam kondisi yang baik. Tentu saja pelayanan satu ini akan membutuhkan biaya yang lebih mahal dari jenis paket pada umumnya.

Baca Juga: Cara Mengambil Foto Produk yang Bagus Hanya dengan Smartphone

3. Produk Kecantikan

Anda juga bisa menjual online produk-produk kecantikan dengan target pasar yang cukup beragam. Terutama produk-produk kecantikan Korea yang saat ini tengah digandrungi. Jika memiliki modal yang cukup, menjadi reseller merupakan pilihan yang tepat. Namun, bagi yang belum memiliki modal juga bisa berjualan kosmetik secara online dengan menjadi seorang dropshipper.

Cara agar jualan online cepat laku, khususnya produk-produk kosmetik adalah dengan rajin mengunggah produk yang disertai dengan penjelasan lengkap sekaligus harga. Selain itu, jika toko online Anda memiliki sosial media, tidak ada salahnya untuk mengunggah konten-konten bermanfaat seputar produk.

Misalnya saja Anda tengah menjual serum wajah, tidak ada salahnya untuk mengunggah konten seputar informasi terbaik di tahun ini atau serum wajah untuk kulit sensitif. Strategi tersebut merupakan salah satu cara agar jualan online cepat laku karena dapat membuat konsumen lebih tertarik untuk berkunjung dan melihat koleksi produk.

Bagi Anda yang tertarik untuk menjadi reseller ataupun dropship produk kecantikan, tidak ada salahnya untuk bergabung dengan Raena Beauty. Raena Beauty merupakan platform reseller dan dropship produk-produk kecantikan terbesar yang ada di Indonesia saat ini. Produk-produk yang dijual di Raena Beauty pun sudah terjamin keaslian dan dilengkapi dengan nomor BPOM.

Anda juga bisa menemukan beragam produk kecantikan karena Raena Beauty menyediakan lebih dari 250 brand lokal maupun internasional. Cara untuk bergabung menjadi reseller dan dropshipper Raena Beauty pun tidak sulit. Cukup dengan melakukan registrasi melalui aplikasi saja sudah bisa menjadi reseller dan dropship resmi Raena Beauty.

Baca Juga: Cerita Startup: Raena Sebagai Pintu Gerbang Dropshipping Produk Kecantikan di Indonesia

Setelah menyimak penjelasan singkat di atas, tidak heran jika usaha sampingan saat ini banyak didominasi dengan berjualan secara online. Selain lebih mudah dilakukan, usaha sampingan ibu rumah tangga tersebut juga memberikan sejumlah keuntungan. Namun, Anda juga dapat memaksimalkan usaha dengan melakukan cara agar jualan online cepat laku yang sudah dijelaskan di atas.

Semoga sederet serba-serbi mengenai menjalani usaha sampingan dengan berjualan online di atas bisa memberikan inspirasi bagi Anda. Terutama dalam mencari cara berjualan online agar cepat laku yang tepat dan sesuai dengan keinginan. Jadi, kapankah Anda akan memulai usaha sampingan ibu rumah tangga dengan berjualan online?

Leave A Comment