Home » Tips Memilih Skincare yang Cocok untuk Kulit Kering

May 20, 2022

Tips Memilih Skincare yang Cocok untuk Kulit Kering

Sebagai pemilik kulit kering mungkin kamu tidak terlalu memusingkan soal munculnya jerawat. Namun, jenis kulit inilah yang paling mudah mengalami tanda penuaan dini seperti kerutan. Untuk mencegahnya, kamu harus memilih skincare untuk kulit dengan tepat. Bagaimana caranya? Simak tips dan penjelasannya berikut ini.

1. Gunakan Cleansing Oil

Umumnya, ada dua tahapan untuk membersihkan wajah. Pertama, pembersih yang diusap (cleanser) dan kedua menggunakan sabun wajah. Rutinitas ini biasanya disebut double cleansing.

Sebagai pemilik kulit kering, skincare untuk kulit kering yang baik digunakan idealnya memiliki kandungan minyak atau cleansing oil. Pembersih wajah yang satu ini terbukti lebih efektif mengangkat sisa debu, makeup tahan air, hingga tabir surya (sunscreen).

Keunggulan cleansing oil sebagai skincare untuk kulit kering adalah memudahkan kamu ketika membersihkan wajah. Sebab, kamu tidak perlu menggosok wajah dengan keras sehingga tidak mengikis minyak alami kulit dan lapisan pelindungnya (skin barrier).

2. Pilih Facial Wash Berbahan Alami

Sabun muka atau sabun pembersih wajah pada rangkaian skincare untuk kulit kering berfungsi untuk membersihkan sisa cleansing oil dan residu yang tidak dapat terangkat pada tahap sebelumnya. Tetapi, sabun pembersih wajah justru menjadi salah satu produk yang sering membuat kulit kamu terasa kering.

Untuk kamu, si pemilik kulit kering, sebaiknya tidak sembarangan dalam memilih sabun pembersih. Terlalu banyak kandungan bahan kimia bisa semakin mengikis kelembapan alami kulit wajah, lho.

Maka dari itu, gunakanlah sabun wajah (face wash) yang terbuat dari bahan-bahan yang bisa menghidrasi kulit. Sebisa mungkin, pilihlah produk face wash yang berbahan alami atau tidak berbusa.

3. Toner Eksfoliasi dengan Kandungan AHA

Eksfoliasi atau pengelupasan kulit mati bisa berisiko jika dilakukan pada kulit kering. Kalau kamu tidak melakukannya dengan tepat, eksfoliasi justru membuat kulitmu semakin kering, bahkan iritasi.

Sebagai bahan eksfoliasi, pilihlah skincare yang mengandung asam alfa hidroksi (AHA). AHA terbukti efektif mengangkat sel kulit mati yang menyumbat pori-pori. Selain itu, AHA juga efektif membantu merangsang produksi asam hialuronat atau bahan yang menghidrasi dari dalam kulit.

4. Selalu Gunakan Hydrating Toner

Setelah kulit terasa bersih dan segar, skincare untuk kulit kering selanjutnya adalah hydrating toner.

Toner inilah yang dapat meningkatkan kadar air dalam kulit. Tidak hanya itu, toner hidrasi juga berfungsi menjaga kelembapan kulit setelah eksfoliasi. Jika kulit masih terasa kering, kamu boleh mengaplikasikan toner hidrasi beberapa kali, ya.

5. Pilih Serum yang Menutrisi dan Melembapkan

Serum adalah produk skincare untuk kulit kering dengan konsentrasi tinggi yang dapat menyelesaikan masalah tertentu pada kulitmu. Serum yang cocok untuk dipakai di siang hari adalah serum dengan kandungan antioksidan yang dapat mencegah kerusakan kulit akibat radikal bebas.

Nah, jika kamu pakai di siang hari bertujuan untuk melindungi kulit, maka penggunaan serum di malam hari untuk memberikan nutrisi pada kulit. Misalnya, seperti serum dengan kandungan vitamin E dan hyaluronic acid yang membantu menyegarkan kulit dan membuatnya terasa lebih lembut.

6. Perhatikan Tekstur untuk Pelembap

Memilih pelembap memang tidak mudah. Sebab, tidak semua pelembap cocok digunakan oleh si kulit kering. Jika memiliki kulit kering, kamu disarankan untuk memilih pelembap yang teksturnya agak kental dan padat.

Kamu juga perlu menyesuaikan tekstur pelembap dengan waktu dan lokasi aktivitasmu. Untuk pemakaian di pagi hari, sebaiknya gunakan pelembap dengan tekstur yang agak ringan pada area wajah. Pada malam hari, kamu bisa menggunakan pelembap dengan tekstur krim.

7. Gunakan Sunblock Proteksi UVB

Saat aktivitas keluar ruangan (outdoor), kulit kita akan terpapar sinar UVB (Ultraviolet-B). Sinar ini akan menyebabkan kulit lebih kering, rentan iritasi, dan sering terasa gatal. Karena itu, penting untuk menggunakan sunblock dengan proteksi UVB agar kulit kamu tetap aman terawat tanpa khawatir bahaya sinar UVB.

8. Pakai Masker Organik

Hindari penggunaan masker yang memiliki tekstur kasar. Sebaliknya, gunakan masker organik agar dapat menutrisi kulit wajah kamu. Masker organik ini akan membuat kulit wajah menjadi lembab dan mengurangi kusam.

Itulah tips dan penjelasan singkat seputar memilih skincare untuk kulit kering. Dalam merawat kulit, dibutuhkan kesabaran yang cukup ekstra sebelum kamu bisa merasakan hasilnya. Jadi, jangan terlalu sering berganti produk perawatan kulit, karena hal itu justru akan mendatangkan masalah kulit yang baru seperti kulit sensitif. Jika ingin merawat kulit sensitif, baca konten berikut yuk: 5 Produk Skincare Untuk Kulit Sensitif.