Yuk, Ketahui Apa Itu Salicylic Acid dan Manfaatnya Untuk Wajah

Bagi kamu yang menyukai dunia skincare, mungkin sudah tidak asing lagi dengan salicylic acid. Biasanya, salicylic acid sering terlihat pada bagian komposisi dari suatu produk skincare. Sebenarnya apa itu salicylic acid dan apa manfaatnya untuk wajah?

Apa Itu Salicylic Acid?

Salicylic acid adalah kandungan alami yang ditemukan dari kulit pohon willow. Senyawa yang disebut sebagai asam salisilat ini masuk ke dalam kategori asam hidroksi beta atau BHA. Umumnya, produk skincare yang beredar di pasaran mengandung salicylic acid sebesar 0,5 hingga 2 persen.

Salicylic acid memiliki ciri dapat larut dalam minyak dan mampu menembus ke lapisan kulit yang terdalam sehingga bisa masuk ke pori-pori untuk memecah ikatan minyak dan sel kulit mati. Berdasarkan cara kerja tersebut, salicylic acid ini cocok digunakan pada tipe kulit berminyak dan berjerawat.

Kamu memiliki kulit yang berminyak? Bingung cara pilih skincare yang cocok untuk kulit kamu? Yuk simak di artikel berikut ini.

Tips Memilih Skincare Untuk Kulit Berminyak & Rekomendasi Produknya.

Tidak hanya itu, salicylic acid juga memiliki kandungan anti-inflamasi yang bersifat sebagai antibakteri dan dapat mengobati jerawat. Selain itu, kandungan ini juga bisa membantu membersihkan wajah dari minyak, debu dan kotoran, sekaligus mengatasi penyumbatan pada pori-pori wajah.

Manfaat Salicylic Acid Untuk Wajah

Selain terkenal karena mampu mengatasi jerawat, ternyata salicylic acid memiliki banyak manfaat lainnya. Berikut ini adalah berbagai manfaat salicylic acid untuk kecantikan dan kesehatan kulit wajah:

  • Membersihkan Komedo

Kandungan aktif yang terdapat dalam salicylic acid berfungsi untuk mengatasi masalah jerawat yang disebabkan oleh komedo membandel.

Komedo terjadi karena adanya penumpukan kotoran di pori-pori kulit wajah. Kamu bisa menggunakan salicylic acid untuk mengangkat sel kulit mati.

Dengan menggunakan produk yang memiliki kandungan satu ini, tentunya akan bermanfaat untuk menghapus kotoran, debu dan sisa makeup yang mampu menyebabkan timbulnya komedo pada wajah.

  • Mengangkat Sel Kulit Mati

Manfaat salicylic acid selanjutnya adalah mampu mengangkat sel kulit mati bahkan membasmi bakteri yang ada di wajah. Banyak sekali permasalah kulit yang timbul akibat penumpukan sel kulit mati, mulai dari kulit kusam, kering, hingga kulit berjerawat.

Salicylic acid bisa membantu mengangkat sel kulit mati yang nantinya akan diregenerasi dengan sel kulit yang baru. Dengan begitu, kulit akan terlihat lebih cerah, lembut, dan sehat.

  • Mengurangi Peradangan 

Salah satu penyebab peradangan pada wajah adalah jerawat. Biasanya akan ditandai dengan wajah yang terasa nyeri di bagian radang, membengkak, kemerahan, dan munculnya nanah.

Salicylic acid bermanfaat untuk mengurangi peradangan karena memiliki sifat anti-inflamasi dan antiradang. Karena sifat anti-inflamasi-nya, zat asam ini dapat membantu mengurangi peradangan saat kulit wajah iritasi atau mengalami breakout. 

  • Mengurangi Efek Kerusakan Kulit

Paparan sinar matahari membuat kulit jadi rentan mengalami kerusakan. Masalah kulit yang muncul karena paparan sinar matahari umumnya seperti warna kulit yang tidak merata, kulit kemerahan, kulit kusam dan menggelap, hingga munculnya bintik-bintik berwarna hitam pada kulit.

Dengan tingkat konsentrasi tertentu, salicylic acid bisa membantu untuk mengangkat kulit yang rusak tersebut. Setelah terangkat, sel kulit baru akan muncul dan kulit akan terlihat lebih cerah, halus, lembut, dan tentunya tampak sehat.

Itulah beberapa manfaat yang bisa kamu peroleh dengan menggunakan produk skincare yang mengandung salicylic acid. Sebelum memutuskan untuk menggunakannya, pastikan kamu sudah berkonsultasi dengan dokter ataupun spesialis kulit dan kecantikan untuk mengetahui seberapa sering kamu bisa menggunakannya, ya.

Namun, jika kamu ingin mendapatkan penghasilan tambahan, kamu bisa menjual produk-produk skincare yang mengandung salicylic acid ini, loh. Dengan bergabung bersama RAENA, kamu bisa memiliki usaha toko kecantikan sendiri baik sebagai reseller maupun dropshipper dan mendapatkan keuntungan hingga Rp100.000 per produk. 

October 12, 2022

App Download Banner

Yuk, belanja di RAENA dan kembangkan
bisnis bersama!

Kami yakin ini akan membantu
bisnismu berkembang pesat.

Leave A Comment