Tips Memilih Skincare Untuk Kulit Berminyak Serta 8 Rekomendasi Produknya

Dalam memilih skincare untuk merawat kulit berminyak membutuhkan perhatian khusus karena nggak bisa disamakan dengan perawatan jenis kulit lainnya. Namun sayangnya, masih banyak yang keliru memilih skincare untuk kulit berminyak sehingga menimbulkan masalah kulit lainnya. 

Skincare yang cocok untuk kulit berminyak memerlukan beberapa kandungan didalamnya, seperti non-comedogenic, BHA (beta-hydroxy acid), Hyaluronic Acid, oil-free, dan lain-lain. Kebutuhan akan akan kandungan tersebut dikarenakan, Kulit berminyak merupakan kondisi ketika produksi sebum di kulit berlebih. Sehingga jenis kulit ini juga sangat rentan berkomedo dan berjerawat. Wajah yang berminyak memang sering membuat nggak nyaman dan bisa memicu masalah kulit lainnya.

Meskipun perawatannya cukup sulit, tapi jangan salah,  kulit berminyak juga punya keuntungan tersendiri kok.  Minyak membuat kulit lebih lembab sehingga dapat mencegah munculnya garis halus dan keriput. Namun, minyak ini hanya melapisi permukaan kulit dan tidak melembapkan sel-sel kulit yang ada di bawahnya. 

Biar kamu nggak salah pilih skincare, berikut beberapa cara yang bisa kamu terapkan dalam memilih rangkaian skincare untuk kulit berminyak, agar wajahmu tetap terjaga kesehatannya. Lanjut baca, yuk.

Cara Memilih Skincare Untuk Kulit Berminyak

1. Pilih Produk Sesuai Jenis Kulit

Perawatan kulit wajah untuk setiap orang memang berbeda-beda, tidak terkecuali untuk jenis kulit berminyak.

Kamu perlu memilih produk yang diformulasikan secara khusus, salah satunya produk bebas komedo. Produk bebas komedo biasanya dikenal dengan non-comedogenic. Produk bebas komedo umumnya berbasis air, sehingga dapat menyerap lebih cepat dan tidak menyumbat pori-pori.

2. Gunakan Pembersih Wajah Bebas Minyak

Langkah perawatan untuk kulit berminyak selanjutnya yaitu hindari sabun pembersih wajah yang berbahan dasar krim atau minyak. Sebab, kedua bahan ini justru dapat membuat wajah kamu semakin berminyak.

Saat mencuci wajah dengan sabun pembersih, kamu juga dianjurkan untuk menggunakan air hangat. Sebab, air hangat mampu mengangkat minyak lebih baik daripada air bersuhu normal. Jangan lupa bilas wajah hingga bersih agar sisa sabun tidak tertinggal di kulit, ya!

3. Rutin Melakukan Eksfoliasi

Tahap selanjutnya yang tidak boleh dilewatkan yakni menggunakan exfoliating toner. Toner ini berfungsi untuk mengangkat sel-sel kulit mati yang bisa menyumbat pori-pori dan menyebabkan masalah jerawat.

Exfoliating toner yang paling disarankan dalam rangkaian skincare untuk kulit berminyak adalah BHA (beta-hydroxy acid) alias asam salisilat. Selain dapat mengangkat sel kulit mati, asam salisilat juga bermanfaat sebagai antiradang sehingga dapat mengurangi iritasi dan menurunkan produksi minyak berlebih. 

Namun, exfoliating toner ini tidak perlu dipakai setiap hari, ya! Cukup gunakan dua atau tiga hari sekali agar kelembapan kulitmu tetap terjaga.

4. Pilih Serum dengan Kandungan Hyaluronic Acid

Nggak sedikit yang melewatkan penggunaan serum dalam rutinitas skincare untuk kulit berminyak. Padahal, serum dengan kandungan Hyaluronic Acid memiliki manfaat yang baik untuk kamu yang memiliki jenis kulit berminyak.

Serum ini tidak hanya mampu untuk mengatasi jerawat tetapi juga dapat meremajakan kulit wajahmu. Maka dari itu, jangan sampai kamu lewatkan penggunaan serum ini dalam rangkaian skincare kamu, ya. 

5. Jangan Skip Pelembab Wajah

Siapa bilang kulit berminyak nggak butuh pelembab? Nggak pakai pelembab dengan alasan kulit berminyak itu keliru banget, lho. Apapun jenis kulitmu, pelembab adalah skincare nggak boleh kamu lewatkan. 

Untuk jenis kulit berminyak, kamu bisa menggunakan pelembab bertekstur gel seperti aloe vera. Hindari pelembab yang mengandung mineral oil karena dapat menyumbat pori-pori dan menyebabkan munculnya jerawat baru.

Penggunaan pelembab wajah dalam rangkaian skincare untuk kulit berminyak ini dapat kamu lakukan pada pagi dan malam hari, ya.

6. Rutin Menggunakan Sunscreen

Bagian yang nggak kalah penting dari rangkaian skincare untuk kulit berminyak tetapi sering dilewatkan adalah penggunaan sunscreen (tabir surya). Padahal sunscreen sangat penting untuk melindungi kulit dari paparan sinar UVA dan UVB, terutama jika kamu beraktivitas di luar ruangan.

Jika kamu ingin membeli tabir surya, pilihlah yang berbentuk gel dan berlabel oil-free. Jangan hanya mengandalkan SPF yang terkandung pada make-up saja, ya.

7. Rutin Menggunakan Masker Wajah

Selain dapat membantu mengontrol kadar minyak pada wajah, rutin mengaplikasikan masker pada wajah juga bermanfaat untuk mengecilkan pori-pori dan mengangkat sel kulit mati.

Masker alami yang dianjurkan dalam skincare untuk kulit berminyak adalah perpaduan mentimun, lemon, dan putih telur. Ketiga bahan alami ini baik untuk membantu menghidrasi kulit, membersihkan pori-pori, dan membunuh bakteri penyebab jerawat.

Namun, nggak ada salahnya juga memilih masker wajah yang lebih praktis. Saat membeli, pilihan masker yang berfungsi untuk mengontrol kadar minyak pada wajah. 

8. Selalu Sedia Kertas Minyak

Selain skincare yang tepat, kamu juga perlu menggunakan kertas minyak untuk mengontrol jumlah minyak berlebih pada kulit tanpa membuat kulit terasa kering. Jika kamu sering beraktivitas di luar ruangan, kertas minyak ini bakalan ngebantu banget, lho. 

Cara menggunakannya gampang banget kok. Kamu hanya perlu menempelkan atau mengelap wajah dengan lembut menggunakan kertas minyak tersebut di area wajah yang berminyak.

Kandungan Skincare Untuk Kulit Berminyak yang Perlu Dihindari

Sebelum membeli produk untuk perawatan kulit, ada baiknya kamu mengetahui dengan jelas bahan apa saja yang terkandung didalamnya. Bagi yang memiliki kulit berminyak dan cenderung berjerawat, berikut adalah beberapa kandungan dalam skincare yang sebaiknya dihindari, ya. 

1. Minyak Mineral

Umumnya minyak mineral memang baik untuk kulit. Tetapi, tidak untuk kulit berminyak. Salah satu bentuk minyak mineral yang mudah kamu jumpai adalah petroleum jelly. Petroleum jelly merupakan salah satu turunan dari minyak mineral yang hadir dalam bentuk padat.

Jika kulitmu berminyak, sebaiknya hindari produk skincare yang memiliki kandungan ini karena akan meningkatkan kadar minyak pada lapisan kulitmu.

Sebagai gantinya, pilihlah skincare untuk kulit berminyak yang berbahan dasar air dalam bentuk gel atau lotion. Jangan lupa untuk selalu memastikan produk yang kamu gunakan tidak menyumbat pori-pori (non-komedogenik), ya!

2. Alkohol

Produk dengan bahan dasar alkohol, memang bisa membantu mengurangi kadar kelebihan minyak pada kulit. Namun, jika digunakan untuk sehari-hari justru dapat membuat kulit menjadi kering, iritasi, dan merusak skin barrier.

Sebisa mungkin pilihlah produk perawatan untuk kulit berminyak yang tidak berbahan dasar alkohol. Sebaiknya, pilihlah produk yang berbahan lembut, menenangkan, dan melembabkan kulit.

3. Silikon

Umumnya, kandungan silikon lebih sering ditemukan pada produk make-up seperti primer, foundation, dan bedak. Silikon bekerja dengan cara mengisi pori-pori dan menjadi lapisan baru yang menetap di lapisan kulit kamu.

Wajah yang berminyak disertai pori-pori yang tertutup akan membuat kulit sulit bernapas. Akibatnya, kulit kamu bisa ditumbuhi jerawat jika menggunakan produk dengan kandungan silikon secara rutin. Oleh karena itu, usahakan untuk nggak menggunakan produk yang mengandung bahan satu ini, ya.

5 Rekomendasi Produk Skincare Untuk Kulit Berminyak

Mencari produk skincare yang cocok untuk kulit berminyak memang nggak mudah. Terkadang kamu harus mencoba berbagai macam produk sampai akhirnya menemukan yang benar-benar cocok untuk kulit wajahmu.

Nah, berikut ini adalah 5 rekomendasi produk skincare untuk kulit berminyak yang bisa kamu coba.

1. Some by Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Acne Clear Foam

Some by Mi AHA BHA PHA 30 Days Miracle Acne Clear Foam

Foam cleanser dari Some by Mi dengan kandungan air daun Teatree ini bisa kamu gunakan dalam rangkaian skincare untuk kulit berminyak.

Pembersih untuk kulit berminyak dan berjerawat ini membantu melarutkan keratin dan sebum berlebih dengan bersih. Bahan alami Truecica™ juga efektif membantu menenangkan dan melindungi kulit.

2. Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream

Dear Me Beauty Skin Barrier Water Cream

Dari sekian banyak rangkaian skincare, salah satu skincare yang bagus untuk kulit berminyak dan wajib kamu gunakan adalah pelembab wajah berbahan dasar air.

Pelembab wajah dari Dear Me Beauty ini bisa jadi pilihan kamu. Pelembab yang bisa digunakan pada pagi dan malam ini berfungsi untuk memperkuat serta melindungi kulit sekaligus membantu melawan tanda-tanda penuaan dini.

3. Histoire Naturelle Ectoin Hydra Sooth Mild Toner

Histoire Naturelle Ectoin Hyrda Sooth Mild Toner

Hydra Smooth Mild Toner merupakan toner yang mampu memberikan kesegaran dan kelembapan pada kulit tanpa menyebabkan rasa lengket.

Toner untuk semua jenis kulit ini hadir dengan kandungan Ectoin yang dapat melindungi kulit dari radikal bebas, mengurangi kerusakan sel akibat sinar UV, membuat sel pelindung, mengaktifkan kembali kemampuan pertahanan diri kulit, dan nggak menyebabkan iritasi.

4. Nacific Fresh Herb Origin Serum Skin Care

Nacific Fresh Herb Origin Serum Skin Care

Produk best seller dari Nacific yang satu ini juga bisa kamu masukkan dalam rangkaian skincare-mu.

Serum berbahan alami ini berfungsi untuk mengecilkan pori-pori, melembabkan kulit, dan anti aging. Sepicalm yang terkandung di dalamnya juga membantu menenangkan kulit sekaligus menyeimbangkan kadar air dan minyak di kulit.

5. Ingrid Stand Strong UV Stick Sunscreen

Ingrid Stand Strong UV Stick Sunscreen

Meskipun kamu memiliki jenis kulit berminyak, penggunaan sunscreen nggak boleh kamu lewatkan, lho.

Sunscreen dengan SPF 50 PA++++ ini berbentuk stik sehingga mudah digunakan dan sangat higienis. Ingrid Stand Strong UV Stick Sunscreen memiliki tekstur anti lengket sehingga tidak menyumbat pori-pori (non-komedogenik) dan aman untuk kulit sensitif maupun berjerawat.

Nah itulah beberapa tips untuk memilih skincare untuk kulit berminyak, tips perawatan, dan rekomendasi skincare yang bagus untuk kulit berminyak. Hal ini nggak cuma penting untuk orang yang memiliki kulit berminyak, tetapi juga bagi kamu para beautypreneur. Dengan memiliki wawasan tentang kulit berminyak, kamu bisa merekomendasi skincare yang tepat untuk pelanggan kamu. Stok Dari RAENA sekarang untuk tokomu, yuk. 

March 24, 2022

App Download Banner

Yuk, belanja di RAENA dan kembangkan
bisnis bersama!

Kami yakin ini akan membantu
bisnismu berkembang pesat.

One Comment

  1. romantik69.co.il April 4, 2022 at 9:49 am - Reply

    Very nice write-up. I definitely appreciate this site. Thanks!

Leave A Comment