Analisa KulitAnalisa kulitmu dan dapatkan rekomendasi produk yang tepat

Mulai Analisa Kulit

7 Cara Mengatasi Kulit yang Tidak Cocok dengan Skincare!

blog
Apakah kamu pernah membeli produk skincare namun yang didapatkan setelah memakai produk tersebut bukan kulit mulus dan justru menjadi bruntusan? Pasti akan sangat menyebalkan, apalagi jika kamu membeli produk tersebut dengan harga yang mahal. Lalu, kalau sudah begitu kira-kira bagaimana cara mengatasi kulit yang tidak cocok dengan skincare? Yuk, simak penjelasannya berikut ini!

Ketahui Ciri-ciri Kulit yang Tidak Cocok dengan Skincare

Sebelum kamu mengetahui lebih lanjut mengenai cara mengatasi kulit yang tidak cocok dengan skincare, ada baiknya jika kamu mengetahui apa saja tanda-tanda yang diberikan kulit saat memakai produk yang tidak cocok sehingga bisa menghentikan pemakaian sebelum kondisi kulit menjadi lebih parah. Berikut ciri-cirinya.
  • Rasa Gatal pada Kulit

Sebenarnya, rasa gatal yang normal bisa terjadi ketika kamu memakai produk skincare terutama produk yang memiliki fungsi untuk eksfoliasi. Namun, jika kamu merasa rasa gatal di kulit terasa mengganggu, maka sebaiknya hentikan penggunaan produk ya!
  • Sensasi Panas dan Menyengat

Normal saja jika kamu merasakan rasa panas pada kulit sekitar satu menit saat memakai produk. Namun, perhatikan juga jika sensasi panas dan menyengat berlangsung lama, bisa saja kamu alergi terhadap salah satu kandungan yang pada produk skincare tersebut.
  • Muncul Ruam Kemerahan

Munculnya ruam kemerahan pada kulit menjadi tanda bahwa kamu tidak cocok dengan skincare tersebut. Biasanya, ruam dapat disebabkan oleh produk yang mengandung bahan pewangi dan pengawet di dalamnya. Untuk menghindari terjadinya ruam, kamu bisa melakukan patch test terlebih dahulu. Jika muncul ruam pada area yang dites, maka mungkin kamu tidak cocok dengan produk skincare tersebut.
  • Kulit Menjadi Kering dan Mengelupas

Ketika kamu memakai suatu produk skincare dan kulit menjadi kering dan mengelupas, dapat disimpulkan kalau kamu tidak cocok dengan produk tersebut. Kondisi kulit yang mengelupas terjadi saat skin barrier mengalami kerusakan. Hal ini disebabkan karena adanya kandungan di dalam produk yang terlalu kuat untuk kulit wajah sehingga membuat kulit mengalami iritasi dan lapisan kulit pun rusak. Baca juga: 5 Produk Skincare Ini Cocok Banget untuk Kulit Sensitif

Lalu, Bagaimana Cara Mengatasi Kulit yang Tidak Cocok dengan Skincare?

1. Hentikan Penggunaan Produk

Segera hentikan pemakaian skincare apabila kulit terasa panas, gatal, dan muncul ruam kemerahan ya! Seperti yang sudah dijelaskan sebelumnya, kondisi kulit tersebut merupakan tanda kalau kulit tidak cocok dengan produk tersebut. Oleh karena itu, disarankan untuk menghentikan penggunaan sebelum terjadi masalah kulit yang lebih serius.

2. Jangan Menekan Jerawat

Salah satu masalah yang sering muncul saat tidak cocok dengan skincare yaitu jerawat. Saat muncul jerawat, sebaiknya kamu jangan menekannya. Kenapa? Karena jika ditekan, bakteri yang ada di tangan dapat memperburuk kondisi jerawat nantinya dan akan menyebabkan muncul jerawat yang baru. Bukan hanya itu, menekan jerawat juga dapat memicu peradangan kulit yang menyebabkan munculnya bekas.

3. Perbaiki Skin Barrier

Jangan lupa untuk perbaiki skin barrier atau lapisan pelindung kulit. Penting untuk menjaga skin barrier agar alergi pada kulit dapat teratasi dengan baik. Nah, saat skin barrier rusak, sebaiknya kamu rutin memakai pelembab dan membersihkan wajah. Pilih juga skincare berbahan ringan untuk mengatasi kulit yang sedang bermasalah agar tidak merusak skin barrier dan bisa menghidrasi kulit dengan baik.

4. Sederhanakan Step Skincare

Solusi untuk kulit tidak cocok skincare selanjutnya kamu bisa menyederhanakan skincare. Lakukan hanya 3 step saja untuk mengatasi kulit yang tidak cocok dengan skincare yaitu dengan membersihkan, melembabkan, serta melindungi wajah. Pilih produk berbahan ringan untuk memperbaiki kulit. Jika dirasa kondisi kulit sudah membaik, barulah kamu bisa menambahkan perlahan produk-produk skincare dan lakukan tes untuk mengetahui mana yang cocok di kulitmu.

5. Jauhi Kandungan yang Dapat Memicu Alergi

Perhatikan produk skincare yang akan kamu gunakan, apakah ada bahan tertentu yang dapat menimbulkan efek samping alergi pada kulit atau tidak. Dalam memilih skincare, kamu bisa memilih produk yang bersifat hypoallergenic atau berlabel tidak rentan menyebabkan alergi atau iritasi kulit.

6. Men-detox Wajah

Langkah selanjutnya yaitu dengan melakukan detox wajah. Hal ini bertujuan untuk membersihkan wajah dari kotoran atau bahan penyebab iritasi kulit. Dengan melakukan detox wajah, kamu dapat memperbaiki sel kulit yang rusak.

7. Lakukan Konsultasi dengan Dokter

Apabila kamu sudah melakukan semua cara di atas namun masalah kulit wajah tidak membaik, maka sebaiknya temuilah dokter untuk melakukan konsultasi sehingga masalah kulit bisa diatasi dengan cara yang tepat. Biasanya, dokter akan memberikan obat yang tepat untuk mengurangi iritasi pada kulit. Itulah penjelasan serta cara-cara yang bisa kamu lakukan untuk mengatasi kulit tidak cocok dengan skincare. Semoga kamu tidak kebingungan lagi untuk menangani kulit yang iritasi, ya!