Analisa Kulit

Mulai Analisa Kulit

3 Cara Menghitung Keuntungan Jualan Agar Tidak Rugi

blog

Saat menjalani bisnis, penting bagi kamu untuk mengetahui cara menghitung keuntungan jualan agar terhindar dari kerugian nantinya. Ada banyak cara untuk menghitung keuntungan, kamu hanya perlu memilih cara yang tepat. Nah, bagi kamu yang belum tahu bagaimana cara menghitung keuntungan, yuk simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini!

Kenapa Keuntungan Jualan Selalu Ludes?

Sebelum mengetahui cara menghitung keuntungan jualan, ada baiknya kamu mengetahui apa penyebab keuntungan jualan selalu habis. Ini berguna agar kamu bisa menghindari hal ini terjadi pada usaha yang sedang kamu jalani. Berikut ini alasan dibalik habisnya keuntungan jualan.

1. Memakai Keuntungan Usaha untuk Kepentingan Pribadi

Alasan kenapa keuntungan selalu habis yaitu karena selalu digunakan untuk kepentingan pribadi. Saat keuntungan usaha harusnya digunakan hanya untuk kepentingan usaha saja dan digunakan tidak sesuai dengan pos nya tentu akan membuat keuntungan tersebut jadi habis.

Kamu harus memperhatikan hal ini karena jika dijadikan kebiasaan, keuntungan jualan kamu akan terus menghilang tanpa jejak sehingga membawa dampak negatif untuk bisnis.

2. Tidak Menagih Piutang

Jangan lupa untuk menagih piutang, ya! Mungkin kamu pernah mengizinkan pembeli untuk berhutang atau kasbon untuk pembelian produk dengan jumlah yang banyak dan berpikir akan dibayar sehingga bisa memudahkan kamu dalam menghitung keuntungan jualan. Namun, jika kamu lupa untuk menagihnya, jumlah keuntungan kamu akan lebih sedikit dari yang kamu prediksi sebelumnya.

Baca juga: Wajib Tahu, Ini 5 Faktor Kegagalan Wirausaha yang Perlu Diwaspadai

Begini Cara Menghitung Keuntungan Jualan

Laba bersih adalah keuntungan yang sudah dikurangi dengan pajak, bunga, HPP, dan seluruh pengeluaran lainnya. Keuntungan ini nantinya menjadi dana yang ditarik oleh kamu atau bisa dijadikan sebagai modal awal untuk periode penjualan selanjutnya.

Untuk mengetahuinya, kamu bisa menggunakan rumus berikut ini sebagai cara menghitung keuntungan jualan:

Laba Bersih = Total Seluruh Pendapatan Kotor - Total Seluruh Pengeluaran

Sebagai gambaran, misalnya kamu memiliki laba kotor (total seluruh pendapatan) sebesar Rp100 juta selama setahun, dan kamu perlu membayar pajak, bunga, atau biaya operasional lainnya sebesar 30 juta. Maka, laba bersih yang kamu dapatkan yaitu:

Rp100 juta - Rp 30 juta = Rp 70 juta

Kurang lebih begitu cara menghitung keuntungan jualan yang dapat diterapkan. Dengan merencanakan secara teratur, usaha yang kamu punya akan berjalan dengan lancar kedepannya!

Bagaimana Mengatur Keuntungan Usaha dengan Benar?

 

1. Memisahkan Rekening Usaha dan Pribadi

Agar jumlah uang tidak tercampur, kamu disarankan untuk memisahkan rekening usaha dari rekening pribadi. Hal ini bertujuan agar tidak ada penggunaan menyilang, misalnya kamu memakai uang dari keuntungan usaha untuk keperluan pribadi sehingga arus kas usaha menjadi terganggu nantinya.

2. Membuat Pembukuan

Sekecil apapun usaha yang kamu jalani, sangatlah penting untuk membuat pembukuan. Sehingga, kamu bisa melihat arus pemasukan dan pengeluaran usaha setiap harinya untuk mengetahui apakah pemasukan dan pengeluaran sudah sesuai.

Kamu bisa membuat pembukuan yang sederhana dan mudah kamu mengerti jika kamu baru memulai sebuah usaha. Jadi, kamu akan langsung mengerti saat membuka hasil rekam pembukuan untuk dievaluasi lagi nantinya!

3. Rencanakan Keuangan Usaha

Hal terakhir yang penting untuk dilakukan yaitu membuat rencana keuangan usaha. Misalnya, keuntungan jualan yang kamu dapatkan selama setahun terakhir ingin disalurkan untuk apa saja. Kamu bisa meningkatkan jumlah produksi, melakukan ekspansi usaha, mensejahterakan karyawan jika kamu sudah memiliki karyawan, atau hal-hal lain yang dapat membawa keuntungan untuk bisnis kamu.

Dengan membuat rencana keuangan, kamu akan tahu nantinya uang yang kamu dapatkan dari usaha akan digunakan untuk apa saja. Jadi, usaha yang kamu jalani pun dapat berkembang sesuai harapan!

Itu dia penjelasan mengenai cara menghitung keuntungan jualan serta beberapa hal penting yang perlu kamu lakukan ketika berbisnis. Semoga bermanfaat!