Wajib Tahu, Ini 5 Faktor Kegagalan Wirausaha yang Perlu Diwaspadai

Menjalankan bisnis memang bukan pekerjaan yang mudah. Apalagi jika kamu masih awam sehingga akan ada banyak hal-hal baru untuk dihadapi. Jika kamu tidak memiliki perencanaan yang matang, bisnis yang baru berdiri mungkin tidak akan bertahan lama atau gagal. Oleh karena itu, kamu perlu mengetahui beberapa faktor kegagalan wirausaha agar dapat membantu kamu untuk lebih waspada akan risiko ketika menjalankan bisnis. Ini sangat penting untuk kamu yang merupakan pebisnis pemula, loh.

Penyebab kegagalan yang dialami wirausaha itu bermacam- macam, baik dari faktor internal maupun eksternal. Lantas, apa saja faktor kegagalan wirausaha yang perlu kamu waspadai? 

  • Kurang Pengetahuan dan Pengalaman

Kurang pengalaman dan pengetahuan dalam bisnis ternyata menjadi faktor kegagalan wirausaha yang sangat perlu diwaspadai. Kamu pasti sering dengar istilah “pengalaman adalah guru yang berharga”, kan? Hal itu juga berlaku kalau kamu ingin memulai sebuah usaha, loh.

Kalau kamu belum memiliki pengetahuan tentang bisnis apalagi jika disertai dengan belum adanya pengalaman, sebaiknya kamu belajar dulu tentang bagaimana cara menjalankan usaha yang benar dari orang lain. Setelah merasa cukup memiliki pengetahuan dan pengalaman baru kamu bisa membuka usahamu sendiri.

  • Kurang Perencanaan Bisnis 

Sebelum memulai usaha, tentunya kamu perlu menentukan rencana bisnis terlebih dahulu. Rencana bisnis biasanya mencakup segala sesuatu yang ingin kamu raih dan wujudkan dalam bisnis. Perencanaan yang matang misalnya jenis bisnis apa yang akan dijalankan, berapa besar modal dan dari mana mendapatkannya, bagaimana strategi pemasarannya dan lain sebagainya. 

  • Pengelolaan Uang yang Salah

Masalah uang memang bisa menjadi boomerang yang menakutkan bagi setiap pelaku usaha, apalagi jika kamu masih pemula. Pengelolaan yang dimaksud di sini bukan hanya seputar modal tetapi juga termasuk biaya operasional. Sebab jika kamu tidak pandai mengatur keuangan, ini bisa menjadi salah satu faktor yang menggagalkan usahamu. 

  • Takut Ambil Risiko

Takut ambil resiko termasuk dalam daftar faktor kegagalan wirausaha juga loh. Perlu kamu ketahui, di luar sana banyak pengusaha yang gagal karena tidak berani mengambil risiko. Jika kamu sedang merintis usaha, sebaiknya tidak mengikuti jejak para pengusaha yang gagal karena takut mengambil risiko, ya.

Mengambil risiko adalah bagian penting dari perjalanan bisnis. Namun, kamu juga tetap harus melakukan perhitungan yang cermat soal risiko tersebut. Jangan sampai risiko yang kamu ambil justru menuntun ke jurang kegagalan.

  • Terlalu Fokus pada Keuntungan

Mendapatkan keuntungan memang tujuan utama para pelaku usaha. Namun, terlalu fokus mengejar keuntungan juga bisa berakibat kurang baik. Apalagi jika sampai  mengabaikan kebutuhan konsumen. 

Salah satu hal penting yang perlu kamu lakukan adalah memilih untuk tidak berperang dengan kompetitor melalui harga. Dibandingkan perang harga, justru kamu sebaiknya bisa melengkapi unique selling point yang belum dimiliki oleh si kompetitor. 

Nah, itulah beberapa faktor yang bisa menjadi penyebab kegagalan wirausaha. Setelah mengetahui faktor kegagalan wirausaha di atas kamu bisa mengantisipasinya agar bisnis yang kamu jalankan tetap berjalan lancar. 

October 21, 2022

App Download Banner

Yuk, belanja di RAENA dan kembangkan
bisnis bersama!

Kami yakin ini akan membantu
bisnismu berkembang pesat.

Leave A Comment