Analisa Kulit

Mulai Analisa Kulit

Tetap Cuan Walau Di Rumah Aja Dengan 10 Usaha Sampingan Ini

blog

Salah satu cara untuk menambah penghasilan adalah membuka usaha sampingan di rumah. Selain menghasilkan uang, usaha sampingan di rumah juga bersifat fleksibel. Artinya, kamu bisa mengerjakannya kapan saja dan kamu juga tetap bisa melakukan aktivitas lainnya. Maka nggak heran, per tahun 2021, Kemenkeu menyatakan bahwa jumlah UMKM di Indonesia mengalami peningkatan.

Tentunya, peningkatan ini juga menandakan bahwa usaha sampingan yang dikerjakan di rumah pun bisa memberikan penghasilan yang cukup menjanjikan. Hal ini pasti membuat kamu tertarik untuk membuka usaha sampingan kan? Nah, buat kamu yang lagi bingung mau buka usaha apa dengan modal minim bahkan tanpa modal sama sekalipun, berikut adalah beberapa ide usaha yang bisa kamu jalankan.

1. Dropship

Jika kamu terkendala modal dan waktu untuk memulai usaha sampingan, maka dropship adalah jawaban yang tepat. Dengan dropship, kamu tidak perlu menyetok produk yang akan dijual. Cukup cari supplier terpercaya, kemudian pasarkan produk tersebut di toko onlinemu. Jika ada yang memesan, kamu tinggal pesan produk tersebut pada supplier, kemudian supplier akan mengemas dan mengirimkan barang tersebut ke alamat pembeli atas nama nama tokomu.

Gimana, mudah kan? Dropship ini cocok banget untuk kamu yang punya banyak aktivitas dan membutuhkan fleksibilitas yang tinggi. Ada berbagai macam produk yang bisa dijual dengan sistem ini, seperti produk-produk kecantikan yang pasti dibutuhkan setiap hari oleh perempuan maupun laki-laki. Kalau masih bingung bagaimana caranya, kamu bisa mengikuti cara ini untuk dropship di Shopee atau marketplace kesayanganmu.

2. Reseller

Usaha sampingan berikutnya yang nggak kalah fleksibel dan menjanjikan yaitu reseller. Dengan sistem ini, kamu bisa memesan produk dari produsen atau supplier, kemudian menjualnya kembali. Reseller hampir mirip dengan dropship. Bedanya, kamu yang harus mengemas dan mengirimkan produk pesanan kepada pembeli. Ada dua cara yang bisa dilakukan untuk menjalankan reseller yaitu menyetok barang atau melakukan PO (pre-order) yaitu memesan produk ketika ada pembeli yang memesan. Dengan begini, kamu bisa menghemat modal.

3. Membuka Laundry

Kamu punya mesin cuci di rumah? Buka laundry aja. Membuka usaha sampingan bisa dimulai dengan memaksimalkan apapun yang kita punya. Salah satunya yaitu mesin cuci. Kamu hanya perlu mesin cuci, detergen, pengharum pakaian, setrika, dan sedikit area rumah yang terpapar sinar matahari untuk menjemur pakaian. Jika belum memiliki jemuran yang cukup, buatlah jemuran sederhana menggunakan tali. Untuk tahap awal, kamu bisa menawarkan jasa laundry ini kepada tetangga atau teman-teman terdekat.

4. Membuka Jasa Ketik

Kamu bisa mengetik? Punya laptop atau komputer? Buka jasa ketik, yuk. Buat kamu yang masih sekolah dan butuh uang jajan tambahan, ini juga bisa menjadi usaha sampingan di rumah. Lho. Kamu bisa menawarkannya pada orang-orang terdekat, teman-teman, ataupun memasarkan jasa ketik melalui media sosial. Kamu bisa tahu lebih banyak ide usaha yang bisa menghasilkan uang tambahan setiap harinya, melalui artikel berikut ini, cek yuk: Layak Dicoba! 5 Ide Usaha yang Menghasilkan Uang Setiap Hari

5. Membuka Bimbingan Belajar

Membuka bimbingan belajar adalah salah usaha sampingan lainnya yang bisa dilakukan di rumah. Mulai dari bimbingan belajar membaca dan menulis, bahasa Inggris, matematika, dan lain sebagainya. Bimbingan belajar ini nggak harus bidang akademik, lho. Jika kamu punya keahlian khusus diluar akademik, seperti bermain musik, tari, olahraga, dan lainnya,kamu juga bisa melakukannya.

6. Menjual Makanan Atau Minuman

Makanan dan minuman adalah salah satu kebutuhan dasar manusia. Maka dari itu, menjual makanan atau minuman bisa menjadi usaha sampingan yang menjanjikan. Kamu bisa membuatnya sendiri atau membeli dari orang lain dan menjual kembali dengan harga yang lebih tinggi. Makanan ini nggak harus makanan berat ya, tetapi bisa berupa camilan.

7. Menjual Pulsa Dan Token Listrik

Usaha sampingan yang fleksibel selanjutnya yaitu menjual pulsa, kuota, dan token listrik. Pada zaman yang serba canggih ini, manusia sangat bergantung pada listrik dan koneksi internet. Ini merupakan peluang besar yang bisa kamu manfaatkan.

8. Menjual Jasa Penerjemah

Kamu menguasai suatu bahasa? Jika ya, keahlian ini bisa dimanfaatkan untuk menghasilkan uang tambahan. Lho. bukalah jasa penerjemah dan kamu bisa menentukan harga jasa sesuai dengan yang kamu inginkan. Namun, kamu harus riset harga di pasaran juga ya. Jangan sampai jasa yang kamu tawarkan terlalu murah atau terlalu mahal.

9. Menjual Tanaman Hias

Menjual tanaman hias juga merupakan peluang yang bagus untuk membuka usaha sampingan lho. Apalagi jika kamu juga menyukai tanaman, tentu ini akan semakin menyenangkan. Kamu bisa menyimpan dan merawat tanaman hias tersebut di rumah, kemudian memasarkannya secara online. Jadi kamu tidak perlu biaya tambahan untuk menyewa tempat.

10. Jasa Cuci Motor Dan Sepatu

Usaha sampingan terakhir yang bisa kamu lakukan di rumah yaitu membuka jasa cuci motor dan sepatu. Di negara ini banyak sekali pengguna motor setiap harinya, tetapi tidak semua dari mereka punya waktu untuk mencuci motor. Ini adalah kesempatan emas untuk mendapatkan penghasilan tambahan. Kamu juga bisa menawarkan home service yaitu kamu yang mendatangi rumah pelanggan. Selain motor, jasa cuci sepatu juga cukup menjanjikan lho.

Nah itulah sepuluh ide usaha sampingan yang bisa dilakukan di rumah. Gimana, udah tau mau buka usaha sampingan apa? Jika kamu berminat untuk menjadi seorang beautypreneur dengan sistem dropship maupun reseller, temukan semua jawaban atas pertanyaanmu pada frequently ask questions ini, yuk.