Analisa Kulit

Mulai Analisa Kulit

Pentingnya Mengenal Basic Skincare dan Urutan Penggunaannya

blog

Untuk memiliki kulit wajah yang sehat, cerah serta berseri, ternyata tidak membutuhkan perawatan wajah yang ribet dan mahal, loh. Kamu cukup memulai dengan basic skincare terlebih dahulu.

Basic skincare adalah tahapan penggunaan skincare yang paling mendasar. Sebenarnya, perawatan dasar ini penting sekali, terutama bagi pemula. Sebab, dengan memahami dan mengaplikasikannya, kamu membangun fondasi yang kuat agar kulit terlindungi dari permasalahan kulit.

Jika kamu ingin mengaplikasikan perawatan dasar dalam rutinitasmu, hal pertama yang harus dilakukan adalah mengenali jenis kulit. Sebab, setiap kulit memiliki kondisi dan penanganan yang berbeda-beda. Perawatan kulit yang satu ini termasuk paling dasar dan aman digunakan untuk semua jenis kulit serta tidak membutuhkan banyak produk.

Baca Juga: Tips Memilih Skincare Untuk Kulit Kering

Apa Saja Basic Skincare yang Wajib Digunakan?

Perlu diingat bahwa menerapkannya bukanlah demi kecantikan semata, melainkan juga untuk menyempurnakan warna dan kondisi kulit.

Jika kamu tidak terbiasa melakukan perawatan wajah, maka cobalah rutin untuk menerapkan perawatan dasar ini untuk mendapatkan kulit yang sehat dan glowing. Produk yang wajib kamu gunakan untuk menerapkan basic skincare, yaitu:

  • Facial Wash

pencuci muka

Langkah pertama dalam perawatan dasar adalah membersihkan wajah (cleansing). Sebaiknya, gunakanlah pembersih wajah yang cocok dengan kulitmu minimal dua kali sehari. Membersihkan wajah sangat efektif untuk membantu mengangkat kotoran yang menempel pada kulit.

Bagi kamu yang rutin menggunakan makeup, gunakanlah cleansing oil atau micellar water untuk menghapus makeup lalu diikuti dengan membersihkan wajah. Metode seperti ini disebut double cleansing. Double cleansing tidak hanya untuk membersihkan wajah secara menyeluruh, tetapi juga dapat merevitalisasi kulit yang kusam.

Salah satu produk pembersih wajah yang bisa kamu gunakan dalam rangkaian basic skincare adalah Itfer Everyday Balancing Low pH Cleanser. Cleanser ini dapat digunakan oleh semua jenis kulit, termasuk kulit sensitif sekalipun. Tidak hanya itu, sabun wajah dengan pH rendah ini juga mengandung bahan alami sehingga aman digunakan oleh ibu hamil dan ibu menyusui. Untuk pemakaian produk skincare bagi pemilik kulit sensitif ga boleh asal loh, kamu bisa ketahui rekomendasi produk di artikel berikut, cek yuk: Rekomendasi Produk Skincare Untuk Kulit Sensitif

  • Toner

toner

Urutan berikutnya adalah penggunaan toner. Toner digunakan untuk membantu mempersiapkan kulit sebelum menggunakan skincare selanjutnya. Sedangkan, bagi kamu yang memiliki kulit berjerawat, penggunaan toner juga dapat membantu mengempeskan jerawat dan meredakan peradangan.

Kamu bisa menggunakan toner yang mengandung Niacinamide untuk membantu mencerahkan wajah, mengontrol produksi sebum berlebih dan mencegah breakout serta bakteri penyebab jerawat. Ingin tahu cara pakai toner yang benar? Cari tahu di artikel berikut ini, cek yuk: Cara Memakai Toner yang Benar Supaya Hasilnya Maksimal

Baca Juga: 8 Produk Kecantikan Terbaik Agar Wajah Glowing Setiap Hari

  • Pelembap

pelembab

Setelah membersihkan wajah dan mempersiapkan kulit, langkah selanjutnya adalah mengaplikasikan pelembap. Pelembap berfungsi untuk melembapkan kulit, menguatkan lapisan kulit sekaligus menghaluskan tekstur kulit.

Jika kamu memiliki kulit wajah kering, normal, atau kombinasi, maka pilihlah pelembap yang bertekstur krim. Sedangkan, untuk tipe kulit berminyak, gunakan pelembap dengan tekstur gel atau cair. Gunakan pelembap pada pagi dan malam hari.

Kamu bisa ketahui lebih tentang urutan skincare malam, melalui artikel berikut ini, cek yuk: Urutan Memakai Skincare Malam Biar Makin Kulit Tetap Sehat
  • Sunscreen

sunscreen

Perawatan dasar untuk kulit yang terakhir adalah melindungi kulit. Sebab, kulit yang sehat adalah kulit yang terlindungi dari paparan sinar UVA dan UVB. Menggunakan sunscreen di pagi hari sudah terbukti efektif melindungi kulit wajah dari penuaan akibat terkena paparan sinar matahari, loh.

Untuk mendapatkan perlindungan yang optimal, kamu disarankan untuk menggunakan sunscreen mengandung SPF minimal 30. Terlebih, jika kamu melakukan banyak aktivitas di luar ruangan. Aplikasikan sunscreen 30 menit sebelum menggunakan makeup atau sebelum keluar rumah. Ulangi pemakaian tabir surya setiap 2-4 jam sekali, ya.

Dengan menerapkan perawatan dasar ini secara rutin, kamu bisa mendapatkan kulit cantik yang sehat dan terawat. Namun, kamu juga perlu memperhatikan urutan pemakaian skincare karena urutan skincare yang sesuai akan membuat skincare dapat bekerja dengan baik.

Cari tahu urutan skincare pagi hari dengan membaca artikel berikut, yuk: Urutan Memakai Skincare Pagi, Agar Kulit Terlindungi.