Dijamin Sukses! Ini 7 Cara untuk Menjadi Distributor Kosmetik

Semakin banyak peminatnya, bisnis di bidang kosmetik terbukti menjanjikan. Hal ini dikarenakan perkembangan dunia bisnis yang pesat dan semakin mudah untuk memulai usaha tanpa perlu repot membuat produk kosmetik sendiri. Berbicara soal bisnis kosmetik, menjadi distributor kosmetik bisa memberikan kamu banyak keuntungan loh. Bagi kamu yang ingin mencoba berbisnis menjadi distributor, ada beberapa langkah yang penting untuk diperhatikan sebelum memulai bisnis kosmetik. Simak penjelasan lebih lengkapnya mengenai distributor kosmetik di bawah ini! 

Apa Itu Distributor?

Sebelum mengetahui lebih jauh langkah-langkah menjadi distributor, penting bagi kamu untuk tahu apa itu distributor dan proses kerjanya.

Distributor adalah seseorang yang bertugas untuk menyalurkan produk kepada pihak konsumen. Sedangkan untuk proses kerjanya, distributor akan membeli produk dari produsen yang kemudian akan dijual kembali kepada pengecer atau langsung ke konsumen.

Distributor identik dengan pembelian produk dari produsen dalam jumlah yang besar sehingga sering dianggap sebagai penghubung pertama antara konsumen dan juga produsen. 

Untuk keuntungan sendiri, distributor akan memperolehnya dari harga penjualan kepada konsumen dan potongan harga yang didapatkan dari produsen. 

Yang Harus Dilakukan untuk Menjadi Distributor Kosmetik

Nah, setelah tahu apa itu distributor dan proses kerjanya, sekarang saat mengetahui apa saja yang harus dilakukan jika kamu ingin menjadi distributor kosmetik. Penasaran penjelasan lebih lengkapnya? Berikut ini cara-cara yang harus dilakukan bagi kamu yang pemula. 

1. Siapkan Modal

Di dalam sebuah bisnis, modal adalah hal pertama yang perlu disiapkan agar bisnis tersebut bisa berjalan. Jadi, sebelum memulai bisnis jangan lupa untuk mempersiapkan modal dengan baik terlebih dahulu! Terlebih kamu ingin memulai bisnis sebagai distributor kosmetik. Modal yang diperlukan tentu tidak sedikit untuk membeli produk-produk yang ingin dijual nantinya. 

2. Melakukan Riset dan Kenali Target Terlebih Dahulu 

Salah satu kesalahan yang dialami distributor pemula yaitu memilih produk yang dipikir dapat terjual dengan baik. Namun ternyata, kamu harus melakukan riset pasar terlebih dahulu dan menyesuaikan produk yang ingin dijual dulu, loh! Jadi kamu tidak hanya ikut-ikutan saja dalam menjual suatu produk. 

Jika paham jenis pasar dan target konsumen, maka kamu bisa menentukan strategi marketing yang tepat nantinya. Selain itu, kamu juga perlu melihat kualitas produk. Karena itu juga akan memberikan pengaruh pada kesuksesan bisnis kamu sebagai distributor kosmetik. 

3. Memilih Produk dengan Resiko Rendah 

Mungkin kamu sudah tahu kalau ada banyak produk kosmetik yang dijual bebas dan termasuk ilegal untuk dijual. Saat menjadi distributor, jangan sampai kamu memilih produk yang dapat menyebabkan efek negatif untuk kesehatan ya. Apabila belum yakin dengan kualitas produk dan efek samping yang diberikan untuk kesehatan, sebaiknya hindari menjual produk tersebut. 

Pilihlah produk-produk kosmetik yang sudah terbukti aman hingga berlabel BPOM dan halal. 

4. Pilih Produk Original

Hal lain yang perlu diperhatikan saat menjadi distributor kosmetik yaitu memilih produk yang original. Jadi, bukan hanya keamanan produk saja yang harus diperhatikan. Karena tidak sedikit produk kosmetik KW yang dijual oleh banyak orang. Bukan hanya bisa memberikan efek samping yang buruk untuk kesehatan, menjual produk yang tidak original akan membuat bisnis kamu menjadi jelek di mata para pembeli. Jadi, jangan lupa untuk memilih produk yang original ya!

5. Menerapkan Strategi Bisnis yang Tepat 

Langkah selanjutnya yang harus dilakukan untuk menjadi distributor kosmetik yaitu menerapkan strategi bisnis yang tepat. Memiliki strategi bisnis akan memberikan dampak untuk kecepatan perputaran modal bisnismu.

Karena modal yang dikeluarkan tidak dalam jumlah yang sedikit, jadi kamu perlu memiliki strategi bisnis yang efektif dan tepat agar bisnis yang kamu jalani sukses serta berjalan lancar. 

6. Tetapkan Harga Kompetitif 

Harga produk yang dipasarkan akan menjadi salah satu alasan calon pembeli memutuskan untuk membeli produk tersebut. Biasanya, orang-orang akan membeli produk dengan harga terjangkau dan dapat memberikan manfaat. Jadi, dengan menetapkan harga yang kompetitif, kamu bisa membuat para pembeli terus membeli produk yang kamu tawarkan. Hal tersebut akan membawa keuntungan untuk bisnis distributor kosmetik kamu nantinya! 

7. Perhatikan Perputaran Produk 

Penting untuk memperhatikan perputaran produk ketika kamu menjalani bisnis distributor kosmetik. Bagi kamu yang pemula dan merasa kesulitan, kamu bisa mengatasi masalah ini dengan menawarkan kerjasama dengan pihak lain untuk menjual produk-produk tersebut.

Contohnya, kamu bisa bekerja sama dengan para reseller kosmetik, membuka sistem dropship, ataupun afiliasi sehingga produk yang kamu tawarkan bisa cepat diterima konsumen terakhir.

Itulah 7 langkah yang bisa dilakukan bagi kamu yang ingin menjadi distributor kosmetik. Kamu juga bisa menjadi dropshipper atau reseller produk kecantikan bersama RAENA dan mendapatkan untung jual hingga Rp100.000 per produk. Yuk, download sekarang!

November 21, 2022

App Download Banner

Yuk, belanja di RAENA dan kembangkan
bisnis bersama!

Kami yakin ini akan membantu
bisnismu berkembang pesat.

Leave A Comment