Mau Jadi Pebisnis? 8 Karakter Wirausaha Ini Harus Kamu Miliki

Seiring dengan berkembangnya zaman, semakin banyak orang yang lebih memilih untuk menjalankan bisnis atau wirausaha. Memulai karir sebagai wirausaha tentu tidak mudah dan harus dilalui dengan proses yang tidak mudah. Untuk dapat melewati segala tantangan dalam berbisnis yang penuh persaingan, kamu perlu memiliki karakter wirausaha yang kuat dalam dirimu.

Kerja keras disertai dengan karakter yang baik membuat seorang entrepreneur atau wirausahawan dapat bertahan dalam kesuksesan. Karakter wirausaha sangat penting untuk dibentuk. Sebab, faktor kesuksesan dalam berbisnis tidak hanya dipengaruhi oleh modal, pemasaran, promosi, atau kharisma sang pemilik usaha, namun juga soal bagaimana karakter dari orang yang menjalankannya.

Karakter wirausaha apa saja yang dibutuhkan untuk menjadi pebisnis yang sukses?

  • Disiplin

Sebagai seorang pebisnis kamu harus mempunyai karakter disiplin yang tinggi. Sikap disiplin ini adalah karakter wirausaha yang akan memperlihatkan bahwa kamu berusaha keras untuk melakukan apapun dalam urusan bisnis. 

Disiplin di sini maksudnya adalah keteraturan kamu dalam menjalankan usaha. Dengan sikap ini, kamu dapat memotivasi dan membangkitkan semangat diri untuk mencapai sebuah tujuan. Tetapi, kamu harus mampu mendisiplinkan diri sendiri terlebih dulu. Mulailah dari hal kecil seperti kapan waktu bangun tidur, jadwal kerja harian, kapan harus beristirahat, dan lain sebagainya.

  • Jujur

Dalam hal apapun, sebenarnya kejujuran menjadi hal yang sangat penting di hidup kita. Sama halnya dengan sikap jujur dalam wirausaha. Kejujuran harus menjadi prinsip yang dipegang dengan kuat. 

Kejujuran berkaitan dengan kepercayaan, seperti rasa percaya pelanggan pada produk yang kamu miliki. Seorang pebisnis yang jujur akan memiliki bisnis yang terus berkembang dengan baik.

  • Tanggung Jawab

Pribadi yang penuh tanggung jawab adalah karakter wirausaha yang dibutuhkan selanjutnya. Mulai dari hal kecil hingga hal besar, ia selalu berusaha memberikan yang terbaik untuk segala hal yang dipercayakan padanya.

 

  • Berkomitmen Tinggi

Karakteristik wirausaha selanjutnya kamu harus mempunyai komitmen yang tinggi. Sebab, komitmen yang tinggi dapat meningkatkan kepercayaan terhadap diri kamu ataupun perusahaan. Oleh karena itu, menjadi pribadi yang berkomitmen bisa membuat langkah kamu dalam berbisnis menjadi lebih mudah.

  • Berani Mengambil Resiko

Karakteristik wirausaha lainnya adalah memiliki sikap berani bertanggung jawab atas semua keputusannya dan bahkan mengambil risiko terberat. Berani mengambil risiko jika bisnis yang kamu jalankan nanti akan mengalami kerugian atau kegagalan. 

Pebisnis yang memiliki karakter diri seperti ini biasanya dapat mengatasi dengan baik dan sudah memiliki solusi supaya kejadian yang terjadi tidak terulang kembali di masa depan.

  • Mandiri dan Realistis

Sebagai seorang pebisnis atau wirausaha, kamu dibutuhkan untuk mandiri dan mampu bersikap realistis. Mandiri berarti tidak harus bergantung kepada orang lain. 

Sedangkan, sikap realistis diperlukan seorang pengusaha agar bisa merencanakan masa depan usahanya. Realistis disini maksudnya mampu membaca situasi dan kondisi yang terjadi serta memperhitungan risiko agar bisa menyusun strategi untuk meminimalisir potensi kerugian.

  • Penuh Kreativitas

Di zaman yang terus berkembang ini kamu juga perlu mengeluarkan inovasi-inovasi dan ide kreatif agar tidak kalah saing. Kreativitas adalah kemampuan untuk menciptakan sesuatu, dari yang mulanya tidak ada, menjadi ada dan bisa dirasakan manfaatnya. 

Dengan memiliki karakter tersebut, kamu akan selalu tergerak untuk mengembangkan produk-produk yang kamu jual. Misalnya dari segi pemasaran.

  • Rendah Hati

Karakter wirausaha yang rendah hati juga tidak kalah pentingnya. Pebisnis yang rendah hati di sini maksudnya adalah ia mau mengakui keunggulan orang lain. Dia tidak segan mengapresiasi pencapaian orang lain. Bahkan saat sedang di atas, dia tidak merasa sombong dan meremehkan orang lain. 

Itulah delapan karakter wirausaha yang harus dimiliki oleh seorang pengusaha atau pebisnis. Perlu diingat, karakter-karakter di atas bukan bawaan lahir. Kebanyakan karakter tersebut baru akan muncul jika kamu terus-menerus mengasahnya.

October 18, 2022

App Download Banner

Yuk, belanja di RAENA dan kembangkan
bisnis bersama!

Kami yakin ini akan membantu
bisnismu berkembang pesat.

Leave A Comment