5 Ide Usaha Rumahan yang Cocok Untuk Pemula

Menjalankan bisnis rumahan bisa menjadi alternatif bagi kamu yang ingin mendapatkan penghasilan. Apalagi, jika kamu merasa gaji bulanan kamu belum cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Memulai bisnis rumahan adalah langkah tepat untuk menghasilkan uang tambahan. Tertarik untuk memulai tetapi masih bingung apa saja sih usaha rumahan yang cocok untuk pemula? Temukan jawabannya dalam artikel ini, yuk.  

Bisnis Rumahan Untuk Pemula

1. Jasa Foto Produk

Jika kamu memiliki passion di bidang fotografi, kamu bisa membuka bisnis fotografi. Di zaman serba online seperti sekarang ini, banyak loh yang membutuhkan jasa fotografi.

Saat ini bisnis online marak dilakukan, jasa foto produk pun semakin dibutuhkan. Bermodalkan kamera pribadi dan insting fotografi,  kamu bisa menjalankan usaha rumahan yang satu ini. Misalnya, kamu bisa membuka jasa produk untuk katalog dengan mengambil objek foto dari beberapa angel.

2. Social Media Management

Dengan menjalani bisnis social media management, kamu tidak perlu mengeluarkan banyak modal. Kamu hanya memerlukan gadget seperti handphone dan laptop, serta kreativitas dalam bermain sosial media.

Jika kamu memiliki kemampuan dalam mengurus media sosial dengan baik, cobalah untuk menawarkan jasa social media management kepada para pelaku usaha yang ingin merambah ke dunia online. Selain tidak sempat melakukan foto produk, banyak juga loh bisnis yang ingin merambah pasar online tapi kesulitan mengurus media sosialnya. Psst.. jasa ini juga bisa sama lakunya seperti jasa foto produk loh.

3. Personal Shopper

Kamu bisa loh memanfaatkan ke-mager-an orang-orang untuk mendapatkan cuan tambahan dengan menjadi personal shopper.

Kamu bisa menawarkan paket delivery setiap hari untuk membeli barang-barang yang dibutuhkan. Untuk menjalankan usaha rumahan yang satu ini, yang kamu butuhkan adalah semangat untuk mencari barang-barang sesuai dengan permintaan pelanggan dan mengantarkannya hingga ke tempat tujuan.

4. Dropshipper

Dropshipper bisa menjadi salah satu pilihan kamu dalam memilih usaha rumahan yang cocok untuk pemula. Usaha ini bisa kamu jalankan dengan modal kecil atau bahkan tanpa modal, loh.

Walaupun umumnya dropshipper adalah bisnis jualan, tetapi kamu tidak perlu repot-repot memiliki persediaan barang untuk menjalankan usaha ini. Kamu hanya perlu menentukan jenis dan produk apa saja yang ingin dijual. 

Bisnis ini melibatkan pihak ketiga yang menghubungkan antara pembeli dan produsen (supplier) barang.

Sebagai dropshipper, tugas kamu adalah mempromosikan barang yang dimiliki supplier di media sosial lalu meminta supplier untuk mengirimkan barang pada pembeli.

5. Reseller

Selain dropshipper, reseller juga dapat menjadi acuan kamu dalam memilih usaha rumahan yang cocok untuk pemula. Namun perlu diingat, reseller berbeda dengan dropshipper, ya.

Reseller perlu menyimpan persediaan barang (stok) sebelum dijual kembali. Modal yang dibutuhkan untuk menjadi reseller juga relatif lebih besar dibandingkan dropshipper. Tapi, tetap bisa kamu sesuaikan dengan budget dan pilihan produk yang ingin dijual, kok. 

Namun, jika kamu bergabung menjadi reseller bersama RAENA, kamu akan mendapatkan harga grosir serta memperoleh untung jual hingga Rp100.000 per produk.

Itu dia beberapa ide usaha rumahan yang cocok untuk pemula dan bisa kamu coba. Semuanya tidak membutuhkan modal yang besar, bahkan ada yang tidak membutuhkan modal uang sama sekali. Kamu tertarik merintis usaha rumahan yang mana, nih?

October 7, 2022

App Download Banner

Yuk, belanja di RAENA dan kembangkan
bisnis bersama!

Kami yakin ini akan membantu
bisnismu berkembang pesat.

Leave A Comment