4 Perbedaan Sunscreen dan Sunblock, Reseller Wajib Tahu Nih!

Sebagai reseller produk kecantikan, tentu kamu perlu mendalami berbagai ilmu pengetahuan seputar produk-produk yang kamu jual. Misalnya, saat kamu menjual sunscreen di toko kecantikanmu. Biasanya beberapa calon pembeli akan mengajukan pertanyaan seputar sunscreen yang kamu jual tersebut. Mulai dari kandungan, tekstur, manfaat, hingga perbedaan sunscreen dan sunblock.

Apa sih Perbedaan Sunscreen dan Sunblock?

Pada dasarnya, sunscreen dan sunblock sama-sama melindungi kulit dari sinar matahari. Namun, keduanya memiliki kandungan dan cara penggunaan yang berbeda. Yuk, simak ulasannya berikut ini.

Cara Kerja

Meskipun keduanya bermanfaat untuk melindungi kulit dari sinar matahari, namun perbedaan sunscreen dan sunblock yang paling terlihat ialah dari mekanisme perlindungannya. 

Sunscreen merupakan tabir surya yang dapat menembus dan diserap oleh kulit sebelum sinar UV mencapai lapisan kulit dan merusaknya. Namun, biasanya hanya bertugas melindungi kulit dari sinar UVB.

Sementara sunblock ialah tabir surya yang dapat menghalau dan memantulkan sinar matahari dari kulit. Sunblock dinilai efektif melindungi kedua jenis ultraviolet, yaitu UVA dan UVB.

Jangan khawatir, karena sama-sama memberikan perlindungan kamu bisa menggunakan salah satunya, kok. Hanya saja, mungkin kamu perlu melihat lebih teliti lagi apakah tabir surya yang kamu pilih memberikan perlindungan maksimal terhadap sinar UVA dan UVB.

Baca Juga: Rahasia Agar Bisnis Dropship Skincare Laris dan Menguntungkan!

Kandungan

Bila dilihat dari segi tekstur karena bahan di dalamnya, sunscreen memiliki berbagai senyawa kimia yang bertugas menyerap sinar matahari, seperti oxybenzone atau avobenzone. Namun, bahan ini bisa memicu reaksi alergi pada orang yang memiliki alergi terhadap PABA (asam para-aminobenzoic). Meski begitu, sunscreen memiliki tekstur yang lebih ringan dan tidak terlihat saat diaplikasikan pada kulit

Sedangkan sunblock umumnya mengandung zinc oxide atau titanium oxide. Kedua bahan ini dapat menghasilkan tekstur yang lebih tebal dan warna yang agak buram. Beberapa orang menganggap bahwa tekstur sunblock yang tebal dan warna sunblock yang keluar ini menyulitkan mereka mengoleskan losion secara merata.

Cara Pakai

Sunscreen sebaiknya digunakan dengan cara digosok-gosok agar bahan aktif di dalamnya dapat menyerap ke dalam kulit dan menahan paparan sinar UV secara optimal. Sedangkan sunblock cukup digunakan dengan cara dioleskan pada kulit untuk menghalangi paparan sinar matahari tanpa perlu digosok.

Setelah dioleskan, sunblock akan langsung bekerja menahan sinar matahari. Sementara sunscreen membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk menyerap ke dalam kulit sebelum melindungi kulit kamu dari sinar matahari.

Hasil Akhir

Perbedaan sunscreen dan sunblock terakhir adalah pada hasil akhir pemakaian. Sunscreen biasanya tidak meninggalkan bekas setelah dioleskan dan warnanya transparan mengikuti warna asli kulit. Sementara penggunaan sunblock cenderung meninggalkan whitecast atau bekas putih pada kulit.

Itulah empat perbedaan sunscreen dan sunblock. Keduanya sama-sama baik karena memiliki manfaat untuk melindungi kulit dari paparan sinar UV. Kamu hanya perlu memastikan bahwa pelindung matahari yang kamu pilih sesuai dengan kondisi kulitmu.

Selain itu, kamu juga dapat dengan mudah menemukan sunscreen dan produk kecantikan lainnya di RAENA. langsung daftarkan dirimu menjadi dropshipper atau reseller produk kecantikan untuk menikmati harga grosir dan mendapatkan untung jual hingga Rp100.000 per produk. Gratis, tanpa biaya admin, dan tanpa minimum pembelian. Yuk, download sekarang!

Sumber: 

  • https://hellosehat.com/penyakit-kulit/perawatan-kulit/bedanya-sunscreen-dan-sunblock/ 
  • https://www.alodokter.com/4-perbedaan-sunscreen-dan-sunblock-yang-perlu-diketahui 

February 20, 2023

App Download Banner

Yuk, belanja di RAENA dan kembangkan
bisnis bersama!

Kami yakin ini akan membantu
bisnismu berkembang pesat.

Leave A Comment